THE EFFECTIVENESS OF USING VOCABULARY SELF-COLLECTION STRATEGY (VSS) ON STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT THE EIGHTH GRADE OF SMPN 23 KABUPATEN TEBO

Penulis

  • Saputra Saputra Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat, Indonesia
  • Martiya Nurni Khairita Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat, Indonesia
  • Annisa Ayunita Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1411

Kata Kunci:

Strategi Pengumpulan Kosakata Sendiri, Penguasaan Kosakata, Pembelajaran Bahasa Inggris Abstract

Abstrak

Penguasaan kosakata sangat penting ketika belajar bahasa Inggris. Penguasaan kosakata menentukan empat keterampilan berbahasa karena tidak mungkin menggunakan keterampilan berbahasa secara penuh ketika siswa memiliki keterbatasan kosakata dalam pikirannya. Siswa merasa bingung dengan arti sebuah kata, kesulitan dalam mengingat beberapa kosakata dan juga peserta didik kurang berminat belajar mata Pelajaran Bahasa Inggris. Hal ini terjadi karena siswa kurang menguasai kosakata bahasa Inggris dengan baik. Sehingga penguasaan kosakata siswa masih tergolong rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan VSS dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat keefektifan dalam penggunaan VSS terhadap penguasaan kosakata siswa. Data penelitian ini dikumpulkan pada tahun 2024 di semester kedua. Adapun sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII berjumlah 26 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental, one group pre-test post-test. Hasil dari post-test yaitu dengan rata-rata 78,65. Hasil ini dihitung menggunakan aplikasi SPSS yang mana uji yang dianalisis yaitu uji normalitas dan Wilcoxon. Berdasarkan uji Wilcoxon diperoleh hasil yaitu 0,000 yang mana nilai tersebut lebih kecil dari nilai 0,05. Dengan demikian, hasil dari penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa VSS efektif untuk penguasaan kosakata siswa di kelas VIII SMPN 23 Kabupaten Tebo.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alnoer, A. P., Pahlevi, M. R., Fitriyana, W., Singaperbangsa, U., & Abstract, K. (2023). Exploring Vocabulary Self-collection Strategy (VSS) Learning of EFL Junior High School Students in Vocabulary Classes. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Desember, 2023(24), 38–45. https://doi.org/10.5281/zenodo.10404125

Arisman, R. (2021). Vocabulary Self-Collection Strategy: Is It Effective to Improve Vocabulary Mastery Achievement on Senior High School Students? J-SHMIC : Journal of English for Academic, 8(2), 168–178. https://doi.org/10.25299/jshmic.2021.vol8(2).7446

Hamonangan, R. H. (2020). Peningkatan Daya Ingat Menggunakan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 201–208. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.150

Ismail, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek “Project Based Learning” Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 35 Halmahera Selatan Pada Konsep Gerak Lurus”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 256–269. https://doi.org/10.5281/zenodo.6466594

Juwita, I., & Sunaryo. (2013). Using vocabulary self-collection stratey (VSS) to increase mastery the junior high school students’ vocabulary. Jelt, 2(1), 1–9.

Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2020). Kepraktisan Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 317–323. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p317-323

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media.

Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), November, 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439

Olivia, I. C., Yuliani, S., & Adawiyah, D. (2022). The Influence of Vocabulary Self-Collection Strategy on the Vocabulary Mastery. Journal of English Language and Education, 7(2), 68–76. https://doi.org/10.31004/jele.v7i2.320

Rahman, M. F., Rinaldi, R., & Santoso, I. (2019). The use of vocabulary self-collection strategy to improve students’ vocabulary mastery. Professional Journal of English Education, 2, 93–99.

Rosyadah, A. (2018). The Effect of Using Vocabulary Self-Collection Strategy (VSS) to Students’ Vocabulary Mastery at MTs. Al-Hidayah Mangli in the 2017/2018 Academic Year.

Saputra, R. (2020). Improving Students’ Reading Comprehension By Using Multi Pass Strategy on Narrative Text At The Tenth Grade Of SMK Start Up Dara Jingga. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 1–14.

Serliah Nur, Muthiah, D. E. Ri. (2020). Journal of Linguistics and English Teaching Studies. Journal of Linguistics and English Teaching Studies, 2013, 25–43.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Sutopo (ed.); Kedua). ALFABETA.

Wahyuni, R. (2020). Vocabulary Games To Increase the Students’ Vocabulary Mastery At Different Level of Learning Interest. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 39–46. https://repository.ummetro.ac.id/snppm2/halaman/6

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

Saputra, S., Khairita, M. N. ., & Ayunita, A. (2025). THE EFFECTIVENESS OF USING VOCABULARY SELF-COLLECTION STRATEGY (VSS) ON STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT THE EIGHTH GRADE OF SMPN 23 KABUPATEN TEBO. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 873–880. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1411

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.