PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL DALAM MENINGKATTKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TATA SURYA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 066504 MEDAN

Authors

  • Irda Afriza Rao Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Arief Aulia Rahman PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Hamdi Yanti Manik SD Negeri 066054 Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.142

Keywords:

Model Pembelajaran, Pjbl, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Pjbl Dalam Meningkattkan Hasil Belajar Pada Materi Tata Surya Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 06604 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 066054 Medan pada mata pelajaran IPA, khususnya materi Tata Surya, melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL), menunjukkan hasil yang signifikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Terdapat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus:1.Pada pra-siklus, nilai rata-rata siswa hanya mencapai 60,2, dengan 5 siswa (27,8%) yang tuntas belajar. 2. Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 72,4, dan jumlah siswa yang tuntas naik menjadi 12 orang (66,7%).3. Pada siklus II, setelah dilakukan perbaikan metode dan media pembelajaran, nilai rata-rata meningkat signifikan menjadi 81,7, dengan 16 siswa (88,9%) mencapai KKM. Capaian ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan (≥85% siswa tuntas belajar) telah tercapai, sehingga tindakan dihentikan pada akhir siklus II. Model PJBL berhasil meningkatkan keterlibatan aktif, kreativitas, dan kolaborasi siswa dalam proses pembelajaran:1. Pada pra-siklus, siswa tampak pasif dan kurang antusias dalam mengikuti pelajaran. 2. Pada siklus I, keterlibatan mulai tumbuh, meskipun masih terdapat kendala dalam pembagian tugas kelompok. 3.Pada siklus II, siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam menyusun dan mempresentasikan proyek poster interaktif. Mereka aktif berdiskusi, saling membantu, dan menunjukkan kepercayaan diri dalam menyampaikan hasil kerja. 4. Pembelajaran menjadi lebih bermakna karena siswa mengalami sendiri proses membangun pengetahuan melalui proyek. Penerapan PJBL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Tata Surya. Selain berdampak positif terhadap pencapaian nilai akademik, model ini juga berhasil membangun keterampilan abad 21, seperti berpikir kritis, kerja tim, komunikasi, dan kreativitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Irda Afriza Rao, Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia

Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia

Arief Aulia Rahman, PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

Hamdi Yanti Manik, SD Negeri 066054 Medan, Indonesia

SD Negeri 066054 Medan, Indonesia

References

Allanta, T. R., & Puspita, L. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dan Self Efficacy Peserta Didik: Dampak Pjbl-Stem Pada Materi Ekosistem. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 7(2), 158–170. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V7i2.42441

Anjarini, D. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Menyusun Karya Ilomiah Geografi Sma. Universitas Negeri Malang. Http://Repository.Um.Ac.Id/Id/Eprint/62404

Aryana, E. N., Dewi, N. K., & Khair, B. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Membuat Kolase Anorganik. Journal Of Classroom Action Research, 4(3), 118–127. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29303/Jcar.V4i3.1900

Aryani, W. D. (2022). Implementasi Model Pjbl Dengan Infografis Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ips Peserta Didik Viib Smpn 1 Kandeman. Ristek: Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 7(1), 37–49.

Budiyanti, F., Mohzana, M., & Aminah, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Pjbl Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Diskusi. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (Kibasp), 7(1), 154–166. Https://Doi.Org/10.31539/Kibasp.V7i1.6875

Dr. Rian Vebrianto, M. E. L. A. H. S. P. A. H. N. S. P. D. A. S. P. F. S. P. G. A. S. P. (2021). Bahan Ajar Ipa Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Versi Daring. Cv. Dotplus Publisher.

Ervina, R., Pradana, A. B. A., & Meinita, P. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Dengan Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Ppkn (Penelitian Pada Siswa Kelas 3 Sd Negeri Podosoko I). Prosiding University Research Colloquium, 344–354. Https://Repository.Urecol.Org/Index.Php/Proceeding/Article/View/2160

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201–212. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.58258/Jime.V8i4.4090

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Berpikir Kritis. Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209–226. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24252/Ip.V10i1.17642

Izzania, R. D. S. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Project Based Learning (Pjbl) Terintegrasi Steam Untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(2), 146–157. Https://Doi.Org/10.33369/Dikdas.V4i2.15914

Khofifah, I. N., & Mitarlis, M. (2021). Student Worksheet Oriented On Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) With Pjbl Model On Acid Base Matter By Using Natural Product. Jurnal Pendidikan Kimia, 13(1), 22–37. Https://Doi.Org/10.24114/Jpkim.V13i1.24141

Kurniasih, H. D., Mastur, Z., & Juhana, J. (2023). Project Based Learning (Pjbl) Models With Folklore Nuance To Enhance Students’ Writing Skills And Self-Confidence. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(2), 451–465. Https://Doi.Org/10.37680/Scaffolding.V5i2.3087

Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi, M. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dan Think Pair Share (Tps) Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Rancang Bangun Jaringan. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 80. Https://Doi.Org/10.26740/Jp.V3n2.P80-85

Mahanani, P., & Muchtar, M. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd Menggunakan Model Inkuiri Dan Project Based Learning (Pjbl) Pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(1), 43–49. Https://Doi.Org/10.17977/Um009v28i12019p043

Maharani, B., & Yohandri. (2020). How Is The Student Worksheet Design (Lapd) Based On Project Based Learning (Pjbl) Models In Senior High School Physics X Learning? Literature Review. Journal Of Physics: Conference Series, 1481(1), 012061. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1481/1/012061

Noordin, M. K., Ali, D. F., Nasir, A. N. M., Pairan, M. R., & Azmi, A. N. (2018). Improving Knowledge And Skills Retention For Future Teachers In Technical And Vocational Education Through Project-Based Learning (Pjbl). Turkish Online Journal Of Design, Art & Communication, 8, 769–780.

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). Https://Doi.Org/10.24176/Re.V8i2.2357

Rahardjanto, A., & Fauzi, A. (2019). Hybrid-Pjbl: Learning Outcomes, Creative Thinking Skills, And Learning Motivation Of Preservice Teacher. International Journal Of Instruction, 12(2), 179–192. Http://Www.E-Iji.Net

Rismawati, Idawati, & Fitri Yanty Muchtar. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Video Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Ips Murid Sd Inpres 5/81 Ponre-Ponre Kabupaten Bone. Jkp: Jurnal Pendidikan Khasanah, 2(1), 120–126. Https://Doi.Org/10.58738/Jkp.V2i1.218

Rusmansyah, R., Leny, L., & Sofia, H. N. (2023). Improving Students’ Scientific Literacy And Cognitive Learning Outcomes Through Ethnoscience-Based Pjbl Model. Journal Of Innovation In Educational And Cultural Research, 4(1), 1–9. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.46843/Jiecr.V4i1.382

Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440.

Titu, M. A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 9, 176–186.

Wahyuni, R. D. I., Alam, H. V., & Laliyo, L. A. R. (2023). Strengthening The Profile Of Pancasila Students Through Extracurricular Activities Of The Project Learning-Based Waste Bank Program (Pjbl). Novateur Publications, 1, 113–124. Http://Novateurpublication.Org/Index.Php/Np/Article/View/75

Watun, F. F. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dalam Materi Teks Persuasif Pada Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 1 Kota Jambi.

Widarti, H. R., Rokhim, D. A., & Syafruddin, A. B. (2020). The Development Of Electrolysis Cell Teaching Material Based On Stem-Pjbl Approach Assisted By Learning Video: A Need Analysis. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 9(3), 309–318.

Yasa, I. (2023). Analisis Keterampilan Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Di Gugus Viii Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2022/2023. Universitas Pendidikan Ganesha. Http://Repo.Undiksha.Ac.Id/Id/Eprint/15890

Published

2025-06-24

How to Cite

Rao, I. A., Rahman, A. A., & Manik, H. Y. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL DALAM MENINGKATTKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TATA SURYA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 066504 MEDAN. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1074–1082. https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.142

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 45 46 47 48 49 50 51 52 53 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.