EVALUASI PROGRAM PRAKTEK KERJA INDUSTRI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DAN KESIAPAN KARIR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1312Kata Kunci:
Evaluasi Program, Praktek Kerja Industri, CIPPAbstrak
Evaluasi program dalam lembaga pendidikan menjadi suatu keharusan yang tidak dapat diabaikan mengingat peran pentingnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai efektivitas program praktek kerja industri (prakerin). Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konteks pelaksanaan magang di SMK Tridaya Bekasi sudah tepat, dalam perencanaan, penyusunan dan sinkronisasi kompetensi perlu melibatkan unsur DU/DI, dan pengembangan kerjasama magang melalui MoU belum terealisasi dengan baik; (2) masukan pelaksanaan magang sudah sesuai, namun peserta tetap perlu dipersiapkan dari segi kompetensi, dimana kendala yang dihadapi mahasiswa lebih banyak pada penguasaan kompetensi dan kurangnya kesiapan kerja, oleh karena itu pemaksimalan waktu dan materi pelatihan sangat diperlukan; (3) proses pelaksanaan magang sudah tepat, namun peran dan tanggung jawab pengawas kurang maksimal sehingga menyebabkan komunikasi tentang pengembangan kompetensi mahasiswa kurang terpantau; (4) produk pelaksanaan magang sudah sesuai, hal ini ditunjukkan dengan perubahan yang terjadi pada diri mahasiswa baik dari segi sikap, tanggung jawab dan peningkatan kompetensi. Implikasi dari evaluasi ini adalah peningkatan kualitas pendidikan dan kesiapan karir siswa melalui pengalaman langsung dan penguatan keterampilan praktis di dunia industri.
Unduhan
Referensi
Ahkyat, F., Munadi, S. M., Nuchron, & Romantoro, D. (2019). The Effect of Industrial Work Practices on Students ’Readiness at the High School of Vocational Partners PT. Astra Daihatsu Motor. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering (IJITEE), 9(2), 1383–1387.
Asmarayani, E., Rusmono, & Rahmayanti, H. (2020). Evaluasi Program Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ( Pkl ) Program Keahlian Teknik Furnitur Pada SMK Negeri Di DKI. Jurnal Pendidikan Teknik Dan Vokasional, 3(2).
Asegaf, A. R. M. H. N., Rosyadi, M. D., & Ramadhani, B. (2022). Implementation of The Smart Methods (Simple Multi-Attribute Rating Technique) for Location Selection of Industrial Work Practice and Monitoring In Vocational School Students. Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM), 7(2). https://doi.org/10.20527/jtiulm.v7i2.140
Cukurova, M., Luckin, R., Millán, E., Mavrikis, M., & Spikol, D. (2017). Diagnosing collaboration in practice-based learning: Equality and intra-individual variability of physical interactivity. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 10474 LNCS. https://doi.org/10.1007/978-3-319-66610-5_3
Firdaus, H., & Anriani, N. (2022). Evaluasi Program Praktek Kerja Industri Pada Sekolah Menengah Kejuruan Menggunakan Model CIPP. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.1011
Fitriyanto, M. N., & Pardjono, P. (2019). Factors affecting the employability skills of vocational students majoring mechanical engineering. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v9i2.24420
Hughes, H. P. N., Mouratidou, M., & Donald, W. E. (2023). Exploring the impact of an industrial placement year on students’ competency development: a three-cohort, longitudinal study. Higher Education, Skills and Work-Based Learning, 13(6). https://doi.org/10.1108/HESWBL-02-2023-0044
Intan, T., Fatullah, R., & Gunawan, R. (2022). Perancangan Sistem Informasi Praktek Kerja Industri (Prakerin) Pada SMK Negeri 1 Kota Serang. Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 6(2). https://doi.org/10.47080/saintek.v6i2.2143
Khalib, A., Saiful Bahry, F. D., Ismail, S. A., & Jalil, A. (2022). Industrial Internship Student’s Expectations and Feedback towards Student Professional Skills Development. Environment-Behaviour Proceedings Journal, 7(SI10). https://doi.org/10.21834/ebpj.v7isi10.4113
Larosa, E., Gani, I. P., & Mbakwa, P. N. (2022). The Effect of Industrial Practice Experience on Student’s Work Readiness of Machinery Engineering Vocational School. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 5(2). https://doi.org/10.31764/ijeca.v5i2.10135
Lestari, S., & Mahbubah, H. (2019). Impact of Industrial Work Practices on Student Readiness. https://doi.org/10.2991/icebef-18.2019.124
Nesbitt, H., Barry, D., Lawson, K., & Diaz, J. (2022). Best practices for mentoring: An exploratory study of cooperating teacher and student teacher perspectives. Advancements in Agricultural Development, 3(4). https://doi.org/10.37433/aad.v3i4.261
Nur, M. (2022). Analisis Implementasi Praktek Kerja Industri (Prakerin) Pada Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Bontang Di Kota Bontang. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(7).
Oloruntoba, K., Oloye, R. A., & Adu, O. A. (2022). Effect of Practical Mentoring on Students’ Academic Development: A Case Study of Students’ Industrial Work Experience Scheme in Nigeria. International Journal of Geography and Regional Planning Research, 7(2). https://doi.org/10.37745/ijgrpr.15/vol7n23439
Prosser, C. A. Q. T. H. (1950). Vocational Education in a Democracy. Revised Edition. . Chicago: American Technical Society.
Rahmatullah, N. G. G. N. L. S. R. Yudhaningrum. L. E. A. T. (2021). Pedoman Paktik Kerja Lapangan Peserta Didik SMK/MAK Di Dalam Negeri. Jakarta: Direktorat Jenral Pendidikan Vokasi.
Rohaeni, E., Trisnamansyah, S., Wasliman, I., & Sauri, S. (2021). Implementation of Teaching Factory in Improving the Competence of Vocational High School Students (SMK). Journal of Social Science, 2(5). https://doi.org/10.46799/jss.v2i5.220
Rohman, S., Samsudi, & Sutopo, Y. (2020). Need Analysis Development Instruments Evaluation of Vocational Industrial Work Practices Based on Competence Fitness. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200620.123
Servin, C., Kosheleva, O., Shahbazova, S. N., & Kreinovich, V. (2023). How to Gauge Students’ Ability to Collaborate? In Studies in Fuzziness and Soft Computing (Vol. 423). https://doi.org/10.1007/978-3-031-23476-7_7
Sharma, M., Sumaiya, B., Awasthi, K. K., & Mehrotra, R. (2022). A Framework for Learning Combined Problem Solving Skills. World Journal of English Language, 12(3). https://doi.org/10.5430/wjel.v12n3p10
Sifa, N. S., Sudjani, S., & Rahayu, S. (2022). The Influence of Industrial Work Practices on Employability Skills of Vocational High School. Jurnal Penelitian Pendidikan, 22(3). https://doi.org/10.17509/jpp.v22i3.51029
Stufflebeam, D. L., & Coryn, C. L. (2014). Research Methods for the Social Sciences - Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-Bass.
Takei, H., Anthony, P., Fountain, E., & Williams, L. (2022). Empirical Development of the Best Practices of Coaching and Mentoring for High Performance of Competency-based Education. International Research in Education, 10(1). https://doi.org/10.5296/ire.v10i1.19393
Urinov, U., & Adizova, S. (2021). Pedagogical conditions for the development of students in industrial practice. E3S Web of Conferences, 284. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202128409017
Wulansari, S. (2021). Management of industrial work practices in improving student competence and satisfaction of the industrial as a partner vocational school. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(2). https://doi.org/10.29210/021088jpgi0005
Yuningsih, S. (2020). Evaluasi Program Praktek Kerja Industri (Prakerin) di SMK Negeri 3 Gorontalo. Gorontalo Management Research, 3(1). https://doi.org/10.32662/gomares.v3i1.1008
Zi, F., Hakiki, M., Putra, Y. I., & Ridoh, A. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Program Praktek Kerja Industri Siswa Kelas XI di SMK Negeri 3 Payakumbuh Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(1). https://doi.org/10.52060/pti.v1i1.300
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten