REFLEKSI KRITIS TERHADAP STRATEGI LIVE STREAMING TIKTOK SHOP: TRANSFORMASI STRUKTURAL RUANG PUBLIK DALAM ERA KAPITALISME DIGITAL

Authors

  • Suci Rahmah Yusrafitri Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, STAI Ar-Ridho, Bagansiapiapi/ Prodi Doktor Ilmu Komunikasi, Universitas Sahid Jakarta, Indonesia
  • Udi Rusadi Prodi Doktor Ilmu Komunikasi, Universitas Sahid Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1248

Keywords:

Ruang publik digital, TikTok Shop, live streaming, kapitalisme digital, algoritma, Habermas, transformasi struktural

Abstract

Artikel ini menganalisis strategi live streaming TikTok Shop sebagai bagian dari transformasi struktural ruang publik dalam konteks ekonomi digital kontemporer. Dengan menggunakan pendekatan teori ruang publik Jürgen Habermas yang diperluas oleh Staab dan Thiel, penelitian ini mengkaji bagaimana interaksi antara pelaku usaha dan konsumen diatur melalui logika algoritmik, performa subjektivitas, dan akumulasi data dalam sistem platform. Studi ini menggunakan metode kualitatif berbasis studi literatur. Temuan menunjukkan bahwa fitur live streaming tidak hanya membentuk pola komunikasi baru, tetapi juga mengonstruksi ulang relasi kekuasaan dalam ruang publik digital yang tampak inklusif namun bersifat privat dan eksploitatif. Artikel ini menyimpulkan bahwa strategi live streaming TikTok Shop merefleksikan bentuk baru dari ruang publik yang dikendalikan oleh kapitalisme digital, di mana partisipasi dan performa dimediasi oleh sistem ekonomi algoritmis

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Suci Rahmah Yusrafitri, Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, STAI Ar-Ridho, Bagansiapiapi/ Prodi Doktor Ilmu Komunikasi, Universitas Sahid Jakarta, Indonesia

Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, STAI Ar-Ridho, Bagansiapiapi/ Prodi Doktor Ilmu Komunikasi, Universitas Sahid Jakarta, Indonesia

Udi Rusadi, Prodi Doktor Ilmu Komunikasi, Universitas Sahid Jakarta, Indonesia

Prodi Doktor Ilmu Komunikasi, Universitas Sahid Jakarta, Indonesia

References

Albab, B., & Munandar, A. I. (2020). The Role Of Youth In Managing Village-Owned Enterprises (Bumdes) Through Digital Marketing. In Managing Learning Organization In Industry 4.0 (Bll 279–282). Routledge.

Alifah, A., Herachwati, N., & Muhtadi, R. (2022). Analisis Keputusan Konsumen Terhadap Kosmetik Halal Pada Aplikasi Tiktok Shop Pendekatan Theory Of Planned Behaviour: (Studi Pada Masyarakat Pamekasan). Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 8(1), 186–210. Https://Doi.Org/10.36420/Ju.V8i1.6218

Azzahra, S., & Chumaida, Z. V. (2023). Pertanggungjawaban Hukum Terhadap Kerusakan Barang Dalam Proses Pengangkutan Yang Di Beli Melalui Tiktok Shop. Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1092–1099.

Chandra, Y. E., Bukhori, M., & R, W. D. (2022). Pengaruh Saluran Distribusi Online Dan Promosi Online Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Pada Chandra Supermarket Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 29–40. Https://Doi.Org/10.32815/Jubis.V3i2.1520

Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Dan Pemasaran Pada Umkm Sablon Anggi Screen Di Era Digital. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 68–75. Https://Doi.Org/10.37817/Ikra-Ithabdimas.V6i2.2408

Indriani, L., & Sismanto, A. (2023). Digital Marketing Strategy To Increase Tourist Visits At Tri Muara Karang Waterfall (Case Study Of Tri Muara Karang Waterfall In Belitas Seberang Village, Sindang Kelingi District, Rejang Lebong Regency). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 4(3), 623–638. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.53697/Emak.V4i3.1273

Juliana, H. (2023). Pengaruh Siaran Langsung Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. Sinomika Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(6), 1517–1538. Https://Doi.Org/10.54443/Sinomika.V1i6.754

Kholis, N., Ayu Savitri, G., & Husna, N. (2023). The Use Of Social Media (Instagram) For The Radio Industry (Content And Marketing Strategies To Increase Audience Loyalty). E3s Web Of Conferences, 426, 02031. Https://Doi.Org/10.1051/E3sconf/202342602031

Kingsnorth, S. (2022). Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach To Online Marketing. Kogan Page Publishers.

Li, L. (2022). Digital Transformation And Sustainable Performance: The Moderating Role Of Market Turbulence. Industrial Marketing Management, 104, 28–37. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1016/J.Indmarman.2022.04.007

Muharam, G. M., Sulistiya, D., Sari, N., Zikrinawati, K., & Fahmy, Z. (2023). The Effect Of Fear Of Missing Out (Fomo) And Peer Conformity On Impulsive Buying In Semarang City Students (Study On Tiktok Shop Consumers). Experimental Student Experiences, 1(8), 687–695. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.58330/Ese.V1i8.277

Ningtyas, S., Asmono, R. T., Nurlaela, L., Kurniati, I., & Nasri, J. (2022). Pelatihan Pengenalan Digital Marketing Pemasaran Produk Pertanian Di Kelurahan Kali Abang Tengah. Swadimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 27–34. Https://Doi.Org/10.56486/Swadimas.Vol1no01.242

Palahudin, P., Samsuri, S., Ramadian, A., Nurdiana, R. P., Hamdani, M. F., Halimatussadiah, S., Nadifah, N. V., & Robyanshyah, R. (2025). Pengembangan Inovasi Produk Dan Digital Marketing Pada Umkm Enye Singkong Dua Putra Desa Bojong. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(1), 1166–1176. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Innovative.V5i1.17163

Purwanto, A. (2022). How The Role Of Digital Marketing And Brand Image On Food Product Purchase Decisions? An Empirical Study On Indonesian Smes In The Digital Era. Journal Of Industrial Engineering & Management Research. Https://Ssrn.Com/Abstract=4082510

Putri, P. D. D., Lestari, B. A. H., & Ridhawati, R. (2024). The Influence Of Financial Literacy, Pocket Money, And Lifestyle On The Financial Behavior Of College Students Who Use Online Shopping Platforms. International Journal Of Asian Business And Management, 3(1), 59–76. Https://Doi.Org/10.55927/Ijabm.V3i1.7774

Rachmawati, M. A., & Afifi, S. (2022). The Integrated Marketing Communication In Digital Environment: A Case Study Of Local Radio In Yogyakarta. The Indonesian Journal Of Communication Studies, 14(2), 105. Https://Doi.Org/10.31315/Ijcs.V14i2.5470

Ratna, G. R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14.

Salwanisa, E. A. (2023). Digital Marketing Analysis On The Consumer Decision-Making Process Of Millennials And Gen Z Generation Groups On The Tiktok Application. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 11(2), 112–125. Https://Doi.Org/Http://Doi.Org/10.25273/Equilibrium.V11i2.17374

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2020.V09.I07.P07

Saputra, M. A. (2023). Perilaku Konsumtif Generasi Z Dalam Online Shopping Melalui Aplikasi Tiktok Shop (Studi Deskriptif Pada Kalangan Generasi Z Pengguna Aplikasi Tiktok Shop Di Desa Kedungwungu Kabupaten Banyuwangi). Universitas Muhammadiyah Malang. Https://Etd.Umm.Ac.Id/Id/Eprint/2271

Sulistianti, R. A., & Sugiarta, N. (2022). Konstruksi Sosial Konsumen Online Shop Di Media Sosial Tiktok (Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Sosial Konsumen Generasi Z Pada Online Shop Smilegoddess Di Media Sosial Tiktok). Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1). Https://Doi.Org/10.58258/Jisip.V6i1.2861

Susanti, A., Khoiro, A. N., Solikhah, A., Oktavia, B., & Nuraini, U. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Produk Milkshake Dan Ice Cream “Soj” Suwe Ora Jamu. Prosiding National Seminar On Accounting, Finance, And Economics (Nsafe), 1(5).

Yulianto, A., Wibowo, U. D. A., Kharismasyah, A. Y., Primadona, S. E., & Herniah Syamsudin, S. E. (2023). Gen Z Marketing Menggali Potensi Dan Memahami Karakteristik Generasi Z Dalam Menerapakan Strategi Pemasaran Digital. Penerbit Lakeisha.

Yupi, Y., & Heryadi Putri, A. (2023). Analisis Konten Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Aplikasi Tiktok. Komversal, 5(1), 70–92. Https://Doi.Org/10.38204/Komversal.V5i1.1214

Published

2025-08-24

How to Cite

Yusrafitri, S. R., & Rusadi, U. (2025). REFLEKSI KRITIS TERHADAP STRATEGI LIVE STREAMING TIKTOK SHOP: TRANSFORMASI STRUKTURAL RUANG PUBLIK DALAM ERA KAPITALISME DIGITAL. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1397–1406. https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1248

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.