INOVASI PEMBELAJARAN DI NAHDLATUL WATHAN (STUDI PADA MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN HAMZANWADI II NW ANJANI)

Penulis

  • Muhtamin Muhtamin Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Zihniatul Ulya Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Fahrurrozi Fahrurrozi Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Zainudin Zainudin Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1168

Kata Kunci:

Inovasi, Pembelajaran, dan Nahdlatul wathan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi inovasi pembelajaran yang diterapkan di Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) Hamzanwadi II NW Anjani, yang merupakan bagian dari Nahdlatul Wathan. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan pemahaman komprehensif tentang praktik inovatif dalam pembelajaran di madrasah ini serta mengidentifikasi dampaknya terhadap siswa dan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi kelas, dan analisis dokumen. Melalui analisis data yang mendalam, penelitian ini mengidentifikasi beberapa inovasi pembelajaran yang diimplementasikan di MAK Hamzanwadi II NW Anjani. Inovasi tersebut mencakup penggunaan teknologi dalam pembelajaran, pengembangan metode pengajaran yang interaktif, dan penggunaan sumber daya pembelajaran yang beragam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran yang diterapkan di madrasah ini memiliki dampak positif terhadap siswa dan proses pembelajaran. Siswa menunjukkan tingkat motivasi yang tinggi, keterlibatan yang aktif, dan peningkatan pencapaian akademik. Selain itu, inovasi pembelajaran juga mendorong pengembangan keterampilan sosial, kritis, dan kreatif pada siswa. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang praktik inovatif dalam pembelajaran di MAK Hamzanwadi II NW Anjani, dapat menjadi acuan bagi pengembangan strategi pembelajaran inovatif di madrasah dan institusi serupa. Implikasi penelitian ini dapat memberikan sumbangan berharga bagi pengembangan pendidikan Islam dan pengambil kebijakan di bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pencapaian siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdul Hamid, B. A. S. 2009. Ibadah. Bandung: Pustaka Setia.

Ahmadi, Ari Setyono, D. 2011. Pembelajaran Akselerasi: Analisis Teori dan Praktik Serta Pengaruhnya Terhadap Mekanisme Pembelajaran dalam Kelas Akselerasi. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Arifin. 2003. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, rika pristian. 2023. implementasi metode pembelajaran discovery learning berbantu moodle pada mata kuliyah ekonomi regional. Dharmas Education Journal, 4.

Cut Rina, TB. Endayani, M. A. 2020. Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al-Azkiya: Jurnal Pendidikan MI/SD, 5(2): 156.

Djamarah, S. B. 2014. Inovasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ginting, A. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Hawi, A. 2014. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hikma, N. 2020. Strategi Pembelajaran Guru Dalam Memotivasi Mengkaji Kitab pada Peserta Didik di MAN Palopo. IAIN Palopo, 85.

Moleong, L. J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. 2009. Rekontruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Nazir, M. 2012. metode penelitian. Remaja Rosdakarya.

Pannen Paulina, P. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Universitas Terbuka.

Purwanto, S. 2004. Pendekatan Inovatif Instructional System Design dalam Perancangan dan Pengembangan Bahan Ajar. Dalam Dwi Padmo. Teknologi Pembelajaran: Peningkatan Kualitas Belajar melalui Teknologi Pembelajaran. Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.

Rohman, Muhammad Rofiqur, Achmad Qosim, and K. K. 2023. Penerapan Manajemen Mutu Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Di MI Al Azhar Tahun Pelajaran. Faidatuna, 4, 189-203.

Sugiarto. 2019. Implementasi Pembelajaran Materi Ibadah Menggunakan Media Grafis di MTs Al-Amanah Waikaya Kecamatan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah. Iain Palu, 63.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (19th ed.). Alfabeta.

Trianto, J. D. dalam. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresf. Kencana Prenada Media Grup.

Yuhanis. 2020. Implementasi Pembelajaran Fikih dalam meningkatkan Pengamalan Ibadah Praktis Siswa Kelas VII di MTs Bandar Lampung. In UIN Raden Intan Lampung.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-12

Cara Mengutip

Muhtamin, M., Ulya, Z. ., Fahrurrozi, F., & Zainudin, Z. (2023). INOVASI PEMBELAJARAN DI NAHDLATUL WATHAN (STUDI PADA MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN HAMZANWADI II NW ANJANI). Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 893–992. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1168

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.