PROSES PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SPLTV DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1577Kata Kunci:
Pemecahan Masalah Matematika, Tipe Kepribadian.Abstrak
Posisi penting pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika mengharuskan guru untuk menyediakan kesempatan bagi peserta didik untuk memecahkan masalah. Proses penyelesaian masalah berdasarkan langkah John Dewey tentunya tidak semua peserta didik dapat menyelesaikannya dengan tepat. Hal ini dikarenakan perbedaan tingkah laku/kepribadian tiap individu dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemecahan masalah matematika peserta didik berdasarkan tipe kepribadian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian diambil dari kelas X TKJ 1 SMKN Gudo. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pemecahan masalah dan wawancara. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi waktu. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan proses penyelesaian masalah matematika dengan langkah John Dewey antara lain: mengenali masalah, mendefinisikan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan dan mengelompokkan data sebagai bahan pembuktian hipotesis, serta memilih hipotesis terbaik dengan tipe kepribadian menurut David Keirsey yaitu guardian, artisan, rational, dan idealist. Pada tahap mengenali masalah tipe kepribadian yang menceritakan kembali masalah yang diberikan adalah rational meskipun subjek tersebut membaca kembali masalah yang diberikan. Tahap mendefinisikan masalah tipe kepribadian yang memenuhi indikator adalah guardian, rational dan idealist yaitu menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan. Tahap merumuskan hipotesis tidak ada tipe kepribadian yang memenuhi indikator, semua subjek tidak membuat rencana namun membuat langkah-langkah penyelesaian masalah. Tahap mengumpulkan dan mengelompokkan data sebagai bahan pembuktian hipotesis semua tipe kepribadian melakukan hal yang sama yaitu menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana yang dibuat. Pada tahap memilih hipotesis yang terbaik dengan indikator menceritakan kembali langkah dari jawabannya yang memenuhi indikator adalah tipe kepribadian idealist, selain menceritakan kembali jawabannya subjek ini juga menuliskan cara lain dan pembuktian untuk mengetahui apakah jawabannya benar atau salah
Unduhan
Referensi
Ardani, Anwar, and Charlina Nurkhafidhoh. 2021. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Gender.” Jurnal Theorems 6(1):41–50.
Ayu, Rindi Antika. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Arcs (Attention Relevance Confidence Satisfaction) Berbantu Media Animasi Powtoon Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Keirsey.”
Azzahra, Rini Husna, and Heni Pujiastuti. 2020. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel.” Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 4(1):153–62.
Benyamin, Benyamin, Abd Qohar, and I. Made Sulandra. 2021. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 5(2):909–22.
Deswita, Deswita, Hasnawati Hasnawati, and Yumiati Yumiati. 2024. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Matematis Murid Sekolah Dasar.” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 5(1):1–14. doi: 10.56667/dejournal.v5i1.1207.
Hakim, Arif Rahman, Supratman Supratman, and Sri Tirto Madawistama. 2022. “Proses Berpikir Representasi Matematis Siswa Berdasarkan Tipe Kepribadian Guardian Dan Rasional.” Prisma 11(1):193–202.
Hamidah, Khusnul, and Suherman Suherman. 2016. “Proses Berpikir Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Di Tinjau Dari Tipe Kepribadian Keirsey.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7(2):231–48.
Herlina, 2023. “Proses Berpikir Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Langkah Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ).”
Hine, Gregory. 2021. “Assessing Mathematics Learning.” Teaching Secondary Mathematics 192.
Kasriana, Kasriana, and Rasid Ode. 2019. “Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Idealis Dan Rasional Mahasiswa Universitas Darussalam Ambon.” Pepatudzu: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan 15(2):109–17.
Kuswanti, Yayuk, T. Nusantara, R. Artikel, and Y. Kuswanti Pendidikan Matematika. 2018. “Deskripsi Kesalahan Siswa Pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV).” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 3(7):865–72.
Lombasari, Baiq Nopiana, Sri Subarinah, Syahrul Azmi, and Nani Kurniati. 2022. “Analisis Kesulitan Dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita Matematika Dan Bentuk Scaffolding Yang Diberikan Pada Peserta Didik Kelas X SMA Al Maarif NU Sinah Pengembur Tahun Ajaran 2021/2022.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(3c):2007–17.
Nuryanti, Feny Eka. 2023. “Analisis Kesalahan Siswa Pada Proses Berpikir Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Di Tinjau Dari Tipe Kepribadian Keirsey.” SUBSET-Jurnal Pendidikan Matematika Dan Terapan 2(02):36–43.
Sara, Hilda, Elin Marlina, Dhea Dwi Agustin, and Jaka Haerul. 2020. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dengan Fong’S Schematic Model for Error Analysis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel.” Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT) 6(1):23–36.
Selpia, Reni, Rivana Puri Sagita, and Apriana Cahyani. 2023. “Pengaruh Nilai Pada Mata Kuliah Matematika Dasar 1 Dan Matematika Dasar 2 Dalam Menyelesaikan Soal Hots Matematika Pada Mahasiswa Pgmi Uin Fatmawati Sukarno Bengkulu.” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 4(2):638–44. doi: 10.56667/dejournal.v4i2.1054.
Tripariyanto, Afiff Yudha, Lolyka Dewi, Ana Komari, Wardi Wardi, and Fatkur Rohman. 2022. “Technical Guidance For Pre-Ukk Activities (Expertise Competency Test) For Autotronic Vocational Students As One Indicator Of Increasing Student Competence.” Abdimas Galuh 4(1):498–506.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten