UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR WUDHU MELALUI METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN 14 SITIUNG
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.117Kata Kunci:
Minat Belajar, Metode DemontrasiAbstrak
Minat pada proses pembelajaran merupakan sebuah kebiasaan peserta didik dalam mengamati, terlibat, serta merasakan keikutsertaan pada kegiatan pembelajaran dengan diiringi rasa gembira. Minat memegang peran penting pada proses pembelajaran, disebebkan oleh materi belajar yang dijelaskan oleh guru harus disesuaikan dengan minat dari peserta didik, bila materi belajar tidak menarik maka menyebabkan rendahnya daya tarik dari dalam diri siswa untuk mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, pelaksanaan kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 14 Sitiung. Data yang diperoleh berupa lembar pengamatan kegiatan belajar mengajar. Hasil analisa penelitian ini didapatkan bahwa Hasil Belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I sampai siklus II yaitu, pra siklus (48%), siklus I (63%), dan siklus II (86%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode demontrasi dapat meningkatkan minat belajar siswa SDN 14 Sitiung tahun ajaran 2019/2020, sehingga metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD.
Unduhan
Referensi
Ahmad, J. (2018). Paradigma pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. In Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah.
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. ABDIMAS UNWAHAS. https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690
Francisco, A. R. L. (2013). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK). Journal of Chemical Information and Modeling.
Lastriningsih, L. (2017). Peningkatan berpikir kritis dan prestasi belajar melalui metode inquiry pada siswa kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7714
Mawangir, M. (2014). ZAKIAH DARADJAT DAN PEMIKIRANNYA TENTANG PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KESEHATAN MENTAL. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, Dan Fenomena Agama.
Murti, M. S. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005 – 2025. In UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 17 TAHUN 2007 (Vol. 46, pp. 171–174). https://doi.org/10.2320/materia.46.171
Poniman Adyanto. (2015). Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam. Sabilarrasyad.
Purnomo, B. H. (2011). Metode dan Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jurnal Pengembangan Pendidikan.
Rudyana, Y., & Yani, A. R. (2014). Multimedia Interaktif Belajar Adab Wudhu, Shalat Dan Doa Setelah Shalat. Createvitas.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten