PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK BERAGAMA BUDDHA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1522Kata Kunci:
Self Efficacy, Motivasi Belajar, Peserta Didik Beragama BuddhaAbstrak
Studi ini membahas tentang dampak self efficacy terhadap motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruh self efficacy terhadap motivasi belajar peserta didik beragama Buddha di SMPS Pelopor Mandau Tahun 2023/2024. Desain penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah kuantitatif deskriptif, adapun untuk mengumpulkan data menggunakan metode kuesioner terstruktur. Data diambil dari peserta didik beragama Buddha yang terdiri dari 89 responden. Nilai korelasi variabel self efficacy dengan motivasi belajar memiliki nilai sebesar 0,702. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel yang diuji tergolong dalam kategori kuat. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa self-efficacy memberikan kontribusi yang signifikan terhadap motivasi belajar, dengan persentase pengaruh mencapai 49,3%.
Unduhan
Referensi
Cahyono, D. D., Hamda, M. K., & Prahastiwi, E. D. (2022). Pimikiran Abraham Maslow Tentang Motivasi Dalam Belajar. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 37–48. https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i1.767
Dewi, K. (2024). Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis Memahami Self-Efficacy melalui Perspektif Saddha dalam Understanding Self-Efficacy through the Saddha Perspective in Buddhism. 11(1), 20–27.
Hasanah, N., Faslah, R., & Sholikhah, S. (2023). Pengaruh Kreativitas Guru dan Self Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 12 Jakarta Pada Masa Pandemi Covid-19. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i1.213
Hasanah, U., Alizamar, A., Marjohan, M., & Engkizar, E. (2019). The Effect of Self Efficacy and Parent Support on Learning Motivation in Management Business Students in Padang’s Private Vocational School. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 6(2), 133–140. https://doi.org/10.24042/kons.v6i2.5074
Lianto, L. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55. https://doi.org/10.29406/jmm.v15i2.1409
Maghfirah, I., Wiradendi Wolor, C., & Tuty Sariwulan, R. (2023). Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa. Berajah Journal, 3(1), 59–74. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.197
Portento, K. M. B., Borboran, A. M. T., & Paredes, E. A. (2022). Self-Efficacy as a Mediator between Motivation and Engagement and Academic Performance. Journal of Mathematics and Statistics Studies, 3(2), 37–41. https://doi.org/10.32996/jmss.2022.3.2.4
Stajkovic, A., & Sergent, K. (2019). Social Cognitive Theory A Model of Triadic Influences. Management- Oxford Bibliographies, 11(26), 1–14. https://doi.org/10.1093/obo/9780199846740-0169
Sucitno, F., Sumarna, N., & Silondae, D. P. (2020). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa. Jurnal Sublimapsi, 1(3), 197–202. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v1i3.14307
Usman, O., & Yulianingtias, R. (2022). The Effect of Reading Interest, Learning Discipline, and Learning Motivation on Student Learning Outcomes. International Journal of Education and Teaching, 2(1), 13–28. https://doi.org/10.51483/ijedt.2.1.2022.13-28
Widodo, U., & Winarti, A. (2008). Faktor-Faktor Motivasi Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial Dan Agama, 48–64.
Zega, Y. (2020). Hubungan Self Efficacy Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Didaktik, 14(1), 2410–2416.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten