PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN 08 SITIUNG

Penulis

  • Anis Anis SDN 08 Sitiung
  • Kelik Purwanto Universitas dharmas indoensia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.96

Kata Kunci:

Eksperimen, Word Square, Hasil Belajar

Abstrak

Model yang digunakan pada penelitian ini model Quasi Eksperimental Design,  desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design, yaitu terdapat dua kelompok yang dipilih, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VI A dan B SDN 08 Sitiung belum memenuhi KKM. Hal ini disebabkan siswa merasa pembelajaran IPS terlalu banyak materi dan mengharuskan siswa banyak mencatat dan menghapalkan materi, pembelajaran IPS yang dimulai dari pemahaman konsep, serta kurangnya penerapan model pembelajaran saat proses pembelajaran berlangsung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan pembelajaran dengan model word square terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VI. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Perbandingan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas control adalah (81,05 > 71,75), dengan nilai Sig. (2-tailed) pada uji-t (0,009 < 0,05) yang menunjukkan bahwa Ho ditolak, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Kesimpulan pembelajaran  model woqrd square dapat memberikan pengaruh pada hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN 08 Sitiung. Nilai IPS  siswa sebelum mengunakan model word square  rendah, setelah diberikan dengan model word square terjadi peningkatan pada hasil belajar IPS siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Kelik Purwanto, Universitas dharmas indoensia

 Model Quasi Eksperimental Design melalui Nonequivalent Control Group Design merupakan model yang diterapkan pada penelitian ini, yaitu dua grup yang dipilih, lalu diberi pretest untuk melihat kondisi awal apakah ada perbedaan antara grup eksperimen melalui grup kontrol. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VI A dan B SDN 08 Sitiung belum memenuhi KKM. Hal ini disebabkan siswa merasa pembelajaran IPS terlalu banyak materi dan mengharuskan siswa banyak mencatat dan menghapalkan materi, pembelajaran IPS yang dimulai dari pemahaman konsep, serta kurangnya penerapan model pembelajaran saat proses pembelajaran berlangsung. Penemuan pada penelitian ini terdapat adanya pengaruh penerapan pembelajaran melalui model word square pada hasil belajar IPS siswa kelas VI. Nilai rata-rata hasil belajar grup eksperimen lebih tinggi dibandingkan melalui kelas kontrol. Perbandingan nilai rata-rata grup eksperimen dan kelas control adalah (81, 05 > 71, 75), melalui nilai Sig. (2-tailed) pada uji-t (0,009 < 0, 05) yang menunjukkan bahwa Ho ditolak, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan pada grup eksperimen dan grup kontrol. Datat dikatakan bahwa pembelajaran  model woqrd square dapat berpengaruh pada hasil belajar IPS siswa grup VI SDN 08 Sitiung. Nilai IPS  peserta didik sebelum mengunakan model word square  rendah, setelah diberikan melalui model word square terjadi peningkatan pada hasil belajar IPS peserta didik.

Referensi

Fatmawati, A. (2017). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Word square terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV MIN 11 bandar lampung. lampung: Fakultas Tarbiyah Universitas islam negeri raden intan.
Fuadah, A. (2015). Keefektifan model word square dalam pembelajaran ips materi uang tema permainan pada siswa kelas III SD N 1 pepedan purbalingga. purbalingga: universitas negeri semarang.
Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. bandung: Alfabeta.
Khuluqo, I. E. (2017). Belajar dan Pembelajaran. yogyakarta: pustaka pelajar.
Kurniansih, i. d. (2015). pengembangan model pembelajaran. jakarta: kata pena.
Lestari, T. d. (2012). pengaruh model pembelajaran word square terhadap pembelajaran ips kelas IPS III SD. singaraja: universitas pendidikan ganesa.
Sisdiknas. (2003). UU sistem pendidikan nasional. jakarta: 8 juli 2003.
sugiyono. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). bandung : alfabeta.
susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. jakarta: kencana.
Wahyuni, E. (2013). Peran keluarga dalam pencapaian pendidikan. cakrawala pendidikan, 15(1), 10-16.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-31

Cara Mengutip

Anis, A., & Purwanto, K. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN 08 SITIUNG. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 209–219. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.96

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.