ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS XII IPA2 SMAN 1 PULAU PUNJUNG
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.112Kata Kunci:
Implementasi, Pendidikan Karakter, Keteladanan, PembiasaanAbstrak
Latar Belakang penelitian ini yaitu minimnya pendidikan karakter pada generasi muda, dengan ditandai banyaknya terjadi krisis moral pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter pada siswa kelas XII IPA2 SMAN 1 Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya. Metode penelitian ini menggunakan kualitaif deskriptif. Subjek peneltian ini berjumlah 23 orang siswa kelas XII IPA2 SMAN 1 Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yakni terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Tindakan yang dilakukan oleh guru dalam upaya penerapan pendidikan karakter adalah dengan menggunakan metode keteladanan dan juga pembiasaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon angket siswa kelas XII IPA2 SMAN 1 Pulau Punjung untuk kategori “sangat tinggi” adalah 14 siswa dengan persentase 61%, untuk kategori “tinggi” adalah 9 siswa dengan persentase 39%, untuk kategori rendah dan sangat rendah adalah dengan persentase 0%.
Unduhan
Referensi
Andi Prastowo. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian.
Arikunto. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Gustiana Mega Anggita, D. (2019). Analisis Pengetahuan dan Partisipasi Siswa Sekolah Dasar Terhadap Permainan Tradisional. JUARA : Jurnal Olahraga, 5(1), 0–6.
Iskandar. (2008). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. In M. Yamin (Ed.), Metode Penelitian. Jakarta.
Jalil, A. (2012). Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Nadwa, 6(2), 175–190. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.2.586
Maunah, B., & Tulungagung, I. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa the Implementation of Character Education in the Formation of Students’ Holistic Personality. Pendidikan Karakter, (1), 90–101. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615
Murti, M. S. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005 – 2025. In UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 17 TAHUN 2007 (Vol. 46, pp. 171–174). https://doi.org/10.2320/materia.46.171
Parker, A., & Watson, N. J. (2014). Sport and religion: Culture, history and ideology. Movement and Sports Sciences - Science et Motricite, 2014-Janua(86), 71–79. https://doi.org/10.1051/sm/2013063
Ricky, Z. (2020). Pengaruh Latihan Box Drill Terhadap Kemampuan Smash Bola Voli. Halaman Olahraga Nusantara (HON), 3(II), 112–123.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukron, M., Ricky, Z., Indonesia, U. D., Indonesia, U. D., Didik, P., & Silat, P. (2020). PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK. 1(1), 1–9.
Suparno, P. (2015). Pendidikan Karakter Untuk Pendidikan (5th ed.). Yogyakarta: Oxforrd.
Syamsul Kurniawan. (2013). Pendidikan karakter: Konsepsi dan Implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar Ruzz MediaAr Ruzz Media.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten