PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLBN 2 PADANG (STUDI ATAS SISWA TUNAGRAHITA)
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1164Kata Kunci:
PAI, Anak Berkebutuhan Khusus, Siswa TunagrahitaAbstrak
Anak tunagrahita merupakan salah satu klasifikasi dari anak berkebutuhan khusus yang mempunyai kekurangan di bagian kognitifnya karena anak tunagrahita hanya memiliki IQ lebih kurang 30-70. Kekurangan yang dimiliki oleh anak Tunagrahita membantu orang tua, guru, dan orang lain mendapatkan kesempatan dan perlakuan yang layak dari lingkungan mereka seperti orang biasa. Penelitian ini dilaksanakan di SLBN 2 Padang karena sekolah ini merupakan salah satu Sekolah Luar Biasa (SLB) yang memiliki jumlah siswa tunagrahita terbanyak di Padang. Permasalahan yang digali di dalam penelitian ini yaitu RPP yang digunakan guru PAI dalam pembelajaran, Cara mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) kepada anak tunagrahita, mengevaluasi pembelajaran PAI pada anak tunagrahita, serta faktor-faktor yang dapat menghambat atau mendukung proses pembelajaran PAI pada anak tunagrahita. di SLBN 2 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang ditujukan untuk mendeskripsikan, menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP yang digunakan oleh guru PAI dalam segi format sama dengan yang digunakan di sekolah normal namun KI,KD dan indikator sudah diturunkan sesuai dengan kemampuan anak tunagrahita, dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan dengan anak di sekolah normal walaupun belum terlaksana dengan maksimal, evaluasi yang dilakukan juga berbeda dengan anak normal namun sangat disayangkan guru PAI di SLBN 2 Padang tidak melakukan penilaian tengah semester (PTS)
Unduhan
Referensi
Angreni, S., & Sari, R. T. (2020). Identifikasi Dan Implementasi Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Sumatera Barat. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 145. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a4.2020
Angreni, S., & Sari, R. T. (2022). Analisis Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusi Kota Padang. Jurnal Cakrawala Pendas.
Chanifudin, C., & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 212–229. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.77
Ernauli Maharani Marbun, Lydia Nivea I.P Silaban, Ellida Lusiva Hasugian, & Helena Turnip M.Pd. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN ADAPTIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM ADMINISTRASI PENDIDIKAN. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, IAKN Tarutung.
Faihanah, L., & Muniroh, A. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 202–210. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v5i2.1126
Haryati, T. (2020). Upaya dan Keberhasilan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Moral Anak Tunagrahita Ringan Sekolah Menengah Atas (SMA) di SLB Negeri Budi Utama Cirebon. Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 83. https://doi.org/10.47453/permata.v1i2.135
Hidayat, A. L. (2021). Peran Komunikasi Keluarga dalam Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita di Yayasan Rumah Bersama. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.35326/medialog.v4i1.1010
Istiqomah. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 512–518. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.446
Lesmana, D. (2018). Kandungan Nilai Dalam Tujuan Pendidikan Nasional (Core Ethical Values). Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 17(1), 211–126. https://doi.org/10.15408/kordinat.v17i1.8103
Maftuhin, M., & Fuad, A. J. (2018). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 3(1). https://doi.org/10.33367/psi.v3i1.502
Manshur, M. (2019). Strategi Pembentukan Sikap Spiritual Siswa Berkebutuhan Khusus. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 143–144.
Muaz, M., & Ruswandi, U. (2022). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3194–3203. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.820
Mutiah, N. (2021). Manajemen Pendidikan Keterampilan Vokasional Anak Tunagrahita. Pendidikan Luar Biasa, 2(20), 191–198.
Na’imah, T., & Septiningsih, D. S. (2015). Pendidikan Karakter Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Relasi Gender PAda Keluarga Yang Memiliki Anak Tuna Grahita Ringan). Seminar Nasional Penelitian Dan PKM Kesehatan, 239–246. http://proceeding.unisba.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/1353/pdf
Nisa, K. (2020). Panorama Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus : Sekolah Luar Biasa ABCD Dharmawanita Herlang). Educandum, 6(1), 106–116. https://doi.org/10.31969/educandum.v6i1.339
Nugraheni, E. P., & Hairiyah. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran PAI Siswa Tunagrahita (Studi Kasus Siswa Tunagrahita Sedang Kelas VII di SLB N 2 Yogyakarta). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10(2), 140–150. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/1128
Nuraini, F., & Tanenji, T. (2022). Islamic Education Methods for Junior High School Students with Special Needs. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 7(1), 53–62. https://doi.org/10.15575/ath.v7i1.16671
Rahmadania, S., Sitika, A. J., & Darmayanti, A. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 221–226. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1978
S, S. R. N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Religiusitas Anak Tunagrahita Di Slb Ma’Arif Muntilan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 1–88.
Sa’diyah, R., & Rochmah, S. K. (2017). PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PADA ANAK TUNA GRAHITA USIA SD AWAL. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education). https://doi.org/10.32934/jmie.v1i1.24
Trianisa, N., Rifameutia, T., & Septiana, E. (2018). Metode Sintetik dengan Token Economy Guna Meningkatkan Kemampuan Speechreading Anak Tunagrahita Dengan Gangguan Pendengaran. Journal Psikogenesis, 4(1), 58. https://doi.org/10.24854/jps.v4i1.517
Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A “missing” family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 105. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
ZUHRO, I., & SAHLAN, M. O. H. (2022). EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. PESAT.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten