UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD DENGAN MENGGUNAKAN METODE ETH PADA MATA PELAJARAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.980Kata Kunci:
Everyone Is A Teacher Here, Keterampilan Berpikir Kritis, IPAAbstrak
Metodologi "Everyone is a Teacher Here" akan digunakan di seluruh proyek penelitian ini dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam kurikulum IPA di tingkat kelas empat. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan jenis penelitian yang dilakukan terhadap 32 siswa kelas IV SDN Sudimara Timur. Informasi dikumpulkan dengan pemeriksaan, pengamatan, dan penyelesaian dokumen. Setelah itu, pada setiap akhir siklus pelatihan, data yang terkumpul dianalisis dengan melihat persentase keberhasilan yang dicapai siswa kemudian menarik kesimpulan berdasarkan temuan tersebut. Hasil penerapan strategi yang dikenal dengan “Everyone is a Teacher Here” untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis di kelas IV IPA SD. Dengan hasil 83% (sangat kritis) pada siklus pertama, dan 86% (sangat kritis) pada siklus kedua. Kedua skor ini menunjukkan bahwa pendekatan tersebut berhasil. Siswa kelas IV SDN Sudimara Timur menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis sebagai hasil penerapan pendekatan Everyone is a Teacher here dalam pembelajaran, sebagaimana ditunjukkan oleh temuan analisis. Untuk meningkatkan variasi dan kualitas pengajaran di sekolah dasar, banyak strategi pengajaran yang dapat diadaptasi dari pendekatan Everyone is a Teacher Here.
Unduhan
Referensi
Agusta, A. R., Suriansyah, A., Noorhapizah, & Pratiwi, D. A. (2020). Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran BerbasisKeterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif MenggunakanMetode Pembelajaran Online pada Masa Pandemi COVID-19Ditinjau dari Pengetahuan dan Kemampuan Guru dalamMengemas PerangkatPembelajaran.
Aminulloh, R., Suhendra, & Ristiana, M. G. (2020). Improvement mathematical problem’s solving ability of junior high school students by using inquiry models with everyone is a teacher here strategy. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012028
Angga Dewi, P. Y., Kusumawati, N., Kade Sukiastini, I. G. A. N., Miftahul Arifin, M., Nisa, R., Putu Widyasanti, N., Dyah Kusumawati, P. R., & Masnur. (2021). TEORI DAN APLIKASI PEMBELAJARAN IPA SD/MI (T. Fairuz, Ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS TINGGI. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 8(1). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Antony, A., & Mudjiran. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Strategi Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(1), 19–27. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8420
Aprilia, W., & Ansori, Y. Z. (2020). PENGGUNAAN MODEL EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA.
Eko Putro, R. (2019). Minat Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Godean 1 Kabupaten Sleman Terhadap Pembelajaran Renang.
Indaayu, P. (2019). PENGGUNAAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHERHERESEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PPKN MATERI HAK DAN KEWAJIBAN PADA SISWASEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 810–813.
Irma Suriani, A., & Nenowati, S. (2020). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL STUDI PADA MURID KELAS V SD NEGERI SUNGGUMINASA III KABUPATEN GOWA. JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(1).
Khairiyah, Y., & Sukma, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Everyone Is Teacher here Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN 01 VII Koto Talago Kabupaten Lima Puluh Kota. Journal of Basic Education Studies, 4(1).
Lubis, & Badrul, A. (2020). PENGARUH MODEL EVERYONE IS A TEACHER HERE DAN PENGETAHUAN AWAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR.
Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401
Nurinayah, M. (2021). PENGARUH METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MI ISLAMIYAH PENJALINBANYU BREBES TAHUN AJARAN 2020/2021.
Oktalia, R., Wijayanti, A., & Ernawati, T. (2018). Everyone Is A Teacher Here Effect on Science Learning Achievement Based on Critical Thinking Skills. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2797
Rhohmawati, M. (2022). PENGARUH STRATEGI EVERYONE IS TEACHER HERE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR IT PELITA UMAT DELANGGU KABUPATEN KLATEN.
Rivaldi, A., & Yunisrul. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Everyone Is Teacher Here Di Kelas IV Sekolah Dasar. 4.
Ruma Bay, R., Purwanty, R., & Novita Kalalo, C. (2019). Application of Discussion Methods to Improve Student Learning Outcomes in Civics Content Class IV Elementary School.
Septania, T. (2021). PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHERE HERE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN TEMATIK MUATAN PPKN TEMA 7 KELAS IV SDN 017 PANDAU JAYA.
Sofri Fikri Arif, D., Nur Cahyono, A., & Zaenuri. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom.
Suparman. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Sistem Pengisian Kelas X SMK Perindustrian Yogyakarta.
Tangkudung, J. (2016). Macam-macam Metodologi Penelitian: Uraian Dan Contohnya.
Yusuf, M. (2018). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SDdengan Menerapkan Strategi Everyone is ATeacher Here pada Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2, 1830.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten