ANALISIS PEMBELAJARAN IPS DARING PADA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Erliska Pranandari STKIP Rokania

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.611

Kata Kunci:

Pembelajaran IPS Daring, Penelitian Kualitatif, Media Sosial Whatsapp.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  hasil pembelajaran pembelajaran IPS daring pada pandemi Covid-19. Subjek penelitian ini adalah guru dan para siswa di SDN 008 Rambah Samo  pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunaan metode penelitian kualitatif dengan pendeatan studi kasus yang meliputi tahapan observasi, wawancara, dan analisis data.  Dari hasil penelitian proses pembelajaran IPS daring dilaksanakan dengan menggunakan media social yaitu whatsapp. Whatsapp dinilai lebih sederhana dan praktis digunakan untuk proses pembelajaran.  Namun pembelajaran IPS daring juga memiliki dampak negative dan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran yang langsung dirasakan oleh guru, peserta didik dan wali murid. Dampak negative bagi guru juga sangat besar yaitu keterbatasan ruang dan waktu dalam penyampaian materi, berkurangnya intensitas interaksi timbal balik antara guru dan siswa sebagaimana mestinya saat bertatap muka langsung. Oleh karena itu sebagai guru harus memiliki inovasi yang menarik dalam menggunakan metode penyampaian materi untuk proses pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azizah, A. A. M. (2021). ANALISIS PEMBELAJARAN IPS DI SD/MI DALAM KURIKULUM 201. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education). https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.266

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen Pembelajaran. JURNAL PENDIDIKAN PROFESI GURU INDONESIA (JPPGI). https://doi.org/10.30598/jppgivol1issue1page28-42

Hartati, Y. (2018). EVALUASI INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS. JURNAL SOSIAL HUMANIORA. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i1.482

Herlina, F., Marsidin, S., & Sabandi, A. (2020). Kebijakan Standar Pengelolaan di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.127

Marita Sari, D. (2019). PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.51468/jpi.v1i2.13

Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2020). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI DI MADRASAH IBTIDAIYAH. SITTAH: Journal of Primary Education. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di. Geography Science Education Journal (GEOSEE).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1007/s11116-011-9347-8

Sujana, I. W. C. (2019). FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-26

Cara Mengutip

Pranandari, E. . (2022). ANALISIS PEMBELAJARAN IPS DARING PADA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 39–44. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.611

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.