PENGARUH PENERAPAN K-13 TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN SD/MI DI KAB. MADIUN PADA MASA PANDEMI

Penulis

  • Fitria Rizqi Y Universitas PGRI Madiun
  • Ridzo Ayu Safitri Universitas PGRI Madiun
  • Hani’atul Mukharomah Universitas PGRI Madiun
  • Meliana Safitri Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.144

Kata Kunci:

Kurikulum 2013, kendala, sistem pembelajaran

Abstrak

Kurikulum adalah hal yang sangat penting dalam manajemen pendidikan. Saat ini sebagian besar sekolah di Indonesia telah menerapkan kurikulum 2013 sebagai acuan dasarnya. Akan tetapi dengan adanya kondisi pandemi seperti ini, penerapan kurikulum 2013 tersebut mengalami problematika bagi pendidik maupun peserta didik. Pembelajaran jarak  jauh membuat metode student center yang terdapat pada kurikulum 2013 menjadi lebih sulit untuk terlaksana dengan maksimal. Selain itu beberapa problematika juga dirasakan baik oleh guru, peserta didik, bahkan juga wali murid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan K-13 di masa pandemi saat ini, mengetahui apa saja kendala yang dialami SD/MI saat pandemi, dan mengetahui sistem pembelajaran yang diterapkan selama masa pandemic. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu wawancara terpimpin kepada Bapak/Ibu Guru/Tenaga Kependidikan di beberapa sekolah dasar yang ada di Kabupaten Madiun utamanya di Madiun Selatan. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Absor, N. F. (2020). Pembelajaran Sejarah Abad 21 : Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Journal of History Education, 2(1), 30–35.

Aqila, F. Y., Riyandanie, O. G., Fauziah, R. N., & Giri, R. S. (2017). Pengalaman Remaja Berusia Di Bawah 18 Tahun Dalam Bermain Grand Theft Auto Game. Jurnal Psikologi Undip, 16(1), 54. https://doi.org/10.14710/jpu.16.1.54-63

Ayuningtiyas, C., Fitriana, S., & Dian, M. P. (2020). Regulasi Emosi Siswa Dalam pembelajaran Daring. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 107–113. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.

Fitriani, D., Putri, W. S., & Khoiriyah, Z. H. (2020). Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Mutu Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 29–43. https://doi.org/10.30868/im.v3i01.649

Gumilang Galang Surya. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).

Kamalia, W., Suyati, T., & Maulia, D. (2020). Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Daring Selama Masa Pandemik Covid 19. Dharmas Education Journal, 1(2), 96–106. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/125

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184

Rachmawati, T. (2016). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian. 25 Febuari, 1, 1–3.

Rahmawati, A. N. (2018). Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 114. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.14227

Saleh, A. M. (2020). Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 2(2), 24–24.

Susilana, R. (2015). Modul Populasi dan Sampel. Modul Praktikum, 3–4.

Yunus, A. (2012). Model Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Beroreintasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(2), 164–178. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.1301.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-20

Cara Mengutip

Y, F. R., Safitri, R. A. ., Mukharomah, H. ., Safitri, M. ., & Darmadi, D. (2021). PENGARUH PENERAPAN K-13 TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN SD/MI DI KAB. MADIUN PADA MASA PANDEMI. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.144

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.