PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLBN 2 PADANG (STUDI ATAS SISWA TUNAGRAHITA)

Penulis

  • Kuntum Khaira Ummah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Yayah Nurmaliah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Siti Khadijah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1164

Kata Kunci:

PAI, Anak Berkebutuhan Khusus, Siswa Tunagrahita

Abstrak

Anak tunagrahita merupakan salah satu klasifikasi dari anak berkebutuhan khusus yang mempunyai kekurangan di bagian kognitifnya karena anak tunagrahita hanya memiliki IQ lebih kurang 30-70. Kekurangan yang dimiliki oleh anak Tunagrahita membantu orang tua, guru, dan orang lain mendapatkan kesempatan dan perlakuan yang layak dari lingkungan mereka seperti orang biasa. Penelitian ini dilaksanakan di SLBN 2 Padang karena sekolah ini merupakan salah satu Sekolah Luar Biasa (SLB) yang memiliki jumlah siswa tunagrahita terbanyak di Padang. Permasalahan yang digali di dalam penelitian ini yaitu RPP yang digunakan guru PAI dalam pembelajaran, Cara mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) kepada anak tunagrahita, mengevaluasi pembelajaran PAI pada anak tunagrahita, serta faktor-faktor yang dapat menghambat atau mendukung proses pembelajaran PAI pada anak tunagrahita. di SLBN 2 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang ditujukan untuk mendeskripsikan, menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP yang digunakan oleh guru PAI dalam segi format sama dengan yang digunakan di sekolah normal namun KI,KD dan indikator sudah diturunkan sesuai dengan kemampuan anak tunagrahita, dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan dengan anak di sekolah normal walaupun belum terlaksana dengan maksimal, evaluasi yang dilakukan juga berbeda dengan anak normal namun sangat disayangkan guru PAI di SLBN 2 Padang tidak melakukan penilaian tengah semester (PTS)

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Angreni, S., & Sari, R. T. (2020). Identifikasi Dan Implementasi Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Sumatera Barat. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 145. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a4.2020

Angreni, S., & Sari, R. T. (2022). Analisis Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusi Kota Padang. Jurnal Cakrawala Pendas.

Chanifudin, C., & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 212–229. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.77

Ernauli Maharani Marbun, Lydia Nivea I.P Silaban, Ellida Lusiva Hasugian, & Helena Turnip M.Pd. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN ADAPTIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM ADMINISTRASI PENDIDIKAN. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, IAKN Tarutung.

Faihanah, L., & Muniroh, A. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 202–210. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v5i2.1126

Haryati, T. (2020). Upaya dan Keberhasilan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Moral Anak Tunagrahita Ringan Sekolah Menengah Atas (SMA) di SLB Negeri Budi Utama Cirebon. Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 83. https://doi.org/10.47453/permata.v1i2.135

Hidayat, A. L. (2021). Peran Komunikasi Keluarga dalam Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita di Yayasan Rumah Bersama. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.35326/medialog.v4i1.1010

Istiqomah. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 512–518. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.446

Lesmana, D. (2018). Kandungan Nilai Dalam Tujuan Pendidikan Nasional (Core Ethical Values). Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 17(1), 211–126. https://doi.org/10.15408/kordinat.v17i1.8103

Maftuhin, M., & Fuad, A. J. (2018). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 3(1). https://doi.org/10.33367/psi.v3i1.502

Manshur, M. (2019). Strategi Pembentukan Sikap Spiritual Siswa Berkebutuhan Khusus. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 143–144.

Muaz, M., & Ruswandi, U. (2022). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3194–3203. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.820

Mutiah, N. (2021). Manajemen Pendidikan Keterampilan Vokasional Anak Tunagrahita. Pendidikan Luar Biasa, 2(20), 191–198.

Na’imah, T., & Septiningsih, D. S. (2015). Pendidikan Karakter Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Relasi Gender PAda Keluarga Yang Memiliki Anak Tuna Grahita Ringan). Seminar Nasional Penelitian Dan PKM Kesehatan, 239–246. http://proceeding.unisba.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/1353/pdf

Nisa, K. (2020). Panorama Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus : Sekolah Luar Biasa ABCD Dharmawanita Herlang). Educandum, 6(1), 106–116. https://doi.org/10.31969/educandum.v6i1.339

Nugraheni, E. P., & Hairiyah. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran PAI Siswa Tunagrahita (Studi Kasus Siswa Tunagrahita Sedang Kelas VII di SLB N 2 Yogyakarta). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10(2), 140–150. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/1128

Nuraini, F., & Tanenji, T. (2022). Islamic Education Methods for Junior High School Students with Special Needs. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 7(1), 53–62. https://doi.org/10.15575/ath.v7i1.16671

Rahmadania, S., Sitika, A. J., & Darmayanti, A. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 221–226. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1978

S, S. R. N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Religiusitas Anak Tunagrahita Di Slb Ma’Arif Muntilan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 1–88.

Sa’diyah, R., & Rochmah, S. K. (2017). PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PADA ANAK TUNA GRAHITA USIA SD AWAL. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education). https://doi.org/10.32934/jmie.v1i1.24

Trianisa, N., Rifameutia, T., & Septiana, E. (2018). Metode Sintetik dengan Token Economy Guna Meningkatkan Kemampuan Speechreading Anak Tunagrahita Dengan Gangguan Pendengaran. Journal Psikogenesis, 4(1), 58. https://doi.org/10.24854/jps.v4i1.517

Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A “missing” family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 105. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

ZUHRO, I., & SAHLAN, M. O. H. (2022). EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. PESAT.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-12

Cara Mengutip

Ummah, K. K., Nurmaliah, Y., & Khadijah, S. (2023). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLBN 2 PADANG (STUDI ATAS SISWA TUNAGRAHITA). Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 833–844. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1164

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.