PENGARUH PEMBELAJARAN HABIT FORMING PADA PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Najamuddin Najamuddin Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Zuhut Ramdani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Siti Mariana TK PKK Sikur Barat 01, Indonesia
  • Moh. Alwi Ashari Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.538

Keywords:

Pembelajaran , habit forming, pembentukan karakter

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran habit forming pada pembentukan karakter anak usia 5-6 tahun di TK PKK Sikur Barat 01. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian pre experimental design. Penelitian ini dilaksanakan di TK PKK Sikur Barat dengan subjek penelitian kelompok B sejumlah 15 anak. Peneliti memperoleh data dari hasil observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, normalitas, dan hipotesis. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi menggunakan expert judgement memperoleh skor 30, dengan rentang nilai 27,18 < X ≤ 33,54 dan dengan kategori “baik”. Uji normalitas data pada penelitan ini dinyatakan berdistribusi “Normal” dengan nilai pre test chi kuadrat hitung = 9,71, dengan taraf signifikan 5% dan chi kuadrat tabel=11,070, sehingga dapat dinyatakan bahwa (9,7<11,070), dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa data pada penelitian ini bersidtribusi “Normal”. Hasil uji t penelitian ini dengan t hitung = -1,8, harga t tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga t tabel dengan dk=n1+n2-2=15+15-2=28. Bila taraf kesalahan ditetapkan 5%, maka t tabel=2,048, jadi t hitung lebih kecil dari t tabel (-1,8<2,048), sehingga hasil uji hipotesis pada penelitian ini tidak berbeda secara signifikan (Ha diterima dan Ho ditolak). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran habit forming tidak memberikan pengaruh terhadap pembentukan karakter anak usia 5-6 tahun di TK PKK Sikur Barat 01.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Najamuddin Najamuddin, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Zuhut Ramdani, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Siti Mariana, TK PKK Sikur Barat 01, Indonesia

TK PKK Sikur Barat 01, Indonesia

Moh. Alwi Ashari, Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

References

Achadiyah, B. N., & Najib, A. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 9(1), 17188.

Amalia, N. F., Rizqi, A. M., & Purwati, P. (2024). Analisis Hambatan Penerapan Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 24–36. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.722

Azis, A., Utami, S., Cronin, L., & Al Sanie, A. H. (2024). The Influence of the School Environment on the Formation of Children’s Character. Journal of Basic Education Research, 5(1), 16–21. https://doi.org/https://doi.org/10.37251/jber.v5i1.850

Fathah, S. N., Lestari, G. D., & Yulianingsih, W. (2024). Peran Orang Tua dan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1051–1061. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.590

Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2018). Pengaruh Konteks pada Ilustrasi Buku Pendidikan Karakter terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 41–50. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p41-50

Hermawan, A., Yanto, D. D. G. F., Rahmat, M. A. N., Winarso, B. S., & Farah, R. R. (2024). Building Student Disciplinary Character through the Atomic Habits Method at ICC Pahang. 3rd International Conference on Education for All (ICEDUALL 2023), 305–320.

Latief, S. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Sebagai Pondasi Pembentukan Karakter Dalam Era Revolusi 4.0 Dan Society 5.0: Teknik Dan Keberlanjutan Pendidikan Karakter. Jurnal Literasiologi, 3(2).

Lilawati, A. (2024). The Role Of The School Environment In Shaping Children’s Character. EDUTEC: Journal of Education And Technology, 7(4), 332–340. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/edu.v7i4.955

Mudiawati, R. C., Susilo, S., & Siddik, M. (2023). Partisipasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI dalam Program Habit-Forming MAN 2 Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 361–374. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.651

Ningsih, A. C. (2022). Learning Model Implementation Habit Forming In Developing The Religious Character Of Early Children. INTERNATIONAL CONFERENCE OF HUMANITIES AND SOCIAL SCIENCE (ICHSS), 274–281. https://www.programdoktorpbiuns.org/index.php/proceedings/article/view/157%0A

Nurdin, A. (2020). The Influence of the Learning Environment in Student Character Building. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(02), 175–184.

Nurlailah, N., & Ardiansyah, H. (2022). The Influence of the School Environment on Character Form Students in PKN Lessons. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 5(2), 281–289. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jr.v5i2.27347

Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421

Rahmawati, N. R., Utomo, P., & Rohmawati, A. (2023). The Influence of School Environment on the Character Building of Discipline and Politeness of Primary School Students. Indonesian Journal of Character Education Research, 1(2), 69–79. https://ejournal.aecindonesia.org/index.php/ijcer/article/view/126

Riko, R., Lestari, F. A. P., & Lestari, I. D. (2019). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Konsep Diri Peserta Didik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i2.4448

Saragih, A. Y. N., Abi, A. R., Mahulae, S., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Hasil Belajar Tema Pahlawanku Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3980–3984. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.560

Sibuea, M. F. L., Handayani, M., & Agus, R. T. A. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN HABIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 6(3), 875–879. https://doi.org/https://doi.org/10.54314/jssr.v6i3.1785

Susanto, A. (2017). Proses habituasi nilai disiplin pada anak usia dini dalam kerangka pembentukan karakter bangsa. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/sosio%20religi.v15i1.5623

Thawila, L., Ramayani, N., & Sanusi, A. (2023). Pengaruh Habit Forming (Pembiasaan) terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMK Negeri 1 Tanjung Pura. Journal Idarah At-Ta’lim, 2(1), 17–24.

White, R., & Warfa, N. (2011). Building schools of character: A case‐study investigation of character education’s impact on school climate, pupil behavior, and curriculum delivery. Journal of Applied Social Psychology, 41(1), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1559-1816.2010.00701.x

Widiastiti, N. L. A., & Sumantri, M. (2020). Model Quantum Teaching Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 303–314. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26628

Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Wulandari, A., & Efendi, D. (2024). THE EFFECTIVENESS OF THE HABIT FORMING MODEL IN IMPROVING THE CHARACTER OF STUDENTS AT MI ASH SHALIHIN YAPIS ABEPURA. Waniambey: Journal of Islamic Education, 5(2), 213–224. https://doi.org/https://e-journal.iainfmpapua.ac.id/index.php/waniambey/article/view/1202

Published

2025-04-28

How to Cite

Najamuddin, N., Ramdani, Z. ., Mariana, S. ., & Ashari, M. A. . (2025). PENGARUH PEMBELAJARAN HABIT FORMING PADA PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA 5-6 TAHUN . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 274–282. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.538

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.