DESIGN MID TEST II OF MATH MATERIALS BASED ON HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TAKSONOMI BLOOM REVISION ON CLASS V
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.68Kata Kunci:
HOTS, Thinking Ability, Taxonomy bloomAbstrak
Salah satu komponen pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik dan dapat mengukur keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran yakni menggunakan penilaian dalam bentuk soal tes. Dalam penyususunan dan pengembangan soal tes tentunya harus mengacu pada kurikulum 2013 yang berlaku pada saat ini dengan menggunakan soal tes berbasis HOTS.
Akan tetapi, kenyataan yang terjadi dilapangan, soal tes yang dibuat tidak semuanya mengacu pada HOTS. Kurang tersedianya soal-soal berbasis HOTS dan tidak semua indikator dapat dikembangkan menjadi soal berbasis HOTS, hal ini menyebabkan sulitnya guru dalam menentukan dan mengembangkan soal tes berbasis HOTS, sehingga peserta didik kurang dilatih dalam mengasah kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Soal berbasis HOTS taksonomi Bloom revisi untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) peserta didik di sekolah dasar sesuai dengan kurikulum 2013 khususnya dalam mata pelajaran matematika, dapat membantu peserta didik dalam memecahkan masalah, memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi, dan terlatih untuk mengerjkan soal-soal berbasis HOTS.
Unduhan
Referensi
Arikunto. (2006). Metodologi Penelitian. Populasi Dan Sampel Penelitian, 130–131.
Brookhart, S. M. (2010). How to Asess Higher Order Thingking Skill in Your Classroom. In Journal of Education (Vol. 88, Issue 18). https://doi.org/10.1177/002205741808801819
Budiman, A., & Jailani. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) ... ( Agus Budiman, Jailani ) - 139. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1 (2), 139–151.
Daher, W., & Baya, N. (2015). Integrating HOTS Activities with GeoGebra in Pre-Service Teachers ’ Preparation. International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business and Industrial Engineering, 9(7), 2376–2379. https://www.researchgate.net/publication 283122030
Driana, E., & Ernawati, E. (2019). Teachers’ Understanding And Practices In Assessing Higher Order Thinking Skills At Primary Schools. Acitya Journal of Teaching & Education, 1(2), 110–118. https://doi.org/10.30650/ajte.v1i2.233
Ermawati, S., & Taufiq, H. (2017). Penilaian Autentik dan Relevansinya dengan Kualitas Hasil Pembelajaran (Persepsi Dosen dan Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 92–103.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational research: An introduction (7th ed.). In Boston, MA: A & B Publications.
Helda Apganendaria Ongge. (2019). Konsep HOTS dalam pembelajaran. Konsep HOTS Dalam Pembelajaran, 04.
Intan, F. M., Kuntarto, E., & Alirmansyah, A. (2020). Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i1.1666
Qomariyah. (2014). Kesiapan Guru dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1), 21–35. https://media.neliti.com/media/publications/37076-ID-kesiapan-guru-dalam-menghadapi-implementasi-kurikulum-2013.pdf
Rapih, S., & Sutaryadi, S. (2018). Perpektif guru sekolah dasar terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS): pemahaman, penerapan dan hambatan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 78. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2560
Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ Knowledge About Higher-Order Thinking Skills And Its Learning Strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215–230.
Retnawati, H., Jailani, Sugiman, Bukhori, Apino, E., Djidu, H., & Arifin, Z. (2018). Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatih Higher Order Thinking Skills. In UNY Press (Vol. 112, Issue September 2019). https://doi.org/10.1192/bjp.112.483.211-a
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1007/s11116-011-9347-8
Yuliandini, N., Hamdu, G., & Respati, R. (2019). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pengembangan Soal Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Taksonomi Bloom Revisi di Sekolah Dasar. In All rights reserved (Vol. 6, Issue 1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten