PENGARUH MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.937Kata Kunci:
Motivasi Kerja, Kepala Sekolah, MBSAbstrak
Kepala Sekolah merupakan seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah dimana diselenggarakan proses belajar mengajar atau tempat dimana terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran. Dengan ini Kepala Sekolah bisa dikatakan sebagai pemimpin di satuan pendidikan yang tugasnya menjalankan manajemen satuan pendidikan yang dipimpin. Pada tataran operasional, kepala sekolah merupakan pihak yang paling depan mengkoordinasikan upaya peningkatan mutu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh motivasi kerja kepala sekolah terhadap kualitas implementasi manajemen berbasisosekolah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasildalam penelitian ini adalah siswa MIN 3 Kota Padang, sebanyak 100 orang siswa. Berdasarkan perhitungan maka diperoleh sampel penelitian sebanyak 50 orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitungusebesar 3,766 dan nilai t tabelksebesar 1,161 (t hitung > t tabel). Kemudian nilai t signifikansi dari 0,002 lebih kecil dari pengaruh signifikangterhadap kualitas penerapan MBS. Pada uji analisis korelasi multivariat , ditemukan bahwa motivasi kerja kepala sekolah berpengaruh positif terhadap mutu implementasi manajemen sekolah.
Unduhan
Referensi
Abreh, M. K. (2017). Involvement of school management committees in school-based management: experiences from two districts of Ghana. Educational Planning, 24(2), 61–75.
Al-Bataineh. (2021). The correlation between level of school happiness and teacher autonomy in jordan. International Journal of Instruction, 14(2), 1021–1036.
Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The influence of the transformational leadership and work motivation on teachers performance. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(7), 19–29.
Basuki. (2020). Evaluasi dan Supervisi Standar Kepala Sekolah dalam Peningkatan Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2), 76–87.
Çetin. (2021). The Effects of High School Principals on Student Achievement. Education Quarterly Reviews, 4(2), 627–636.
Chinenye, T. C., & Victor, A. A. (2018). Improving Secondary Education in Ondo State: An Assessment of the Contributions of School Based Management Committees (SBMCs). Online Submission, 4(8), 32–43.
Davidovitch, N., & Belichenko, M. (2018). Facebook Tools and Digital Learning Achievements in Higher Education. Journal of Education and E-Learning Research, 5(1), 8–14.
Dekawati, I. (2020). the Principal’S Leadership As the Effort To Build Students’ Character. International Journal of Educational Management and Innovation, 1(2), 109.
Felayabi. (2022). Autonomy Practiced by English Primary School Teachers to Develop Teaching Professionalism. Mimbar Sekolah Dasar, 9(1), 209–230.
Fred. (2021). Instructional Leadership Practices in Under-Enrolled Rural Schools in Miri, Sarawak. Asian Journal of University Education, 17(1), 165–176.
Gulsun, S. (2018). Development of course inspection skills of secondary and high school headmasters in Bartin province. Educational Research and Reviews, 13(6), 212–223.
Hadiyanto, Haryana, Chandra, T. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah: Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan. In repository.unp.ac.id.
Hadiyanto. (2011). Manajemen berbasis sekolah.
Hadiyanto. (2013). Manajemen Peserta Didik Bernuansa Pendidikan Karakter. In Penerbit Al-Wasath.
Hadiyanto. (2016). Teori dan Pengembangan Iklim Kelas & Iklim Sekolah. In Kencana.
Listiningrum. (2020). International Journal of Educational International Journal of Educational Review. International Journal of Educational Review, 2(1), 1–17.
Lopez. (2022). The Role, Experience, and Challenges to Headmasters of Indigenous Primary Schools amid Covid-19 in Malaysia. Asian Journal of University Education, 18(1), 231–243.
Lurah. (2014). Peran Kepala Sekolah Dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs) Di Sdit Jabal Nur Gamping, Sleman. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(2), 174–187.
Mbuik, H. B. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 28–37.
Purnomo. (2022). Implementation of School Principal Academic Supervision During the COVID-19 Pandemic in Learning. ICCCM-JOURNAL OF SOCIAL SCIENCES AND HUMANITIES, 2(1), 29–36.
Putra, A. Y. (2020). The influence of knowledge transfer through information technology implementation on headmasters’ performance in indonesian senior high school. International Journal of Education and Practice, 8(4), 652–663.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alfabeta, CV.
Sultan, F. M. M., Karuppannan, G., & Rumpod, J. (2022). Instructional Leadership Practices Among Headmasters and The Correlation with Primary Schools’ Achievement in Sabah, Malaysia. Canadian Center of Science and Education, 15(2), 50.
Summary, P. L. (2022). School-based self-management interventions improve behavioral and academic outcomes for K-12 students with challenging behaviors. Campbell Collaboration, 3(3).
Warman, W., Poernomo, S. A., Januar, S., & Amon, L. (2021). Leadership Style and Principal Supervision in Improving Teacher Performance at State High Schools in Kutai Kartanegara Regency, East Kalimantan Province, Indonesia. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(1), 17–24.
Wawan. (2017). Headmaster Leadership and Teacher Competence in Increasing Student Achievement in School. International Education Studies, 10(3), 215.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten