UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA MATERI MENGGAMBAR ILUSTRASI DI KELAS VIII SMPN 3 BATANGHARI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.111Kata Kunci:
Visual Media, Drawing Illustrations, Student MotivationAbstrak
Masalah dalam penelitian ini masih banyak siswa yang kesulitan dalam membuat gambar ilustrasi, kebanyakan siswa berpendapat bahwa menggambar ilustrasi adalah hal yang sulit, karena harus memikirkan suatu bentuk gambar yang dapat mempertegas hal yang dijelaskan dalam tulisan atau cerita, karena itu banyak siswa yang kurang tertarik, dan kurang aktif untuk mengikuti proses pembelajaran. Hal ini tentunya dapat menurunkan motivasi siswa untuk mempelajari teknik menggambar ilustrasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dengan menggunakan media visual pada materi menggambar ilustrasi di kelas VIII SMPN 3 Batanghari. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-Desember 2018. Penelitian terdiri dari 2 siklus, pada setiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan pengisian angket, wawancara dan observasi. Dari analisis data diketahui bahwa terjadi pengingkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media visual pada materi menggambar ilustrasi. Peningkatan skor aktifitas guru dan siswa dari siklus I ke siklus II yaitu dari 72,5% menjadi 81,25%. Aktifitas siswa juga mengalami peningkatan dari 71,43% menjadi 82,14 %.
Unduhan
Referensi
Kasmadi dan Sunariah, Nia Siti. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung.
Maufur, Fauzi Hasan. 2009. Sejuta Jurus Mengajar mengasyikkan. Sindur Press. Semarang.
Prawira, Nanang Ganda. 2017. Seni Rupa dan Kriya. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group. Jakarta.
Tim Penyusun. 2014. Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Wartono, Teguh. 1984. Pengantar Pendidikan Seni Rupa. Yogyakarta: Penerbit Yayasan Kanisius Yamin, Moh. 2015. Teori dan Metode Pembelajaran. Malang: Madani (Kelompok Intrans Publishing)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten