PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1128Kata Kunci:
Hasil Belajar, STAD, PerbandinganAbstrak
Permasalahan belajar yang dialami oleh siswa adalah kurang berkonsentrasi saat guru menerangkan materi. Guru masih kurang melibatkan siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model STAD dan model Direct Instruction (DI) pada materi perbandingan. Survei ini dilakukan di SMPN 8 Bitung pada tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan posttest only control group design . Pemilihan sampel dipilih melalui hasil pretest dari ketiga kelas. Berdasarkan nilai pretest, kelas yang sama dan homogen adalah kelas VII A dan VII B. Melalui pengundian, kelas VII A sebagai kelas kontrol dan VII B sebagai eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa test diakhir pertemuan. Hasil belajar diperoleh dari data hasil belajar siswa yang diperoleh dari ujian akhir (posttest) berupa test. Statistik penelitian dianalisis dengan menggunakan uji dua rata-rata (uji t) yang menunjukkan bahwa thitung=1,991 > ttabel=1,677 dengan H0 ditolak dalam uji selisih dua rata-rata (uji-t) pada taraf nyata α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model DI pada materi perbandingan
Unduhan
Referensi
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. Aksioma : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 51-62.
Idayani, N. P. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model STAD terhadap Keaktifan dan Hasil belajar Kelas VII SMPN 3 Kubu. Journal of Education Action Research, 2(1), 30-39.
Isro'il, A., & Supriyanto. (2020). Berpikir dan Kemampuan Matematika. Surabaya: JDS .
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Mujazi. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(5), 448-457.
Nuraeni, S. E., Afghohani, A., & Exacta, A. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. Jurnal pendidikan, sains sosial, dan Agama, 6(2), 1-5.
Nurani, S. E., Afghohani, A., & Exacta, A. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatof Tipe STAD terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Agama, 6(2), 1-5.
Oroh, T. I., Pesik, A., & Tumalun, N. K. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Pada Pokok Pembahasan Segitiga di Kelas VII SMP Negeri 1 Tombatu. Jurnal Sains Riset, 12(3), 594-598.
Patmanidar. (2021). Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS) Di Sekolah Dasar. DE_Journal ( Dharmas Education Journal), 2(1), 79-90.
Sasomo, B. (2021). Pengembangan Pembelajaran Student Teams Acheivement Division (STAD) - Virtual melalui Breakout Room pada Aplikasi Zoom Meeting. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(1), 65-74.
Septian, A., Agustina, D., & Maghfirah, D. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Acheivement Division (STAD) untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Mathema Journal, 2(2), 10-22.
Siparmini, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 5(1), 67-73.
Sudarsana, I. K. (2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Development, 2(1), 176-186.
Sugiono, P. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta CV.
Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Suparsawan, I. K. (2021). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal of Education Development, 1(4), 607-620.
Walpole, R. (1993). Pengantar Statistika edisi 3. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten