IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PEMBENTUK PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1405Kata Kunci:
P5, Pendidikan Karakter, Kurikulum MerdekaAbstrak
Dalam penelitian ini, metode kualitatif digunakan untuk melihat bagaimana Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dilaksanakan di SDN 33 Sawahan untuk menciptakan pendidikan karakter kurikulum merdeka. Setelah dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, data dianalisis melalui penyiapan, verifikasi, dan reduksi. Studi menunjukkan bahwa penerapan P5 mencakup desain, pengelolaan, asesmen, evaluasi, dan tindak lanjut. Dengan modul literasi data, digital, dan humanisme, tema P5 adalah Bangun jiwa raganya dan gaya hidup berkelanjutan. Pembentukan tim, pengenalan kesiapan sekolah, penentuan dimensi karakter, penentuan tema, dan alokasi waktu adalah semua bagian dari pengelolaan P5. Evaluasi formatif dan sumatif digunakan untuk mengevaluasi perkembangan karakter siswa. Sementara itu, evaluasi mencakup menemukan kekuatan dan mengawasi keterampilan. Selanjutnya, P5 berfokus pada penguatan karakter melalui program Mari Beraksi. Program ini berfungsi sebagai alat dan kebiasaan positif untuk meningkatkan karakter peserta didik sesuai profil pelajar Pancasila. Studi ini memberikan analisis menyeluruh tentang penggunaan P5 sebagai strategi pendidikan karakter di SDN 33 Sawahan. Ini memberikan contoh dan inspirasi bagi sekolah-sekolah lain yang ingin menerapkan P5 untuk meningkatkan pendidikan karakter siswa mereka.
Unduhan
Referensi
Ananda, S. T., & Matnuh, H. (2023). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Banjarmasin sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Program PPG Prajabatan: Analysis of P5 Activities at SMA Negeri 4 Banjarmasin as the Application of Differentiated Learning in the Indep. PROSPEK, 2(2), 171–180.
Arzfi, B. P., Ananda, R., Putri, V. M., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2022). Implementasi Supervisi Oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5946–5952. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3174
Aunillah, M. T., Handayani, M. B., & Makhrus, M. L. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Ponorogo. Rausyan Fikri Journal of Islamic Studies, 1(1), 35–47.
Creswell, J. W. (2019). Research design: Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif dan campuran.
Dwiyani, N. A., Suprijono, A., & Wisnu, W. (2023). Studi Eksplorasi Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Sepuluh Nopember Sidoarjo. Jurnal Artefak, 10(2), 159. https://doi.org/10.25157/ja.v10i2.10725
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek profil pelajar pancasila sebagai penguatan pendidikan karakter pada peserta didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559.
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). Analisis kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam mewujudkan pelajar pancasila di sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84.
Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151.
Lestari, E. E., Darmansyah, & Desyandri. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sdn 12 Padanglua Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Jurnal Ika: Ikatan Alumni Pgsd Unars, 12(5), 8248–8258.
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis penerapan profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706.
M Robi & T Khabibah. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri dalam P5 Gaya Hidup Berkelanjutan di Kelas X SMA Negeri 1 Parung. OGOS Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 30–34.
Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai implementasi kurikulum merdeka: Faktor penghambat dan upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187.
Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85. https://doi.org/10.31764/am.v2i2.13098
Maula, A., & Rifqi, A. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di SDN Sidotopo I/48 Surabaya. Journal Edu Learning, 1(3), 73–84.
Nisa, Z. (2022). Implementasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Berorientasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(1), 75–94.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Proyek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.
Salmiyanti, S., & Desyandri, D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pandangan Filsafat Idealisme. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(2), 1371–1375.
Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121–128.
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Suzetasari, M. V., Hidayati, D., & Zakiyah, R. H. (2023). Manajemen Pendidikan Program P5 Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2968–2976. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6106
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132.
Wuwur, E. S. P. O., & Suciptaningsih, O. A. (2023). Implementasi Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 75–82.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten