MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Ani Suryani SDN Negeri 266/VI Bukit Beringin

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.328

Kata Kunci:

Keterampilan Membaca, Media Gambar, Bahasa Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca pemahaman siswa masih di bawah KKM, Tujuan dari penelitian ini yakni mendeskripsikan peningkatan keterampilan Membaca pemahaman siswa dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian Tindakan kelas. Subjek penelitian pada siswa kelas V SDN 266/VI Bukit Beringin yang berjumlah 29 orang. Rancangan penelitian ini meliputi tahapan perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Adapun instrumen pengumpulan dilakukan yakni a) lembar pengamatan kegiatan peserta didik, b) wawancara dalam pelaksanaan pelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa, yakni pada siklus I memperoleh nilai 65 hal ini di bawah KKM 70. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan nilai yang diperoleh siswa yakni 74 dengan KKM 70.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems (the Original Research of Mathematics).

Arsyad Azhar. (2008). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Depiyanti, O. M. (2014). model pendidikan karakter di islamic full day school (Studi Deskriptif pada SD Cendekia Leadership School, Bandung). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 1(2), 132. https://doi.org/10.17509/t.v1i2.3769

Husaini, I. Z. (2020). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMPN11 Pujut. Orphanet Journal of Rare Diseases.

Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634

Mirnawati. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Didaktika.

Ningsih, W., Salahuddin, A., & Sari, F. I. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SDN 13 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. 1(2), 193–201.

Prayoga, R. A., & Palupi, D. (2020). Strategi Akomodasi Komunikasi dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa. https://doi.org/10.26499/rnh.v9i2.2525

Putra, D., Musthafa, B., & Wirza, Y. (2019). Program Membaca Ekstensif: Meningkatkan Motivasi Membaca Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan. https://doi.org/10.17509/jpp.v19i3.22326

Ricky, Z. (2020). Peningkatan Hasil Pembelajaran Bola Basket Melalui Pendekatan Bermain Siswa Sman 1 Pulau Punjung Dharmasraya. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(2), 86–92. https://doi.org/10.33258/jder.v1i2.1045

Saragih, A., & Widayat, I. W. (2020). Metode Fonik Dan Proximal Self Motivation untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca. Psikostudia : Jurnal Psikologi. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v9i1.3589

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alfabeta, CV.

Sukron, M., & Ricky, Z. (2020). Peningkatan Karakter Peserta Didik (Religius, Jujur, Dan (Disiplin) Melalui Pencak Silat. DE_JOURNAL, 1(1), 1–9. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/31

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-04

Cara Mengutip

Suryani, A. . (2021). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 201–207. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.328

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.