THE ROLE OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHERS: PROBLEMS IN EVALUATING STUDENT LEARNING OUTCOMES IN JUNIOR HIGH SCHOOLS
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1060Kata Kunci:
Peran Guru (PAI), Evaluasi, Hasil Belajar, ProblematikaAbstrak
Penelitian ini didasari atas isu-isu dalam evaluasi hasil belajar siswa yang belum tergali di aspek pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan guru pendidikan agama Islam dalam konteks sekolah menengah pertama dan dampak problematika yang dihadapi oleh mereka terhadap evaluasi hasil belajar siswa. Melalui peninjauan literatur dan analisis terhadap data sekunder dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini menyajikan gambaran yang komprehensif tentang tantangan dan peran penting guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang agama Islam dan penerapan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam mengevaluasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 11 Desa Sungai Tuak Tanah Grogot. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan guru PAI di SMPN 11 Desa Sungai Tuak Tanah Grogot. Wawancara (interview) dilakukan guna memperoleh informasi mengenai apa saja peran guru PAI dalam mengevaluasi hasil belajar peserta didik. Hasil wawancara ini memperoleh jenis evaluasi yang diterapkan oleh guru PAI, Media/alat yang digunakan dalam mengevaluasi, kegiatan-kegiatan PAI yang terdapat di sekolah tersebut, metode dalam mengevaluasi, problematika dalam mengevaluasi dan faktor pendukung, faktor penghambat serta solusi pemecahannya terhadap problematika tersebut.
Unduhan
Referensi
Adiyono, A. (2020). Pendekatan Pendidikan Islam Dalam Penerapan Manajemen. FIKRUNA, 2(1), 74-90.
Halimah, N., & Adiyono, A. (2022). Unsur-Unsur Penting Penilaian Objek Dalam Evaluasi Hasil Belajar. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 2(1), 160-167.
Iman, B., Nuris, M., & Syaripuddin, R. (2023). Integrated Technology In Learning Viewed From The Lens 0f 21st Century Education: A Qualitative Study On Teacher’s Efforts In Improving Islamic Education Quality. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01).
Julaiha, J., Jumrah, S., & Adiyono, A. (2023). Pengelolaan Administrasi Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah. Journal on Education, 5(2), 3108-3113. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.970
Kabariah, S., & Adiyono, A. (2023). Efforts to Use Technology Effectively in Supporting the Implementation of Educational Supervision. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(1), 63-78.
Mardhatillah, A., Fitriani, E. N., Ma’rifah, S., & Adiyono, A. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sma Muhammadiyah Tanah Grogot. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal, 2(1), 1-17.
Nashir, A., & Salenda, S. (2020). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar. PILAR, 11(1).
Rahayuningtias, Z. D. (2021). Penerapan Model Pengembangan Kurikulum PAI SMA Negeri 1 Batu Engau. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 72-80.
Syaripuddin, R., & Ammade, S. (2023). Designing English Instructional Model: An Integrated Technology in ESP for Biological Students. Eduvelop: Journal of English Education and Development , 6(2), 103-113. https://doi.org/10.31605/eduvelop.v6i2.2291
Sawaluddin, S., & Muhammad, S. (2020). Langkah-langkah dan teknik evaluasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(1).
Warsah, I., & Habibullah, H. (2022). Implementasi Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(1), 213-225.
Wati, F., Kabariah, S., & Adiyono, A. (2022). Penerapan Model-Model Pengembangan Kurikulum Di Sekolah. Adiba: Journal Of Education, 2(4), 627-635.
Wati, W. C. (2022). Analisis Standar Hasil Evaluasi Melalui Proses Belajar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 170-176. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i2.815
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten