Identifikasi Miskonsepsi Fisika Siswa Menggunakan Two Tier Diagnostic Test
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1092Kata Kunci:
Miskonsepsi, Fisika, Two Tier Diagnostic TestAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa kelas X pada konsep Suhu dan Kalor menggunakan tes diagnostic two-tier multiple choice di SMA Swasta Bersama Berastagi. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 68 orang. Data tes diagnostic dikumpulkan menggunakan two-tier multiple choice untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa kedalam paham konsep, miskonsepsi, menebak dan tidak paham konsep. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari tes diagnostik two-tier multiple choice terhadap siswa kelas X MIA1 dan X MIA3 SMA SMA Swasta Bersama Berastagi bahwa miskonsepsi teridentifikasi disetiap subkonsep pada konsep Suhu dan Kalor. Urutan sub materi yang teridentifikasi miskonsepsi dari yang memiliki persentase tertinggi hingga terendah adalah sebagai berikut : asas black (77,94%) dan miskonsepsi terendah terjadi pada sub materi kalor (4,41%).
Unduhan
Referensi
Agustin, R. D., Harijanto, A., & Prastowo, S. H. B. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Rangkaian Arus Bolak-Balik Menggunakan Four-Tier Test di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 141–146.
Ali, M. (2019). Analisis miskonsepsi siswa berdasarkan gender dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan tes diagnostik two-tier di kotabaru. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 59–66. https://doi.org/https://doi.org/10.33659/cip.v7i1.120
Astuti, I. A. D., Bhakti, Y. B., & Prasetya, R. (2021). Four Tier-Magnetic Diagnostic Test (4T-MDT): Instrumen Evaluasi Medan Magnet Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 5(2), 110–115. https://doi.org/10.30599/jipfri.v5i2.1205
Cahyani, H., Samsudin, A., Tarigan, D. E., Kaniawati, I., Suhendi, E., Suyana, I., & Danawan, A. (2019). Identifikasi miskonsepsi fluida statis pada siswa SMA menggunakan four-tier diagnostic test. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 1(1), 114–124.
Darmansyah, A., Miftakhuddin, M., & As, U. S. (2022). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Metode Outdoor Study untuk Siswa Kelas IV SD. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 10–27. https://doi.org/10.23960/pdg.v10i1.23811
Habellia, R. C., Maria, H. T., & Hidayatullah, M. M. S. (2021). Pengembangan two tier diagnostik test untuk mendeteksi miskonsepsi siswa sma pada materi gerak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(2), 195–201. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.3222
Handayani, N. D., Astutik, S., & Lesmono, A. D. (2018). Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan four-tier diagnostic test pada materi hukum termodinamika di SMA Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 189–195.
Inggit, S. M., Liliawati, W., & Suryana, I. (2021). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebabnya Menggunakan Instrumen Five-Tier Fluid Static Test (5TFST) pada Peserta Didik Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(1), 49–68. https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i1.11016
Irianti, E. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Cahaya Menggunakan Four Tier Diagnostic Test. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(2), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i2.33247
Jannah, R., & Rahmi, I. (2020). Pengembangan E-Diagnostic Four Tier Test Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Peserta Didik. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(2), 151–160. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/nsc.v6i2.1721
Julianda, R., & Halim, A. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa dengan Two Tier Diagnostic Test pada Materi Gerak Lurus di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Journal of Technology and Literacy in Education, 1(1), 14–20.
Maison, M., Lestari, N., & Widaningtyas, A. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 32–39. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.314
Maryam, E. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test Berbasis Google Form pada Pokok Bahasan Potensial Listrik. SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA, 2(2), 149–162. https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2.1083
Mukhlisa, N. (2021). Miskonsepsi Pada Peserta Didik. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(2), 66–76. https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.403
Nurulwati, N., & Rahmadani, A. (2020). PERBANDINGAN HASIL DIAGNOSTIK MISKONSEPSI MENGGUNAKAN THREETIER DAN FOURTIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI GERAK LURUS. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 101–110. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14436
Rizki, C., & Setyarsih, W. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dan Penyebabnya pada Materi Elastisitas Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test. Inovasi Pendidikan Fisika, 11(3), 32–43. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ipf.v11n3.p32-43
Rizky, M. F. (2021). Pengembangan Tes Pilihan Ganda Disertai Alasan (Two Tier) Pada Materi Gerak Parabola Dan Gerak Melingkar Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Pada Siswa SMA Al-Manar Medan TA 2020/2021. UNIMED.
Rohmah, Z., & Handhika, J. (2018). Two-Tier Test Diagnostik sebagai identifikasi miskonsepsi tahap awal materi kinematika gerak lurus siswa Kelas X MIA MAN 1 Kota Madiun. Quantum: Seminar Nasional Fisika, Dan Pendidikan Fisika, 552–556.
Rukmana, A. P., Mayasari, T., & Yusro, A. C. (2020). Pengembangan four-tier diagnostic test untuk mendeteksi miskonsepsi pada fisika SMA. SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika).
Saputri, L., Maison, M., & Kurniawan, W. (2021). Pengembangan Four-Tier Diagnostic Test Berbasis Website untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 15(1), 61. https://doi.org/10.32815/jitika.v15i1.563
Setianita, O. T., & Liliawati, W. (2019). Identifikasi miskonsepsi siswa SMA pada materi pemanasan global menggunakan four–tier diagnostic test dengan analisis confidence discrimination quotient (CDQ). Prosiding Seminar Nasional Fisika, 1(1), 186–192. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/nsc.v6i2.1721
Sheftyawan, W. B., Prihandono, T., & Lesmono, A. D. (2018). Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan four-tier diagnostic test pada materi optik geometri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 147–153.
Sjöblom, P., & Svens, M. (2019). Learning in the Finnish outdoor classroom: Pupils’ views. Journal of Adventure Education and Outdoor Learning, 19(4), 301–314. https://doi.org/10.1080/14729679.2018.1531042
Suryawirawati, I. G., Ramdhan, B., & Juhanda, A. (2018). Analisis Penurunan Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Pemanasan Global Dengan Tes Diagnostik (Two-Tier Test) Setelah Pembelajaran Predict-Observe-Explain (Poe). Journal Of Biology Education, 1(1), 93. https://doi.org/10.21043/jobe.v1i1.3361
Sutrisno, A. D. (2019). Survey Pemahaman Konsep dan Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Kinematika Gerak. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(1), 106. https://doi.org/10.17509/wapfi.v4i1.15796
Taufik, T., & Warsono, H. (2020). BIROKRASI BARU UNTUK NEW NORMAL: TINJAUAN MODEL PERUBAHAN BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI ERA COVID-19. Dialogue : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.14710/dialogue.v2i1.8182
Triastutik, M., Budiyono, A., & Diraya, I. (2021). IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI GERAK LURUS MENGGUNAKAN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 8(1), 61–72. https://doi.org/10.36706/jipf.v8i1.13533
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten