PENGARUH PENERAPAN K-13 TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN SD/MI DI KAB. MADIUN PADA MASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.144Kata Kunci:
Kurikulum 2013, kendala, sistem pembelajaranAbstrak
Kurikulum adalah hal yang sangat penting dalam manajemen pendidikan. Saat ini sebagian besar sekolah di Indonesia telah menerapkan kurikulum 2013 sebagai acuan dasarnya. Akan tetapi dengan adanya kondisi pandemi seperti ini, penerapan kurikulum 2013 tersebut mengalami problematika bagi pendidik maupun peserta didik. Pembelajaran jarak jauh membuat metode student center yang terdapat pada kurikulum 2013 menjadi lebih sulit untuk terlaksana dengan maksimal. Selain itu beberapa problematika juga dirasakan baik oleh guru, peserta didik, bahkan juga wali murid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan K-13 di masa pandemi saat ini, mengetahui apa saja kendala yang dialami SD/MI saat pandemi, dan mengetahui sistem pembelajaran yang diterapkan selama masa pandemic. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu wawancara terpimpin kepada Bapak/Ibu Guru/Tenaga Kependidikan di beberapa sekolah dasar yang ada di Kabupaten Madiun utamanya di Madiun Selatan.
Unduhan
Referensi
Absor, N. F. (2020). Pembelajaran Sejarah Abad 21 : Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Journal of History Education, 2(1), 30–35.
Aqila, F. Y., Riyandanie, O. G., