PENGARUH NILAI PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DASAR 1 DAN MATEMATIKA DASAR 2 DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATEMATIKA PADA MAHASISWA PGMI UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1054Kata Kunci:
Matematika Dasar, Soal HOTSAbstrak
Mengetahui pengaruh nilai mahasiswa PGMI pada mata kuliah matematika dasar 1 dan matematika dasar 2 dalam menyelesaikan soal HOTS adalah tujuan dari penelitian ini. Adapun jenis penelitian yang diterapkan adalah metode kuantitatif dengan mengambil sampel dari mahasiswa PGMI UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu sebanyak 30 orang mahasiswa. Terdapat 2 variabel independent pada penelitian ini, yaitu nilai matemtika dasar 1 dan nilai matematika dasar 2 serta 1 variabel dependen yaitu nilai penyelesaian soal HOTS. Instrumen penelitian adalah angket nilai mata kuliah dan tes soal HOTS berupa soal pilihan ganda sebanyak 10 butir. Dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa nilai mata kuliah matematika dasar 1 dan matematika dasar 2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil penyelesaian soal HOTS dengan nilai sig 0,000<0,05 serta koefisien korelasinya sebesar 0,946 yang termasuk dalam kategori tinggi. Sehingga didapatkan hasil bahwa jika nilai matematika dasar 1 dan nilai matematika dasar 2 tinggi, maka nilai penyelesain soal HOTS juga tinggi dan begitupun sebaliknya.
Unduhan
Referensi
Alghifari, S. S., Juandi, D., & Usdiyana, D. (2022). Systematic Literature Review: Pengaruh Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi. Cendekia, 2025-2026.
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Ilmiah Matematika Realistik , 8-9.
Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Daswarman. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Cendekia, 1335-1336.
Edison. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa PGMI pada Mata Kuliah Matematika SD/MI Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe di IAI Muhammadiyah Bima. Basicedu, 60.
Hadi, F. R. (2021). Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe High Order Thinking Skills (HOTS). AKSIOMA, 872-877.
Hasanah, A. M. (2022). Pengaruh Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Sub Tema 3 di Kelas IV Sekolah Dasar. Repository.
Hayani, I. (2019). Metode Pembelajaran Abad 21. Tangerang: Rumah Belajar Matematika Indonesia.
Indrawan, I. (2020). Guru Profesional. Jawa Tengah: Lakeisha.
Raehanah, & Apriani, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Dasar. Pijar.MIPA, 117.
Rahmawati, N. D. (2020). Pengembangan dan Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Melalui Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart.
Simatupang, H. (2019). Strategi Belajar Mengajar Abad Ke-21. Surabaya: CV Cipta Media Edukasi.
Siregar, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa PGMI pada Materi Volume Bangun Ruang. Derivat, 117.
Syahputra, E. (2018). Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. SINASTEKMAPAN, 1276-1277.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten