PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1275Kata Kunci:
Teams Games Tournament, Baamboozle, Keaktifan Belajar, Hasil BelajarAbstrak
Keaktifan belajar dan hasil belajar menjadi tolak ukur dalam mencapai tujuan pembelajaran. Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI AKL di SMKS Budi Agung Medan yang berjumlah 33 orang siswa dengan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbasis media Baamboozle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keaktifan belajar dan tes hasil belajar. Penelitian menggunakan dua analisis data, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar pada siklus I memperoleh persentase 67,73% dan mengalami peningkatan menjadi 84,24% pada siklus II. Hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I memperoleh persentase 45,45% dengan nilai rata-rata 80,61 dan mengalami peningkatan pada siklus II yakni 100% dengan nilai rata-rata 92,27. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbasis Baamboozle dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di SMKS Budi Agung Medan.
Unduhan
Referensi
Amni, Z., Ningrat, H. K., & -, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Destinasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2840–2848. Https://Doi.Org/10.15294/Jipk.V15i2.25716
Armidi, N. L. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Vi Sd. Journal Of Education Action Research, 6(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jear.V6i2.45825
Artama, S., Djollong, A. F., Ismail, Lubis, L. H., Kalbi, Yulianti, R., Mukarramah, Mardin, H., Ibrahim, M. B., Fatih, T. A., Holifah, L., & Diana, P. Z. (2023). Evaluasi Hasil Belajar.
Aulia, T., Titin, T., & Wahyuni, E. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization Di Kelas Vii Mts Al-Muhajirin Rasau Jaya. Ptk: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 229–241. Https://Doi.Org/10.53624/Ptk.V4i2.318
Azis, P. A., & Pertiwi, N. D. (2021). The Effect Of Cooperative Learning Model Type Team Games Tournament (Tgt) With Play Wheel Media On Students’ Interest In Biology Education Stkip Pembangunan Indonesia. Journal Of Physics: Conference Series, 1752(1), 012068. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1752/1/012068
Diamanda Yuana Putri, K. (2023). Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pada Bidang Akuntansi Dengan Penerapan Model Teams Games Tournament Kooperatif. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(3), 1137–1148. Https://Doi.Org/10.47668/Pkwu.V11i3.954
Educatio, J., Mutiara, T. M., Guru, P. P., Sriwijaya, U., Guru, P. P., & Sriwijaya, U. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Baamboozle Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ppkn Kelas Xi Sma. 10(4), 1233–1240.
Ismah, Z., & Ernawati, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Smp Ditinjau Dari Kerjasama Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 82–85. Https://Doi.Org/10.29303/Jpm.V13i1.576
Kooperatif, M. P. (2024). Model-Pembelajaran-Kooperatif-Ebook Aprido Dkk.
Kulsum, U. (2023). Model Problem-Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Peserta Didik. Penerbit P4i.
Lathif, Muhammad Ichsan Abdul Manjilah, E. L., Aguilera, F. V., & Khayriyah, Navita Wafiq Amaliyah, F. (2023). Pengaruh Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Dalam Kelas 5 Sd 2 Dersalam. Prosiding Conference Of Elementary Studies, 472–481.
Mukminah, M., Fitriani, E., Mahsup, M., & Syaharuddin, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2), 1. Https://Doi.Org/10.31764/Justek.V2i2.3533
Nurhasanah, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Sdn 2 Purwawinangun Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.25134/Pedagogi.V5i1.1587
Pagarra H & Syawaludin, D. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit Unm.
Panggabean, J. H., Defi Siregar, M. S., & Rajagukguk, J. (2021). The Effect Of Teams Games Tournament (Tgt) Method On Outcomes Learning And Conceptual Knowledge In Physics Science. Journal Of Physics: Conference Series, 1819(1), 012047. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1819/1/012047
Parhusip, G. D., Kristanto, Y. D., & Partini, P. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt). Jipm (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 293. Https://Doi.Org/10.25273/Jipm.V11i2.13816
Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan Antara Gaya Belajar Dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 83. Https://Doi.Org/10.32939/Ejrpm.V2i2.406
Sinta, D. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Dan Instansi Pemerintah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(2), 90–95. Https://Doi.Org/10.54124/Jlmp.V20i2.107
Situmorang, D. N. R., & Pangaribuan, W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games And Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Dasarlistrik Dan Elektronika. Jevte: Journal Of Electrical Vocational Teacher Education, 1(2), 123. Https://Doi.Org/10.24114/Jevte.V1i2.29383
Susanti, A., Susanti, S. A., & Setiawan, D. (2024). Pemanfaatan Bamboozle Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Di Kelas Xi Smkn 2 Surakarta. Jurnal Sains Student Research, 2(3), 930–942.
Tanjung, E. S., & Theresia, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V Sd Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan. Jurnal Jipdas (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 2(2), 22–28. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37081/Jipdas.V2i2.319
Utari, F. D., Barlian, I., & Deskoni, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Muhammadiyah 2 Palembang. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 40–49. Https://Doi.Org/10.36706/Jp.V5i1.5635
Verina, H. T., Mustikarani, N., Maghfiroh, S. M. N., Segara, N. B., & Wuliono. (2024). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Tgt Bantuan Media Bamboozle Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(0), 1–23.
Yahya, A., & Bakri, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Dengan Aplikasi Qr Code Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 90. Https://Doi.Org/10.29407/Jmen.V5i01.12023
Yuliyanto, A., Sofiasyari, I., Fasrikhin, L., & Rogibah. (2023). Model-Model Pembelajaran Untuk Sekolah Dasar. In Nber Working Papers.
Yunanda, H., Advinda, L., & Sumarmin, R. (2018). Effects Of Cooperative Learning Model Type Games Teams Tournament (Tgt) And Entry Behavior Student To Learning Competence Class Xi Ipa Senior High School 1 Lengayang. International Journal Of Progressive Sciences And Technologies (Ijpsat), 6(2), 329–339. Https://Doi.Org/Http://Ijpsat.Ijsht-Journals.Org/
Yunita, A., Juwita, R., & Kartika, S. E. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 23–34. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V9i1.606
Zulfira, V., Anggereini, E., & Sadikin, A. (2019a). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Sma Negeri 1 Batang Hari: The Effect Of Application Of Cooperative Learning Model Type Teams Games Tourn. Biodik, 5(3), 273–285. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V5i3.8418
Zulfira, V., Anggereini, E., & Sadikin, A. (2019b). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Sma Negeri 1 Batang Hari. Biodik, 5(3), 273–285. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V5i3.8418
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten