UPAYA SEKOLAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Penulis

  • Nurlaelah Nurlaelah Universitas Muslim Indonesia, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Subaik Subaik Universitas Muslim Indonesia, Sulawesi Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1012

Kata Kunci:

Upaya Sekolah, Penguatan, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dan Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di  SMK Negeri 2 Barru. Jenis  penelitian ai I adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan peneliti, dengan menggunakan bantuan berbagai sumber, teori, metode, dan pengamatan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum, bagian sarana dan prasarana guru PAI. Hasil penelitian, pembahasan dan analisis data/ informasi menunjukkan bahwa 1) Gambaran Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Barru dengan faktor-faktor  pendukung yaitu: peserta didik, guru/pendidik, kurikulum, ekstrakurikuler, kerjasama antara orang tua dengan pihak sekolah, sarana dan prasarana. 2) Gambaran upaya-upaya sekolah dalam penguatan pendidikan agama Islam di SMK Negeri 2 Barru. Adapun upaya-upaya penguatan yang dilaksanakan adalah upaya penguatan dengan faktor pendukung yaitu aspek: Peserta didik, guru/pendidik,  kurikulum, ekstra kurikuler dan Sarana dan prasarana. Dengan demikian pelaksanaan dan upaya penguatan pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Barru dapat berjalan dengan baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Subaik Subaik, Universitas Muslim Indonesia, Sulawesi Selatan, Indonesia

Universitas Muslim Indonesia

Referensi

Abdullah, M. A. (2017). Islamic Studies In Higher Education In Indonesia: Challenges, Impact And Prospects For The World Community. Al-Jami’ah: Journal Of Islamic Studies, 55(2), 391–426. https://doi.org/10.14421/Ajis.2017.552.391-426

Adha, M. K., & Darmiyanti, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Islam Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 917–924. https://doi.org/10.31004/Edukatif.V4i1.2008

Aladdiin, H. M. F., & Ps, A. M. B. K. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2). http://dx.doi.org/10.58836/Jpma.V10i2.6417

Alsharari, N. M. (2019). Internationalization Market And Higher Education Field: Institutional Perspectives. International Journal Of Educational Management, 34(2), 315–334. https://doi.org/10.1108/Ijem-12-2018-0402

Awwaliyah, R., & Baharun, H. (2019). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Telaah Epistemologi Terhadap Problematika Pendidikan Islam). Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(1), 34–49. http://dx.doi.org/10.22373/Jid.V19i1.4193

Badry, I. M. S., & Rahman, R. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius. An-Nuha, 1(4), 573–583.

Brooks, M. C., & Mutohar, A. (2018). Islamic School Leadership: A Conceptual Framework. Journal Of Educational Administration And History, 50(2), 54–68. https://doi.org/10.1080/00220620.2018.1426558

Diantoro, F., Purwati, E., & Lisdiawati, E. (2021). Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan Islam Dalam Pendidikan Nasional Dimasa Pandemi Covid-19. Ma’alim: Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 22–33. https://doi.org/10.21154/Maalim.V2i01.3035

Difany, S. (2021). Aku Bangga Menjadi Guru; Peran Guru Dalam Penguatan Nilai Karakter Peserta Didik (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Agama Islam). Uad Press.

Duryat, H. M. (2021). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam Di Institusi Yang Bermutu Dan Berdaya Saing. Penerbit Alfabeta.

Huda, M. (2020). Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia Dan Upaya Penguatannya Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Journal Of Islamic Education Research, 1(02), 39–53. https://doi.org/10.35719/Jier.V1i02.24

Ihsan, M. (2018). Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam Berbasis Literasi Pesantren. Libraria: Jurnal Perpustakaan, 6(1), 175. https://doi.org/10.21043/Libraria.V6i1.3832

Latifah, N. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 4(1), 648–664. https://doi.org/10.1234/Elkatarie.V4i1.4171

Pratama, Y. A. (2019). Integrasi Pendidikan Madrasah Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Studi Kebijakan Pendidikan Madrasah Di Indonesia). Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 95–112. https://doi.org/10.24042/Atjpi.V10i1.3838

Pratiwi, N. F. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Penanaman Moderasi Beragama Bagi Peserta Didik Di Smpn 2 Badegan. Iain Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/Id/eprint/19930

Roni, R. P., Nurdin, S., & Kosim, M. (2022). Problema Integrasi-Interkoneksi Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Penguatan Kebijakan Inovasi Merdeka Belajar Di Pesisir Selatan. Iq (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 153–170. Https://Doi.Org/10.37542/Iq.V5i02.679

Sada, H. J. (2017). Peran Masyarakat Dalam Pendidikan Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 117. https://doi.org/10.24042/Atjpi.V8i1.2120

Setiawan, F., Hutami, A. S., Riyadi, D. S., Arista, V. A., & Al Dani, Y. H. (2021). Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 1–22. https://doi.org/10.23971/Mdr.V4i1.2809

Solehat, T. L., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Program Penguatan Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2270–2277. https://doi.org/10.31004/Basicedu.V5i4.1202

Solihah, F. A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Penguatan Pendidikan Agama Islam Di Lingkungan Keluarga Di Desa Pujon Kidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1030

Sunarso, A. (2020). Revitalisasi Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Pendidikan Agama Islam (Pai) Dan Budaya Religius. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 155–169. https://doi.org/10.15294/Kreatif.V10i2.23609

Suradji, M. (2017). Upaya Guru Agama Islam Dalam Membina Akhlaq Siswa. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 4(1), 18–38. https://doi.org/10.52166/Dar%20el-Ilmi.V4i1.661

Sya’roni, M. (2021). Penguatan Pendidikan Agama Islam Melalui Budaya Sekolah. Cendekia, 13(02), 161–165. https://doi.org/10.37850/Cendekia.V13i02.212

Syaifuddin, M. A., & Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Muatan Lokal Di Smp Muhammadiyah 2 Taman. Palapa, 7(2), 267–285. https://doi.org/10.36088/Palapa.V7i2.358

Tolchah, M., & Mu’ammar, M. A. (2019). Islamic Education In The Globalization Era. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(4), 1031–1037. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1762

Zulaikhah, S. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Smpn 3 Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 83–93. https://doi.org/10.24042/Atjpi.V10i1.3558

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-12

Cara Mengutip

Nurlaelah, N., & Subaik, S. (2023). UPAYA SEKOLAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 385–392. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1012

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.