PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.972Keywords:
Media Pembelajaran, Infografis, Kemampuan Menulis, Teks EksposisiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran infografis terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi yang disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Busana 1 yang berjumlah 31 orang, dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes menulis teks eksposisi, yang dilakukan sebelum dan sesudah penggunaan media infografis. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis siswa setelah diberi perlakuan melalui media infografis, yang dibuktikan dengan hasil uji statistik menggunakan paired sample t-test. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran infografis berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan infografis sebagai alternatif media pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam pembelajaran menulis di sekolah menengah kejuruan.
Downloads
References
Afriani, N. R., Maksum, A., & Yuliati, S. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Berbasis Android Pada Muatan Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(3), 935–942. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V8i3.2797
Anggraini, A. A., & Saputra, E. R. (2023). Implementasi Pengembangan Infografis Terintegrasi Sebagai Media Dan Suplemen Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 617–638. Https://Doi.Org/10.26811/Didaktika.V7i2.920
Azhari, M., Wingkolatin, W., & Azmi, M. (2022). Pemanfaatan Media Infografis Dalam Pembelajaran Sejarah Di Sma Al-Khairiyah Samarinda. Amarthapura: Historical Studies Journal, 1(1), 1–8.
Azizah, I., & Susanti, R. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Canva Dengan Desain Infografis Dalam Mata Pelajaran Sejarah Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 458–464.
Chairunnisa, Z., Hudhana, W. D., & Fitriani, H. S. H. (2021). Kesalahan Morfologi Pada Teks Eksposisi Siswa Smk Patriot Nusantara. Prosiding Samasta.
Dewi, A. C., Adi, E. P., & Abidin, Z. (2021). Pengembangan Infografis Melalui Instagram Sebagai Penguatan Pemahaman Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 216–224.
Firdaus, A. F., Maryuni, Y., & Nurhasanah, A. (2021). Pengembangan Infografis Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Sejarah (Materi Sejarah Revolusi Indonesia). Candrasangkala: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 7(1), 23–33. Https://Doi.Org/Https://Dx.Doi.Org/10.30870/Candrasangkala.V7i1.11417
Hasanah, U., & Afianah, V. N. (2021). Media Infografis Sebagai Upaya Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Generasi Z. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1436–1450.
Hikmah, A. S., & Hayudinna, H. G. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Infografis Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(2), 181–195. Https://Doi.Org/10.24952/Ibtidaiyah.V2i2.5548
Hikmah, S. N. A. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 2(01), 59. Https://Doi.Org/10.30739/Tarbiyatuna.V2i01.975
Indriani, S., & Amalia, F. N. (2020). Kebiasaan Membaca, Penguasaan Diksi, Dan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.52333%2fdidactique.V1i1.601
Mawarni, F., & Fitriani, Y. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Pokok Teks Eksposisi Di Kelas X Ipa 2 Sma Negeri 1 Sembawa Kabupaten Banyuasin. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(2), 133–147. Https://Doi.Org/10.31851/Pembahsi.V9i2.4293
Mijianti, Y., & Puspitosari, E. P. (2019). Peningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Metode Take And Give Dengan Pemanfaatan Strategi 3w2h. Belajar Bahasa, 4(1), 133. Https://Doi.Org/10.32528/Bb.V4i1.1873
Ningrum, F. W., Nurheni, A., Umami, S. A., & Sufanti, M. (2021). Revitalisasi Budaya Literasi Melalui Pemanfaatan Infografis Di Smk Sukawati Gemolong Kala Pandemi. Buletin Kkn Pendidikan, 161–168.
Rizawati, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi (Communication Skill) Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik Dengan Memanfaatkan Media Infografis. Edutech : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 55–63. Https://Doi.Org/10.51878/Edutech.V2i1.976
Rosmaya, E. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Di Smp. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 111. Https://Doi.Org/10.33603/Deiksis.V5i1.999
Rusmiati, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Melalui Mind Mapping Di Man 1 Aceh Timur. Basindo : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 6(2), 268. Https://Doi.Org/10.17977/Um007v6i22022p268-280
Rusmiati, R. (2022). Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Man 1 Aceh Timur. Teacher : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(3), 373–384. Https://Doi.Org/10.51878/Teacher.V2i3.1624
Sari, R. M., & Cahyani, I. (2022). Deskripsi Pengetahuan Kaidah Dan Aspek Kebahasaan Teks Serta Keterampilan Menulis Struktur Tesis Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(3; Mei), 389–402. Https://Doi.Org/10.55909/Jpbs.V1i3.57
Siburian, R. (2022). Penggunaan Model Duti-Duta Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Teks Eksposisi Pada Kelas Viii Smp Negeri 1 Parbuluan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Http://Repository.Uhn.Ac.Id/Handle/123456789/7521
Sirait, L. S., & Wasilah, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, And Creat (Radec) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Sma Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 246–251. Https://Doi.Org/10.57251/Ped.V3i2.1311
Yenti, N., Ramadhanti, D., & Laila, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1), 93–102.
Yodeska, Y. K., & Nursaid, N. (2020). Struktur Kalimat Dan Diksi Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas Viii Smp Negeri 12 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 517. Https://Doi.Org/10.24036/108242-019883
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten