ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MENURUT PROSEDUR NEWMAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 LANGOWAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1129Kata Kunci:
Analisis Kesalahan, Soal Cerita Matematika, Prosedur NewmanAbstrak
Penelitian ini bertujuan menguraikan kesalahan siswa menggunakan pendekatan Newman dalam mengerjakan permasalahan topik geometri bersisi datar kelas VIII SMP N 2 Langowan. Metode dalam peneliti ini, yakni inkuiri kualitatif. Teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Subjeknya, yaitu 26 siswa kelas VIII C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses penyelesaian masalah terdapat kesalahan yang dilakukan para siswa melibatkan geometri bersisi datar pada tahap comprehension dengan persentase sebesar 18,4%, tahap transformation dengan persentase sebesar 28,4%, tahap process skill dengan persentase 44,6%, dan tahap encoding dengan persentase 51,5%.
Unduhan
Referensi
Almadiliana, Saputra, H. H., & Setiawan, H. (2021). Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 57-65.
Fitry, R. S., Khamdun, & Ulya, H. (2022). Analsisi Kesalaha Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V di SDN Ronggo 03 Kecamatan Jaken. Jural Inovasi Penelitian, 2(8), 2433-2442.
Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Kalengkongan, L. N., Regar, V. E., & Mangelep, N. O. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Program Linear Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 2(2), 31-38.
Karinda, A. V., Tumalun, N. K., & Kaunang, D. F. (2023). Analsis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika dengan Model Skematik Fong. Jurnal Education and Development, 11(2), 207-213.
Karouw, A. A., Tumalun, N. K., & Monoarfa, J. F. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Aljabar Menggunakan Prosedur Newman. Jurnal Sains Reset, 13(1), 41-46.
Kumening, A. S., Ramadhani, L., & Putranto, S. (2023). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di SMP Swasta Pedesaan. Dharmas Education Journal, 4(1), 133-140.
Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1), 52-62.
Lestari, L., & Afriansyah, E. A. (2022). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Bangun Ruang Sisi Lengkung Menggunakan Prosedur Newman. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(2), 125-138.
Newman, M. A. (1997). An Analysis of Sixth-Grade Pupils Error on Written Matematical Tasks. Victorian Institute for Education Research Bulletin, 3(9), 31-43.
Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 98-102.
Oroh, V., Manurung, O., & Tumalun, N. K. (2022). Analsisi Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Matriks. Jurnal of Education, 2(2), 282-291.
Rohati. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Materi Bangun Ruang dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 61-73.
Satori, D., & Komariyah, A. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika dalam Perspektif Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, 7(2), 61-73.
Sughesti, M. M., Muhsetyo, G., & Susanto, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan dan Penyebabnya. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 4(2), 1-10.
Yunia, N., & Zanthy, L. S. (2020). Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Teori dan Riset Matematika, 5(1), 105-116.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten