PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN 08 SITIUNG
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.96Kata Kunci:
Eksperimen, Word Square, Hasil BelajarAbstrak
Model yang digunakan pada penelitian ini model Quasi Eksperimental Design, desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design, yaitu terdapat dua kelompok yang dipilih, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VI A dan B SDN 08 Sitiung belum memenuhi KKM. Hal ini disebabkan siswa merasa pembelajaran IPS terlalu banyak materi dan mengharuskan siswa banyak mencatat dan menghapalkan materi, pembelajaran IPS yang dimulai dari pemahaman konsep, serta kurangnya penerapan model pembelajaran saat proses pembelajaran berlangsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan pembelajaran dengan model word square terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VI. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Perbandingan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas control adalah (81,05 > 71,75), dengan nilai Sig. (2-tailed) pada uji-t (0,009 < 0,05) yang menunjukkan bahwa Ho ditolak, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kesimpulan pembelajaran model woqrd square dapat memberikan pengaruh pada hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN 08 Sitiung. Nilai IPS siswa sebelum mengunakan model word square rendah, setelah diberikan dengan model word square terjadi peningkatan pada hasil belajar IPS siswa.
Unduhan
Referensi
Fuadah, A. (2015). Keefektifan model word square dalam pembelajaran ips materi uang tema permainan pada siswa kelas III SD N 1 pepedan purbalingga. purbalingga: universitas negeri semarang.
Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. bandung: Alfabeta.
Khuluqo, I. E. (2017). Belajar dan Pembelajaran. yogyakarta: pustaka pelajar.
Kurniansih, i. d. (2015). pengembangan model pembelajaran. jakarta: kata pena.
Lestari, T. d. (2012). pengaruh model pembelajaran word square terhadap pembelajaran ips kelas IPS III SD. singaraja: universitas pendidikan ganesa.
Sisdiknas. (2003). UU sistem pendidikan nasional. jakarta: 8 juli 2003.
sugiyono. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). bandung : alfabeta.
susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. jakarta: kencana.
Wahyuni, E. (2013). Peran keluarga dalam pencapaian pendidikan. cakrawala pendidikan, 15(1), 10-16.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten