PERANAN PENDEKATAN DIALOG INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MK ETIKA KRISTEN TERHADAP HASIL UTS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA (FMIPA)

Authors

  • Ester Sitorus Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.903

Keywords:

Dialog Interaktif, Pembelajaran, Etika Kristen, Hasil Belajar, UTS

Abstract

Penelitian ini mengkaji dampak pendekatan dialog interaktif dalam pembelajaran mata kuliah Etika Kristen terhadap hasil Ujian Tengah Semester (UTS) mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika pada semester genap Tahun Akademik 2023/2024. Pendekatan dialog interaktif, yang mendorong partisipasi aktif mahasiswa melalui diskusi dan interaksi langsung, terbukti lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Studi ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang terlibat dalam pembelajaran interaktif memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep etika Kristen dan nilai UTS yang lebih baik. Teknologi berperan penting dalam mendukung metode ini dengan menyediakan platform e-learning dan alat bantu interaktif. Penelitian ini menekankan perlunya penyesuaian kurikulum dan peningkatan pelatihan dosen untuk mengadopsi pendekatan ini secara efektif, serta menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil akademik mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ester Sitorus, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

References

Aduloju, E. T., & Ojo, A. B. (2019). Rethinking Youth Formation In The Social Media Era: A Challenge For The Nigerian Church. The Biopsychosocio-Spiritual Communication, 195.

Bakhurst, D. (2021). Human Nature, Reason And Morality. Journal Of Philosophy Of Education, 55(6), 1029–1044. Https://Doi.Org/10.1111/1467-9752.12600

Bawamenewi, Y., Marbun, L., Fernando, A., & Triposa, R. (2022). Peran Pendidikan Teologi Dan Kepemimpinan Kristen Dalam Pembentukan Karakter Guru Sekolah Minggu. Sikip: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 20–31.

Block, E. S. (2021). Moral Intuition, Social Sin, And Moral Vision: Attending To The Unconscious Dimensions Of Morality And Igniting The Moral Imagination. Religions, 12(5), 292. Https://Doi.Org/10.3390/Rel12050292

Chan, C., & Ananthram, S. (2019). Religion-Based Decision Making In Indian Multinationals: A Multi-Faith Study Of Ethical Virtues And Mindsets. Journal Of Business Ethics, 156(3), 651–677. Https://Doi.Org/10.1007/S10551-017-3558-7

Crespo, R. A., & C. Gregory, C. (2020). The Doctrine Of Mercy: Moral Authority, Soft Power, And The Foreign Policy Of Pope Francis. International Politics, 57(1), 115–130. Https://Doi.Org/10.1057/S41311-019-00187-7

Ferianti, Y. (2021). Pentingnya Etika Kristen Dalam Pendidikan Agama Kristen Terhadap Anak Sekolah Minggu Sebagai Dasar Pembentukan Karakter. Inculco Journal Of Christian Education, 1(2), 81–94. Https://Doi.Org/10.59404/Ijce.V1i2.19

Goleń, J., & Kobak, J. (2022). Assessing Kenyan Catholics’ Understanding Of Human Sexuality On The Basis Of Individuals Associated With Shalom Center In Mitunguu: A Theological-Pastoral Perspective. Verbum Vitae, 40(1), 235–249. Https://Doi.Org/10.31743/Vv.13405

Haesevoets, T., De Cremer, D., De Schutter, L., Van Dijke, M., Young, H. R., Lee, H. W., Johnson, R., & Chiang, J. T.-J. (2022). The Impact Of Leader Depletion On Leader Performance: The Mediating Role Of Leaders’ Trust Beliefs And Employees’ Citizenship Behaviors. Scientific Reports, 12(1), 20676. Https://Doi.Org/10.1038/S41598-022-24882-3

Johnson, R. E., Lin, S.-H., & Lee, H. W. (2018). Self-Control As The Fuel For Effective Self-Regulation At Work: Antecedents, Consequences, And Boundary Conditions Of Employee Self-Control. In Advances In Motivation Science (Vol 5, Bll 87–128). Elsevier. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1016/Bs.Adms.2018.01.004

Ladjar, M. A. B. (2021). Optimalisasi Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Penjasorkes Melalui Strategi Pembelajaran Daring. Akademisi Dan Jurus Jitu Pembelajaran Daring, 49.

Lewin, D. (2020). Between Horror And Boredom: Fairy Tales And Moral Education. Ethics And Education, 15(2), 213–231. Https://Doi.Org/10.1080/17449642.2020.1731107

Mccabe, M. K. (2018). A Feminist Catholic Response To The Social Sin Of Rape Culture. Journal Of Religious Ethics, 46(4), 635–657.

Nonterah, N. K. (2020). Formation In Adult Faith For African Lay Faithful: A Theological Foundation For Collaborative Ministry And Service. Faith In Action, Volume 3: Reimagining The Mission Of The Church In Education, Politics, And Servant Leadership In Africa, 238.

Pinich, I. (2018). Religious Ideologemes In Transition: A Residue Of Theological Virtues In The Emotionalist Ethics Of Victorian Novels. Http://Rep.Knlu.Edu.Ua/Xmlui/Handle/787878787/1343

Sagala, J. A. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Siswa Untuk Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(2), 1159–1175. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.62504/Zfv73m87

Silaban, A. R. P., & Naibaho, D. (2023). Komunikasi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Memacu Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(4), 12388–12401.

Simanjuntak, J. (2021). Ilmu Belajar Dan Didaktika Pendidikan Kristen. Pbmr Andi.

Simatupang, H., Simatupang, R., Th, S., Napitupulu, T. M., & Pak, S. (2020). Pengantar Pendidikan Agama Kristen. Penerbit Andi.

Siswoyo, H. (2018). Sekolah Minggu Sebagai Sarana Dalam Membentuk Iman Dan Karakter Anak. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 7(1), 121–134.

Siswoyo, H. (2020). Sekolah Minggu Sebagai Sarana Dalam Membentuk Iman Dan Karakter Anak. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 7(1), 121–134. Https://Doi.Org/10.46495/Sdjt.V7i1.47

Smith, M. M. (2020). Together In The Atrium: An Intergenerational Adventure Of Religious Education. Fordham University.

Upenieks, L. (2021). Resilience In The Aftermath Of Childhood Abuse? Changes In Religiosity And Adulthood Psychological Distress. Journal Of Religion And Health, 1–25. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1007/S10943-020-01155-9

Utomo, H. B., Yulianto, D., Nugroho, I. H., Ridwan, R., & Syaharani, D. (2022). Dukungan Otonomi, Komitmen, Dan Kepuasan Kebutuhan Dalam Menentukan Motivasi Kerja Guru Paud.

Ward, K. (2021). Wealth, Virtue, And Moral Luck: Christian Ethics In An Age Of Inequality. Georgetown University Press.

Widiyanto, M. A., & Nostry, N. (2021). Strategi Pelayanan Guru Sekolah Minggu Bagi Pertumbuhan Rohani Anak. Edulead: Journal Of Christian Education And Leadership, 2(2), 276–286.

Zega, Y. K., Siahaan, R., Lase, M. B., & Harefa, D. (2022). Peran Guru Sekolah Minggu Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di Era Teknologi. Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 47–62.

Published

2024-12-23

How to Cite

Sitorus, E. (2024). PERANAN PENDEKATAN DIALOG INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MK ETIKA KRISTEN TERHADAP HASIL UTS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA (FMIPA). Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 495–506. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.903

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.