ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.948Kata Kunci:
Barisan Cauchy, Barisan Kontraktif, GeoGebra, Augmented Reality, Analisis RealAbstrak
Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis dan pemecahan masalah peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Kisaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana sebanyak 30 siswa Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes sebanyak 3 butir soal unutuk kemampuan literasi matematis dan 4 soal pemecahan masalah yan berbentuk uraian pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan literasi numerasi berdasarkan indikator. Untuk hasil tes kemampuan literasi matematis memiliki nilai rata-rata 86 dengan kategori sangat baik. Pada indikator menggunakan berbagai macam angka dan simbol dalam matemika dengan persentase 80% dengan kategori baik, untuk indikator menggunakan matematika dalam konteks kehidupan sehari-hari dengan persentase 50% dengan kategori cukup, untuk indikator mengkomunikasikan, menyimpulkan, menjelaskan, dan menafsirkan kesimpulan dengan tepat dengan persentase 50% dengan kategori cukup.Untuk hasil tes pemecahan masalah memiliki nilai rata-rata 92 dengan kategori sangat tinggi. Pada indikator memahami masalah dengan persentase 83% kategori sangat tinggi, untuk indikator merencanakan pemecahan masalah dengan persentase 67% kategori tinggi, unutk indikator melaksanakan perencanaan masalah dengan persentase kategori sangat tinggi, untuk indikator memeriksa kembali dengan persentase 93% kategori sangat tinggi.
Unduhan
Referensi
Andriyani, A., & Buliali, J. L. (2021). Development learning media of circle using android-based augmented reality for the deaf students. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 170–185. https://doi.org/10.33654/math.v7i2.1353
Arici, F., Yildirim, P., Caliklar, Ş., & Yilmaz, R. M. (2019). Research trends in the use of augmented reality in science education: Content and bibliometric mapping analysis. Computers & Education, 142, 103647. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103647
Bursali, H., & Yilmaz, R. M. (2019). Effect of augmented reality applications on secondary school students’ reading comprehension and learning permanency. Computers in Human Behavior, 95, 126–135. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.01.035
Chang, S.-C., & Hwang, G.-J. (2018). Impacts of an augmented reality-based flipped learning guiding approach on students’ scientific project performance and perceptions. Computers & Education, 125, 226–239. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.06.007
Chusna, A., Setiadi, A. D., Amalia, E., & Fajaroh, F. (2021). STUDI LITERATUR PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN KIMIA: KEUNGGULAN, MANFAAT DAN APLIKASINYA. Lomba Karya Tulis Ilmiah, 2(1), 71–84. https://doi.org/https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/view/149
Crispin, A. R. (2024). Virtual/Augmented Reality: Konsep, Implementasi dan Pengujian. PUBLISH BUKU UNPRI PRESS ISBN, 1(2). https://doi.org/10.51622/pengabdian.v2i1.192
Efendi, M. Y., Lutfi, I., Utami, I. W. P., & Jati, S. S. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Augmented Reality Card (ARC) berbasis pada Pokok Materi Peninggalan Kerajaan Singhasari untuk Peserta Didik Kelas X KPR 1 SMK Negeri 11 Malang. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 176–187.
