MEDIA KOMISAN (KOTAK MISTERI ASEAN) DENGAN MODEL TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN 066050 MEDAN DENAI
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.947Keywords:
Komisan (Kotak Misteri Asean), TGT (Team Games Tournament, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Media Komisan (Kotak Misteri Asean) Dengan Model Tgt (Team Games Tournament) Pada Pembelajaran Ipas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 066050 Medan Denai. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan melalui 4 tahapan besar yang biasa dilakukan pada penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yang diambil oleh peneliti yaitu peserta didik kelas 6 yang berjumlah 22 orang dengan banyak peserta didik laki-laki 13 orang dan peserta didik perempuan berjumlah 9 orang, dengan objek penelitian untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 6 di SDN 066050 Medan Denai untuk mata pelajaran IPAS materi ASEAN Penelitian tindakan kelas (PTK) Media KOMISAN (Kotak Misteri ASEAN) dengan Model TGT (Team Games Tournament) pada Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 066050 Medan Denai, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 63. Peserta didik yang tuntas hanya 12 siswa atau 55% dan hasil sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 80. Siswa yang tuntas ada 8 atau 86%. Hasil belajar ini dapat dinyatakan kategori baik karena sudah >80%. Hal tersebut membuktikan bahwa Media KOMISAN (Kotak Misteri ASEAN) dengan Model TGT (Team Games Tournament) pada Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 066050 Medan Denai.
Downloads
References
Adha, A., Rera, A., & Farisi, S. Al. (2023). Analysis Of The Tgt Cooperative Learning Model In Physics Learning: In Terms Of The Implementation Of Procedures And Principles. International Journal Of Education And Teaching Zone, 2(1), 51–61. Https://Doi.Org/10.57092/Ijetz.V2i1.70
Adiyono, A., Umami, F., & Rahayu, A. P. (2023). The Application Of The Team Game Tournament (Tgt) Learning Model In Increasing Student Interest In Learning. Proceeding Of International Conference On Education, Society And Humanity, 1(1), 791–799.
Agustina, N. R., Priscylio, G., Rachman, F. A., & Effendi, E. (2020). The Use Of Tgt Cooperative Learning For Chemistry Learning On Tenth-Grade Students. Unnes Science Education Journal, 9(1), 40–47. Https://Doi.Org/10.15294/Usej.V9i1.35761
Amni, Z., Ningrat, H. K., & -, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Destinasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2840–2848. Https://Doi.Org/10.15294/Jipk.V15i2.25716
Ardian, A., Haetami, M., & Triansyah, A. (2019). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Tgt Terhadap Hasil Shooting Sepak Bola Smpn 2 Siantan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), 8(9), 1–8. Https://Doi.Org/10.26418/Jppk.V8i9.35784
Armidi, N. L. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Vi Sd. Journal Of Education Action Research, 6(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jear.V6i2.45825
Azis, P. A., & Pertiwi, N. D. (2021). The Effect Of Cooperative Learning Model Type Team Games Tournament (Tgt) With Play Wheel Media On Students’ Interest In Biology Education Stkip Pembangunan Indonesia. Journal Of Physics: Conference Series, 1752(1), 012068. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1752/1/012068
Dalle, A., & Achmad, A. (2018). Implementasi Buku Ajar Kosakata Bahasa Jerman (Wortschatz) Berbasis Model Pembelajaran Teams-Games-Tournament (Tgt). Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Unm Ke 57, 153–164.
Denpykora, D., Reffiane, F., & Huda, C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Berbantu Media Puzzle Materi Jenis-Jenis Ekosistem Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V. International Journal Of Elementary Education, 2(4), 290. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V2i4.16107
Diah, R., & Siregar, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt (Teams Games Tournament) Modifikasi Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1033–1042. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.62775/Edukasia.V4i2.386
Fauziyah, N. E. H., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt (Teams Games Tournament) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 850–860. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.459
Firman, F., Nurmiati, N., & Nurfitrayani, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Berbantuan Media Kokami Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal Of Educational Science (Ijes), 2(1), 57–63. Https://Doi.Org/10.31605/Ijes.V2i1.529
Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 112. Https://Doi.Org/10.23887/Jp2.V1i2.19338
Nainggolan, M. K., Simaremare, J. A., & Sihombing, P. S. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Berbantu Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 2 Penemu Dan Manfaatnya Kelas Vi Uptd Sd Negeri 122368 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(6), 62–70. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i6.8116
Nisa, Z. L., Ardiansyah, L., & Rahmawati, I. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Ipas Kelas Iv Di Sdn 1 Beluk. Global Education Trends, 2(1). Https://Doi.Org/10.61798/Get.V2i1.142
Nurhasanah, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Sdn 2 Purwawinangun Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.25134/Pedagogi.V5i1.1587
Panggabean, J. H., Defi Siregar, M. S., & Rajagukguk, J. (2021). The Effect Of Teams Games Tournament (Tgt) Method On Outcomes Learning And Conceptual Knowledge In Physics Science. Journal Of Physics: Conference Series, 1819(1), 012047. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1819/1/012047
Panuntun, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (Tgt) Dan Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Sepak Bola (Dribbling) Pada Siswakelas Xi Smk Hkti 2 Banjarnegara. Journal Of Sport Coaching And Physical Education, 5(1), 19–23. Https://Doi.Org/10.15294/Jscpe.V5i1.36807
Pitriani, N. N., Noviati, P. R., & Juanda, R. Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbasis Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Di Sekolah Dasar. Pi-Math-Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, 1(1), 1–10.
Pongkendek, J. J., Parlindungan, J. Y., & Marpaung, D. N. (2019). Effectiveness Of The Application Of Team Games Tournament Cooperative Learning Model (Tgt) To Improve Learning Outcomes Of Students Of Class Xi Science 1 Sma Frater Makassar In The Principal Material Of Salt Hydrolysis. Iop Conference Series: Earth And Environmental Science, 343(1), 012228. Https://Doi.Org/10.1088/1755-1315/343/1/012228
Qomarrudin, N. R. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament ( Tgt) Terhadap Hasil Belajar Shooting Sepakbola Pada Siswa Kelas Xi Tpm Smk Satria Bareng Jombang Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Bravo’s : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 1(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.32682/Bravos.V1i1.185
Rosyida, U., Islami, N., & Azhar, A. (2022). The Effectiveness Of Cooperative Learning Model Type Tgt Assisted By Kahoot Application To Improve Students’ Cognitive Learning Outcomes Material Pressure Substance Class Viii Middle School. Journal Of Educational Sciences, 6(4), 637–644. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31258/Jes.6.4.P.637-644
Rusmiati, R., & Nugroho, A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Dengan Media Pop Up Terhadap Hasil Belajar Kelas Iv Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 241. Https://Doi.Org/10.23887/Jp2.V2i2.17914
Sabrina, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Menggunakan Media Pembelajaran Berbantuan Genially Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Minat Belajar Peserta Didik. Uin Raden Intan Lampung.
Salehoddin, S. (2021). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ppkn Tema 7 Tentang Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat Melalui Time Games Tournament (Tgt) Pada Siswa Kelas V. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 28–36.
Septiawan, I. M. A. E., Rati, N. W., & Murda, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa. Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V5i2.10688
Seran, E. B., Ladyawati, E., & Susilohadi, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 115–120. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36456/Buanamatematika.V8i2:.1749
Siahaan, H. R., & Wahyuni, I. (2018a). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Inpafi (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(1). Https://Doi.Org/10.24114/Inpafi.V6i1.9489
Siahaan, H. R., & Wahyuni, I. (2018b). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Inpafi (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.24114/Inpafi.V6i1.9489
Situmorang, D. N. R., & Pangaribuan, W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games And Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Dasarlistrik Dan Elektronika. Jevte: Journal Of Electrical Vocational Teacher Education, 1(2), 123. Https://Doi.Org/10.24114/Jevte.V1i2.29383
Sukiasih, M. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dalam Menulis Puisi Pada Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 319. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V2i3.16230
Syafitri, A., Amir, H., & Elvinawati, E. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Dengan Media Ular Tangga Dan Media Puzzle Di Kelas Xi Sma Negeri 01 Bengkulu Tengah. Alotrop, 3(2). Https://Doi.Org/10.33369/Atp.V3i2.9911
Ulfia, T., & Irwandani, I. (2019). Model Pembelajaran Kooperative Tipe Teams Games Tournament (Tgt): Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education, 2(1), 140–149. Https://Doi.Org/10.24042/Ijsme.V2i1.4220
Wahyuningsih, D., Muchson, M., Saefi, M., Muntholib, M., & Suryadharma, I. B. (2021). The Integration Effects Of Socrative Online Game In Cooperative - Teams Games Tournament (Tgt) Models To Student Learning Outcomes And Learning Motivation On Salt Hydrolysis Topic. Aip Conference Proceedings, 2330(1), 020024. Https://Doi.Org/10.1063/5.0043115
Wardana, M. K. K., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Passing Control Sepakbola. Jurnal Penjakora, 7(2), 126. Https://Doi.Org/10.23887/Penjakora.V7i2.26403
Yahya, A., & Bakri, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Dengan Aplikasi Qr Code Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 90. Https://Doi.Org/10.29407/Jmen.V5i01.12023
Zulfira, V., Anggereini, E., & Sadikin, A. (2019a). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Sma Negeri 1 Batang Hari: The Effect Of Application Of Cooperative Learning Model Type Teams Games Tourn. Biodik, 5(3), 273–285.
Zulfira, V., Anggereini, E., & Sadikin, A. (2019b). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Sma Negeri 1 Batang Hari: The Effect Of Application Of Cooperative Learning Model Type Teams Games Tourn. Biodik, 5(3), 273–285. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V5i3.8418
Zulfira, V., Anggereini, E., & Sadikin, A. (2019c). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Sma Negeri 1 Batang Hari. Biodik, 5(3), 273–285. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V5i3.8418
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten