STRES BELAJAR SISWA DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI

Penulis

  • Anis Mufarikah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.662

Kata Kunci:

Stress Belajar, Pembelajaran Daring, Masa Pandemi

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi sistem belajar online membuat motivasi belajar menurun, serta pemahaman yang kurang terhadap materi serta waktu pengerjaan tugas yang singkat sehingga menimbulkan stres belajar. Metode penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs. Nurul Ulum Welahan yang berjumlah 80 siswa yang terdiri dari 5 kelas, satu kelas digunakan untuk try out, sampelnya terdiri dari satu kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian. Jumlah keseluruhan sampel adalah 80 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas adalah korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha. Hasil analisis kuisioner dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas IX yang bersekolah dengan media daring di MTs. Nurul Ulum Welahan dalam kategori 7 siswa dengan kategori sangat rendah dengan persentase 12%, 4 siswa pada kategori rendah dengan persentase 7%, 14 siswa pada kategori tinggi dengan persentase 58%, dan 11 siswa pada kategori sangat tinggi dengan persentase 23%. Saran yang dapat peneliti sampaikan pada penelitian selanjutnya yang membahas tentang stres pada siswa yang bersekolah dengan media daring. Penelitian selanjutnya juga diharapkan dapat membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat stres pada siswa yang bersekolah dengan media daring.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Giovani Dio Prasasti. (2020). UNESCO: Penutupan Sekolah Akibat COVID-19 Berdampak pada 290 Juta Pelajar di Dunia. Liputan6.Com.

Hadi, S. (2020). Pengurangan Risiko Pandemi Covid-19 Secara Partisipatif: Suatu Tinjauan Ketahanan Nasional terhadap Bencana. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.109

Hidayati, L. N., Pinilih, S. S., Amin, M. K., S1, M., Keperawatan, I., Magelang, F.-U. M., Fakultas, D., Kesehatan -Universitas, I., & Magelang, M. (2021). Gambaran Tingkat Stres Ibu Mendampingi Anak Study From Home (SFH) Di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (SEMNASKEP).

IDAI. (2020). Panduan Klinis Tata Laksana COVID-19 Pada Anak. Indonesian Pediatric Society.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Musolin, M., & Nisa’, K. (2021). Pendidikan Masa Pandemik Covid 19: Implementasi Konsep Tri Pusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1316

Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124

Novianty, I. N. (2021). KEBIJAKAN LEMBAGA PENGAWASAN TERHADAP PERBANKAN SYARIAH (Doctoral dissertation, UIN FAS BENGKULU).Nurjamily, W. O. (2015). Kesantunan berbahasa indonesia dalam lingkungan keluarga (kajian sosiopragmatik). Jurnal Humanika, 3(15).

Nurlaila, M. (2016). Pengaruh Bahasa Daerah (Ciacia) Terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia 2 Sampai 6 Tahun Di Desa Holimombo Jaya. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(2).

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Rahman, A. (2016). Pengaruh bahasa daerah terhadap hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas 1 sd Inpres Maki Kecamatan Lamba Leda Kabupaten Manggarai Timur. Alaudin: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 71-79.

Rika Sriwahyu Ningsih. (2021). Efek pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dan kepuasan belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan.

Rohmadani, A. I. (2020). Dampak Covid 19 Terhadap Cara Berpikir Dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus di Yogyakarta. Edification Journal. https://doi.org/10.37092/ej.v3i1.224

Saifudin, M. F., & Amurdawati, G. (2019, August). KAJIAN ETNOLINGUISTIK: EKSISTENSI BAHASA DAERAH DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PAGELARAN PENDIDIKAN DASAR NASIONAL (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 339-345).

Santoso, A., Gafar, A., & Tara, F. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 TANJUNG JABUNG TIMUR. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 147-158.Devianty, R. (2017). Peran bahasa Indonesia dan bahasa Daerah dalam pendidikan karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 79-101.Dwiajisapto. (2010). (online) pada http://dwiajasapto.com/pengaruh-bahasa-daerah-dan bahasa-asing.html/ (diakses pada tanggal 29 April 2012).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sumaryanti, L. (2017). Peran lingkungan terhadap perkembangan bahasa anak. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 7(01), 72-89.

Suherman, D. (2020). Peran Aktor Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Mengatasi Penyebaran COVID-19 Di Indonesia. Ministrate: Jurnal Birokrasi Dan Pemerintahan Daerah. https://doi.org/10.15575/jbpd.v2i2.9383

Tsalisah, N. H., & Syamsudin, A. (2022). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Proses Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1958

Wahab, L. A. (2014). Perilaku Berbahasa Santri Pondok Modern Gontor Pudahoa. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 9(1), 1-42.

Wibhisono, I. G. L. A. K. (2020). Framing Analysis of the Kompas’ COVID-19 Coverage: January 2020 Edition. Jurnal ASPIKOM. https://doi.org/10.24329/aspikom.v5i2.717

Widianto, E. (2018). Pemertahanan Bahasa Daerah melalui Pembelajaran dan Kegiatan di Sekolah. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 1-13.

Widiyarto, S. (2017). Pengaruh Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan Pemahaman Struktur Kalimat terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(1).

Wieka, A. C., Kartika, A. A., Masdalena, M., & Handoko, E. (2022). HUBUNGAN PERUBAHAN POLA BELAJAR TERHADAP STRES DAN PRESTASI AKADEMIK PADA MASA PANDEMI COVID-19. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako). https://doi.org/10.22487/htj.v8i1.486

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-28

Cara Mengutip

Mufarikah, A. (2022). STRES BELAJAR SISWA DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(2), 167–171. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.662

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.