Guntur, M. I. S., Setyaningrum, W., Retnawati, H., & Marsigit. (2020). Can augmented reality improve problem-solving and spatial skill? Journal of Physics: Conference Series, 1581(1), 012063. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1581/1/012063
Hendriyani, Y., Effendi, H., Novaliendry, D., & Effendi, H. (2019). AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 12(2), 63–68. https://doi.org/10.24036/tip.v12i2.244
Hidayat, T. (2015). Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Model Media Edukasi Kesehatan Gigi Bagi Anak. Creative Information Technology Journal, 2(1), 77. https://doi.org/10.24076/citec.2014v2i1.39
Hsu, H.-P., Wenting, Z., & Hughes, J. E. (2019). Developing Elementary Students’ Digital Literacy Through Augmented Reality Creation: Insights From a Longitudinal Analysis of Questionnaires, Interviews, and Projects. Journal of Educational Computing Research, 57(6), 1400–1435. https://doi.org/10.1177/0735633118794515
Kartini, K., Sudirman, S., & Lestari, W. D. (2020). PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBANTUAN APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY PADA SISWA EKSTROVERT DAN INTROVERT. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 139. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i2.2709
Lai, A., Chen, C., & Lee, G. (2019). An augmented reality-based learning approach to enhancing students’ science reading performances from the perspective of the cognitive load theory. British Journal of Educational Technology, 50(1), 232–247. https://doi.org/10.1111/bjet.12716
Lestari, A. A., Nyoto, R. D., & Sukamto, A. S. (2018). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK PENGENALAN ALAT INDRA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKER. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), 6(1), 32. https://doi.org/10.26418/justin.v6i1.23740
Mourtzis, D., Siatras, V., Angelopoulos, J., & Panopoulos, N. (2020). An Augmented Reality Collaborative Product Design Cloud-Based Platform in the Context of Learning Factory. Procedia Manufacturing, 45, 546–551. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.04.076
Mursyidah, D. (2022). Aplikasi Berbasis Augmented Reality sebagai Upaya Pengenalan Bangun Ruang bagi Siswa Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 4(1), 427–433. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/jtn.v4i1.2941
Muwahiddah, U., Asikin, M., & Mariani, S. (2019). Project Based Learning Berbasis Etnomatematika Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 6. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v7i5.15238
Nelson, S., Darni, R., & Haris, F. (2022). Development Augmented Reality (AR) Learning Media for Pencak Silat Course at Faculty of Sports and Science Universitas Negeri Padang. Educational Administration: Theory and Practice, 28(01), 37–46.
Noviani, E., & Fajri, B. R. (2022). Rancang Bangun Media Interaktif Augmented Reality Pengenalan Gerak Dasar Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12553–12561. https://doi.org/https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3756
Nurwijaya, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality Terhadap Kemampuan Spasial Siswa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 107–116. https://doi.org/10.46918/equals.v5i2.1563
Nuryana, E., & Wintarti, A. (2022). DEVELOPMENT OF ELECTRONIC MODULE WITH AUGMENTED REALITY ON PYRAMID FOR VIII GRADE. MATHEdunesa, 11(3), 894–903. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p894-903
Pangestu, A., Susanti, E., & Setyaningrum, W. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) pada penalaran spasial siswa. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dan Matematika, 1, 205–210. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.39
Prasetiyo, T., Setyosari, P., & Sihkabuden, S. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 4(1), 37–46. https://doi.org/10.17977/um031v4i12017p037
Qomario, Q., Tohir, A., & Prastyo, C. (2022). Math poster with augment reality to increase learning outcome of students’ high school. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 5(1), 69–73. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i1.106
Riani, A., Utomo, E., & Nuraini, S. (2021). Development of Local Wisdom Augmented Reality (AR) Media in Elementary Schools. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(6), 154–162. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v8i6.2735
Sara, J. A., & Danawak, Y. (2021). Kajian Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Bangun Ruang. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Sains, 3(1), 240–247. https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/200
Suciliyana, Y., & Rahman, L. O. A. (2020). Augmented Reality Sebagai Media Pendidikan Kesehatan Untuk Anak Usia Sekolah. Jurnal Surya Muda, 2(1), 39–53. https://doi.org/10.38102/jsm.v2i1.51
Sukma, L. R. G., Prayitno, S., Baidowi, B., & Amrullah, A. (2022). Pengembangan Aplikasi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram. PALAPA, 10(2), 198–216. https://doi.org/10.36088/palapa.v10i2.1897
Theodoropoulos, A., & Lepouras, G. (2021). Augmented Reality and programming education: A systematic review. International Journal of Child-Computer Interaction, 30, 100335. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2021.100335
Turan, Z., Meral, E., & Sahin, I. F. (2018). The impact of mobile augmented reality in geography education: achievements, cognitive loads and views of university students. Journal of Geography in Higher Education, 42(3), 427–441. https://doi.org/10.1080/03098265.2018.1455174
Untari, R. S., Hasanah, F. N., Wardana, M. D. K., & Andhita, K. (2022). Effect of Augmented Reality (AR) on Problem Solving Ability in 3D Spatial Modeling in Elementary Schools. Procedia of Social Sciences and Humanities, 3, 1476–1480. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.369
Untari, R. S., Hasanah, F. N., Wardana, M. D. K., & Jazuli, M. I. (2022). Pengembangan Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 7(5), 190. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i5.15238
Widyasari, N., & Mastura, L. I. (2020). Improving Geometry Thinking Ability through Augmented Reality Based Learning Media. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 9(1), 80. https://doi.org/10.24235/eduma.v9i1.5304
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten