PENGARUH LITERASI ALKITAB MENURUT LAWRENCE RICHARDS TERHADAP SPRITUALITAS SISWA DALAM MATA PELAJARAN AGAMA KRISTEN DI KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.248Kata Kunci:
Pengaruh Literasi, Spritualitas Siswa, Pelajaran Agama KristenAbstrak
Tujuan dari hasil penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmana siswa memiliki keterkaitan antara Pengaruh Literasi Alkitab Menurut Lawrence Richards Terhadap Spritualitas Siswa Dalam Mata Pelajaran Agama Kristen Di Kelas XI IPS SMA YAPIM Air Bersih Medan. Dengan dimana jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 orang. Sehingga penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dan sedangkan untuk melihat analisis data yang dilakukan penelitian hipotesis adalah korelasi product moment person dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk variabel X (Pengaruh Penggunaan Literasi Alkitab dan variabel Y (Spritualitas Siswa). Untuk mengetahui sejauhmana Pengaruh Literasi Alkitab Menurut Lawrence Richards Terhadap Spiritualitas Siswa Dalam Mata Pelajaran Agama Krsiten Di Kelas XI IPS SMA Yapim Air Medan, maka digunakan Uji Statistik Korelasi. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) dengan uji determinasi sebesar 62,41% dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata (α) = 0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika t_hitung yang didapat dari perhitungan lebih besar (>) dari t_tabel pada taraf signifikan 1-0.05 dengan dk= n – 2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Maka dari hasil pengujian diperoleh t_hitung > t_tabel > 1,76, dapat dilihat nilai ataupun hasil hipotesis yang diterima oleh siswa dalam belajar agama Kristen. Sehingga dengan hal lain dapat ditemukan bahwa adanya keterkaitan antara Pengaruh Literasi Alkitab Menurut Lawrence Richards Terhadap Spiritualitas Siswa Dalam Mata Pelajaran Agama Krsiten Di Kelas XI IPS SMA Yapim Air Medan.
Unduhan
Referensi
Agata, B., Barus, M., & Arifianto, Y. A. (2022). Pendidikan Kristiani Membangun Nilai Spiritualitas Remaja Kristen. Sikip: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 115–128. Https://Doi.Org/10.52220/Sikip.V3i2.150
Boiliu, F. M., & Polii, M. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital Terhadap Pembentukan Spiritualitas Dan Moralitas Anak. Immanuel: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 76–91. Https://Doi.Org/10.46305/Im.V1i2.18
Duha, M., Zebua, H., & Gea, S. (2023). Reformasi Pendidikan Dalam Tuntutan Globalisasi Terhadap Perkembangan Spiritualitas Siswa. Jurnal Excelsior Pendidikan, 4(2). Https://Doi.Org/10.51730/Jep.V4i2.46
Hariyanto, H., Simanungkalit, P. A., & Saputro, M. (2024). Pengaruh Kurikulum Pak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sma Kasih Bagi Bangsa Jakarta Barat. Eulogia: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 4(2), 243–262. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.62738/Ej.V4i2.84
Hulu, L., Lase, D., & Ndraha, A. (2021). Upaya Orang Tua Menumbuhkan Minat Baca Anak Pada Alkitab. Sundermann: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 14(1), 18–28. Https://Doi.Org/10.36588/Sundermann.V14i1.50
Iskandar. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial (Kuantitatif Dan Kualitatif).
Kristanto, D. W., & Pujiono, A. (2023). Literasi Agama Melalui Media Sosial Dan Dampaknya Pada Anak Muda Kristen. Jurnal Salvation, 4(1), 72–82. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.56175/Salvation.V4i1.28
Laia, Y., Sitorus, J., Sitepu, E., & Heryanto, H. (2024). Hubungan Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Terhadap Pembentukan Spiritualitas Siswa Di Smp Negeri 1 Pulau-Pulau Batu Nias Selatan Ta 2022/2023. Jurnal Pendidikan Religius, 6(1), 14–22. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.46930/Jurnalreligi.V6i1.4118
Langga, M., & Panjaitan, Y. K. (2023). Pengaruh Metode Active Learning Dalam Pengajaran Alkitab Terhadap Pemahaman Anak Kelas Pratama Di Gmit Jemaat Efata Rote Ndao. Skenoo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 156–169. Https://Doi.Org/10.55649/Skenoo.V3i2.55
Manurung, J. L., Siallagan, T., Malik, M., Rabetuka, A., & Hutahaean, H. (2022). Literasi Kitab Suci Yang Sederhana Dan Praktis Di Sma Negeri 1 Sipora, Kabupaten Mentawai. Jurnal Nauli, 2(1), 44–52. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1234/Jurnal%20nauli.V2i1.1025
Najoan, D. (2020). Memahami Hubungan Religiusitas Dan Spiritualitas Di Era Milenial. Educatio Christi. 2020, 1(1), 64–74.
Pandie, R. D. Y. (2022). Literasi Digital Berbasis Pendidikan Kristiani Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Era Disrupsi Teknologi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5995–6002.
Purba, J., Putrawan, B. K., Setiawan, R., Zusanna, D. P., & Tan, J. A. (2024). Menumbuhkan Sikap Gemar Membaca Alkitab Pada Siswa Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama Bopkri 3 Yogyakarta. 4(1), 33–48. Https://Doi.Org/10.46362/Servire.V4i1.203
Rajagukguk, M., Harefa, S., Butar-Butar, G., Samosir, T. A., & Ariawan, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Sitio-Tio Kabupaten Samosir Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 1(4), 164–179.
Rangga, O., Bilo, D. T., & Yuliana, D. (2024). Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen: Memperbaharui Pikiran Untuk Meningkatkan Spiritualitas Di Roma 12: 2. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 5(2), 127–140.
Setyobekti, A. B., Wariki, V., & Anu, K. J. M. (2024). Potret Solusi Alkitab Bagi Generasi Z Penderita Sindrom Fear Of Missing Out. Eleos: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 96–113.
Sidabutar, H., & Horasman Perdemunta Munthe. (2022). Artificial Intelligence Dan Implikasinya Terhadap Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jmpk : Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 2(2), 76–90. Https://Doi.Org/10.51667/Jmpk.V2i2.1078
Sihotang, A., Nainggolan, D. S., Ginting, K. S. U. B., & Sinaga, N. B. D. (2024). Peran Membaca Alkitab Dalam Membentuk Karakter Remaja 15-18 Tahun. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(4), 5361–5375.
Silaban, B., Rimbun, R., & Ginting, G. (2024). Penerapan Membaca Praktis Untuk Menumbuhkan Minat Membaca Alkitab Siswa Di Saibi Samukop. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5025–5031.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (A. Nuryanto (Red)). Alfabeta,Cv.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (Red)). Alfabeta,Cv.
Taludek, J., Ruindungan, L. M., & Frans, E. (2025). Literasi Alkitab Kunci Pertumbuhan Iman Jemaat: Studi Kasus Di Gereja Anugerah Bentara Kristus Gosyen Nggolobuton. Kognisio, 1(1), 34–45.
Tefa, D. A. (2022). Studi Meta-Analisis Hubungan Membaca Alkitab Dengan Hasil Belajar Siswa. Aletheia Christian Educators Journal, 3(1), 35–44. Https://Doi.Org/10.9744/Aletheia.3.1.35-44
Toban, M., Serdianus, S., Tembang, S., Randalele, C. E., Paembonan, Y., Budi, B., Rando, A. A., Kadang, L., Meilepen, D., & Paelongan, E. (2024). Literasi Alkitab Siklus Tahun Gereja Masa Adven Sampai Natal Di Gereja Toraja Jemaat Ma’dong Dan Buttu Lepong, Denpina, Toraja Utara. Bida: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 9–20.
Triutami, N., Saleky, N. L., Juliana, M. N., & Dacosta, U. (2025). Pandangan John Calvin Mengenai Spiritualitas Anak Dalam Konteks Pendidikan Kristen. Journal Of Spirituality And Practical Theology, 1(2), 54–65. Https://Doi.Org/10.69668/Josaprat.V1i2.45
Wulandari, W. R. (2022). Kunci Pertumbuhan Gereja Di Indonesia Yang Berbasis Data Dari Perspektif Evangelikal Dan Tinjauan Kritis Atasnya. Jurnal Sosial Teknologi, 2(3), 295–305. Https://Doi.Org/10.36418/Jurnalsostech.V2i3.313
Yotham, Y. (2015). Iman Dan Akal Ditinjau Dari Perspektif Alkitab. Jurnal Simpson: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 40–41.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten