ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI ALEF EDUCATION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA di MTs AL-MUJAHIDIN TOMOHON
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1234Keywords:
Analisis, Pembelajaran Matematika, Alef Education.Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan penggunaan aplikasi Alef Education pada pembelajaran matematika di MTs Al-Mujahidin Tomohon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi sebagai cara untuk untuk mendapatkan data yang lebih spesifik. Kemudian wawancara sebagai teknik yang digunakan untuk mendapatkan informasi sehingga memperoleh data langsung dari sumbernya, dan dokumentasi yang bisa memperkuat penelitian. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran matematika dan siswa kelas VII MTs Al-Mujahidin Tomohon yang berjumlah 7 siswa. Analisis SWOT digunakan untuk menganalisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Alef Education di MTs Al-Mujahidin Tomohon memiliki beberapa Strengths (kekuatan); konten pembelajaran disajikan dengan menarik, waktu persiapan mengajar jadi lebih efektif dan efisien, materi pelajaran sudah sesuai dengan kurikulum di indonesia, tes dan ujian dinilai otomatis dengan grafik dan bagan, terdapat fitur yang membuat siswa bersemangan dan termotivasi untuk belajar, Weaknesses (kelemahan); Halnyal dapat digunakan saat tersedianya jaringan internet, Tidak semua siswa mempunyai galwali atau laptop yang bisa digunakan untuk mengakses internet, Keterbatasan sarana prasarana harus menjadi perhatian dari pihak sekolah dan guru sebagai fasilitator, Opportunities (peluang); Dapat menjadi aplikasi yang tepat untuk digunakan oleh seluruh instansi dan dapat menyediakan konten pembelajaran tidak hanya pada mata pelajaran matematika, serta Threats (ancaman); Adanya aplikasi pembelajaran lalin yang tidak kalah menarik, Aplikasi lain lebih maksimal mempromosikan berbagai keuntungan dan manfaatnya,, Kebijakan dari madrasah seperti larangan membawa al wali ke sekolah yang dapat mengganggu keberlangsungan pembelajaran matematika.
Downloads
References
Arundhati, A., Chew, M., Lim, L., Mehta, J. S., Lang, S. Sl. S. S., Htoon, H. M., & Tan, D. T. (2021). Comparative study of long-term graft survival between penetrating keratoplasty and deep anterior lamellar keratoplasty. American Journal of Ophthalmology, 224, 207–216.
Domu, I., & Pesik, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Himpunan. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi). JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(2), 122–126.
Fahril, F., Nurbiah, N., & Syafi’i, A. S. I. (2023). IMPLEMENTATION OF THE PROBLEM-BASED LEARNING’S MODEL HELP ALEF EDUCATION IN MTs AS’ADIYAH ULOE. An-Nahdlah: Journal of Islamic Studies, 1(1), 54–79.
Firmadani, F. (n.d.). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2020.
Mangelep, N. O. (2015). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika .
Mukhni, M. , M. M. , & K. K. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika SMA. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education.
Nangon, A. A. , D. I. , & R. P. V. (2022). Penerapan Model Blended Learning Dalam Pembelajaran Materi Bentuk Aljabar Di Kelas VII SMP Negeri 4 Tomohon. Educational Journal: General and Specific Research.
Pratama, L. D. , L. W. , & A. I. P. L. D. , L. W. , & A. I. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Edutaintment Di Tengah Pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.
Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10.
Satori, D., Komariah, A., & Suryana, A. (2019). Character education in the era of industrial revolution 4.0 and its relevance to the high school learning transformation process. Utopia y Praxis Latinoamericana, 24(5), 327–340.
Sudaryono. (2018). Metode Penelitian. PT. Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wandi, S. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. : : Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation.
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten