UPAYA SEKOLAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1012Kata Kunci:
Upaya Sekolah, Penguatan, Pendidikan Agama IslamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dan Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Barru. Jenis penelitian ai I adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan peneliti, dengan menggunakan bantuan berbagai sumber, teori, metode, dan pengamatan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum, bagian sarana dan prasarana guru PAI. Hasil penelitian, pembahasan dan analisis data/ informasi menunjukkan bahwa 1) Gambaran Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Barru dengan faktor-faktor pendukung yaitu: peserta didik, guru/pendidik, kurikulum, ekstrakurikuler, kerjasama antara orang tua dengan pihak sekolah, sarana dan prasarana. 2) Gambaran upaya-upaya sekolah dalam penguatan pendidikan agama Islam di SMK Negeri 2 Barru. Adapun upaya-upaya penguatan yang dilaksanakan adalah upaya penguatan dengan faktor pendukung yaitu aspek: Peserta didik, guru/pendidik, kurikulum, ekstra kurikuler dan Sarana dan prasarana. Dengan demikian pelaksanaan dan upaya penguatan pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Barru dapat berjalan dengan baik.
Unduhan
Referensi
Abdullah, M. A. (2017). Islamic Studies In Higher Education In Indonesia: Challenges, Impact And Prospects For The World Community. Al-Jami’ah: Journal Of Islamic Studies, 55(2), 391–426. https://doi.org/10.14421/Ajis.2017.552.391-426
Adha, M. K., & Darmiyanti, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Islam Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 917–924. https://doi.org/10.31004/Edukatif.V4i1.2008
Aladdiin, H. M. F., & Ps, A. M. B. K. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2). http://dx.doi.org/10.58836/Jpma.V10i2.6417
Alsharari, N. M. (2019). Internationalization Market And Higher Education Field: Institutional Perspectives. International Journal Of Educational Management, 34(2), 315–334. https://doi.org/10.1108/Ijem-12-2018-0402
Awwaliyah, R., & Baharun, H. (2019). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Telaah Epistemologi Terhadap Problematika Pendidikan Islam). Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(1), 34–49. http://dx.doi.org/10.22373/Jid.V19i1.4193
Badry, I. M. S., & Rahman, R. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius. An-Nuha, 1(4), 573–583.
Brooks, M. C., & Mutohar, A. (2018). Islamic School Leadership: A Conceptual Framework. Journal Of Educational Administration And History, 50(2), 54–68. https://doi.org/10.1080/00220620.2018.1426558
Diantoro, F., Purwati, E., & Lisdiawati, E. (2021). Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan Islam Dalam Pendidikan Nasional Dimasa Pandemi Covid-19. Ma’alim: Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 22–33. https://doi.org/10.21154/Maalim.V2i01.3035
Difany, S. (2021). Aku Bangga Menjadi Guru; Peran Guru Dalam Penguatan Nilai Karakter Peserta Didik (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Agama Islam). Uad Press.
Duryat, H. M. (2021). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam Di Institusi Yang Bermutu Dan Berdaya Saing. Penerbit Alfabeta.
Huda, M. (2020). Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia Dan Upaya Penguatannya Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Journal Of Islamic Education Research, 1(02), 39–53. https://doi.org/10.35719/Jier.V1i02.24
Ihsan, M. (2018). Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam Berbasis Literasi Pesantren. Libraria: Jurnal Perpustakaan, 6(1), 175. https://doi.org/10.21043/Libraria.V6i1.3832
Latifah, N. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 4(1), 648–664. https://doi.org/10.1234/Elkatarie.V4i1.4171
Pratama, Y. A. (2019). Integrasi Pendidikan Madrasah Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Studi Kebijakan Pendidikan Madrasah Di Indonesia). Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 95–112. https://doi.org/10.24042/Atjpi.V10i1.3838
Pratiwi, N. F. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Penanaman Moderasi Beragama Bagi Peserta Didik Di Smpn 2 Badegan. Iain Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/Id/eprint/19930
Roni, R. P., Nurdin, S., & Kosim, M. (2022). Problema Integrasi-Interkoneksi Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Penguatan Kebijakan Inovasi Merdeka Belajar Di Pesisir Selatan. Iq (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 153–170. Https://Doi.Org/10.37542/Iq.V5i02.679
Sada, H. J. (2017). Peran Masyarakat Dalam Pendidikan Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 117. https://doi.org/10.24042/Atjpi.V8i1.2120
Setiawan, F., Hutami, A. S., Riyadi, D. S., Arista, V. A., & Al Dani, Y. H. (2021). Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 1–22. https://doi.org/10.23971/Mdr.V4i1.2809
Solehat, T. L., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Program Penguatan Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2270–2277. https://doi.org/10.31004/Basicedu.V5i4.1202
Solihah, F. A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Penguatan Pendidikan Agama Islam Di Lingkungan Keluarga Di Desa Pujon Kidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1030
Sunarso, A. (2020). Revitalisasi Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Pendidikan Agama Islam (Pai) Dan Budaya Religius. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 155–169. https://doi.org/10.15294/Kreatif.V10i2.23609
Suradji, M. (2017). Upaya Guru Agama Islam Dalam Membina Akhlaq Siswa. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 4(1), 18–38. https://doi.org/10.52166/Dar%20el-Ilmi.V4i1.661
Sya’roni, M. (2021). Penguatan Pendidikan Agama Islam Melalui Budaya Sekolah. Cendekia, 13(02), 161–165. https://doi.org/10.37850/Cendekia.V13i02.212
Syaifuddin, M. A., & Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Muatan Lokal Di Smp Muhammadiyah 2 Taman. Palapa, 7(2), 267–285. https://doi.org/10.36088/Palapa.V7i2.358
Tolchah, M., & Mu’ammar, M. A. (2019). Islamic Education In The Globalization Era. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(4), 1031–1037. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1762
Zulaikhah, S. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Smpn 3 Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 83–93. https://doi.org/10.24042/Atjpi.V10i1.3558
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten