PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA 2 KELAS V

Penulis

  • Elmi Ferisya Andriany Universitas Dharmas Indonesia
  • Riyadi Saputra Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.365

Kata Kunci:

Model Direct Instruction, Keterampilan Menulis, Siswa Sekolah Dasar.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat siswa terhadap pelajaran Bahasa Indonesia. Rendahnya minat siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berpengaruh terhadap keterampilan siswa dalam menulis dan ketidakmampuan siswa dalam menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan. Faktanya dapat kita lihat dari hasil perolehan Penilaian Tengah Semester (PTS) masih kurang memuaskan. Dalam penelitian ini peneliti melakukan suatu penelitian menggunakan model Direct Instruction. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Direct Instruction terhadap keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 2 kelas V SD N 14 Koto Baru. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design, desain penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan di SD N 14 koto baru. Waktu dilaksanakannya penelitian ini ialah pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021, Sampel pada penelitian ini adalah kelas V berjumlah 35 siswa. Berdasarkan dari hasil uji wilcoxon signed rank test diperoleh signifikansi 0,000<0,05. Sehingga dapat peneliti simpulkan bahwa terdapat pengaruh model Direct Instruction terhadap keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 2 kelas V SD N 14 Koto Baru. Berdasarkan penelitian, bahwa model Direct Instruction memberikan pengaruh yang baik terhadap keterampilan siswa dalam menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Annisa, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Keterampilan Menulis Surat Pribadi Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Tebbakang Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makasar.

Arista, N. L. P. Y., & Putra, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write ( TTW ) Berbasis Literasi terhadap Keterampilan Menulis dalam Bahasa Indonesia. Journal of Elementary Education, 3(3), 284–292.

Jayanti, I. D. (2014). Model Pembelajaran Langsung Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Tunarungu Di SLB ABC Putra Harapan. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–7.

Maulana, M. I., Handayani, T., & Rahayu, W. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Metode Sas Pada Siswa Kelas II-B Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 7(April), 46–51.

Mirsa. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Menulis Pengumuman Melalui Metode Latihan Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Gio Kecamatan Moutong. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(2), 60–73.

Sintia, R., Fakhriyah, F., Masfuah, S., & Artikel, S. (2018). Penerapan Model Direct Instruction Berbantuan Permainan Papa Saya Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(1), 103.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Syam, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Menulis Surat Pribadi Pada Siswa Kelas IV SD N 39 Cakke Kabupaten Enrekang. Universitas Muhammadiyah Makkasar.

Yoehana, H., Supriyanto, & Rusilowati. (2013). Keefektifan Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Model Kuantum dan Model Instruksi Langsung Berdasarkan Minat Belajar Sastra Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Of Primary Education, 2(1), 161–165.

Yuliana, N., Rustono, & Hodidjah. (2017). Penggunaan Metode Latihan Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 271–284.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-22

Cara Mengutip

Andriany, E. F. ., & Saputra, R. (2022). PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA 2 KELAS V . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 25–31. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.365

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.