Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Critical Thinking Skill Pada Sub Tema "Manfaat Energi" Kelas IV Sekolah Dasar

Penulis

  • Muhammad Ferdian Syaifullah Jasadi Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nurhidayati Nurhidayati Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.546

Kata Kunci:

Critical Thinking Skill, Media Pembelajaran, Powtoon

Abstrak

Proses interaksi antara guru dan siswa dinamakan pembelajaran. Sekolah dasar di Indonesia merupakan jenjang pendidikan paling dasar. Sistem pendidikan di Indonesia diatur oleh kurikulum. Saat ini kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum 2013. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, kurikulum 2013 mengkombinasikan beberapa mata pelajaran menjadi satu termasuk pembelajaran IPA. Dalam penerapannya pembelajaran IPA membutuhkan media pembelajaran. Media pembelajaran dibagi menjadi dua jenis yaitu konvensional dan modern. Salah satu media pembelajaran modern yaitu media pembelajaran Powtoon. Untuk memaksimalkan penggunaan Powtoon maka  dikombinasikan dengan aspek critical thinking skill. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengembangan media Powtoon, (2) mengetahui kelayakan media Powtoon, dan  (3) mengetahui kepraktisan media Powtoon. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development.  Model pengembangan penelitian ini yaitu model  ADDIE meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian ini: (1) dihasilkan produk berupa media Powtoon berbasis critical thinking skill, (2) hasil kelayakan media Powtoon berbasis critical thinking skill mendapatkan rata-rata 3,6 sehingga dikategorikan sangat layak. (3) kepraktisan media Powtoon berbasis critical thinking skill dilihat dari respons peserta didik pada tahap uji coba luas mendapatkan persentase 92% sehingga dikategorikan sangat praktis. Dan hasil evaluasi uji coba luas mendapatkan persentase 91,6% sehingga dikategorikan sangat praktis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Astuti, P. P., Marbun, J., & Lestari, M. A. (2020). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA MATERI UNSUR PEMBANGUN PUISI KELAS X TITL SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. 297–306.

Deliviana, E. (2017). Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat dan Problematikanya. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689–1699.

Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. P. P. (2020). Pengembangan E-Modul Ipa Bermuatan Tes Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095

Dwijayani, N. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran ICARE. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 126–132. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10014

Juni, V. N., Mi, S. D., Kab, D. I., Pada, M., Pandemi, M., Safitri, R. A., Mukharomah, H., & Yuanawati, F. R. (2021). PENGARUH PENERAPAN K-13 TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas PGRI Madiun. 2(1), 1–10.

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 516–525.

Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran ipa di indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10490

Otang Kurniaman, E. N. (2017). Otang Kurniaman , Eddy Noviana Program Studi pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau PENDAHULUAN Kurikulum berfungsi sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah bagi pihak-pihak yang terkait , baik secara langsung maupun t. Jurnal Promary Program Stui Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6, 389–396. https://media.neliti.com/media/publications/258351

Purwanti, K. Y., & Suryani, E. (2018). Pengaruh Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbantuan Powtoon Terhadap Motivasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis. Janacitta, 1(1). https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i1.17

Setiawan, A. R. (2019). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1), 51–69. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298

Studi, P., Pendidikan, T., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V Yani Wulandari *, Yayat Ruhiat , Lukman Nulhakim. 8, 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835

Syaifullah, M. F. (2021). KAITAN ANTARA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN CRITICAL THINGKING SKILL.

Zulham, M. (2020). Keefektifan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Social Skill dan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Materi Gerak dan Gaya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(2), 209–214. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i2.6138

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

Jasadi, M. F. S., Nurhidayati, N., & Anjarini, T. . (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Critical Thinking Skill Pada Sub Tema "Manfaat Energi" Kelas IV Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 371–379. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.546

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.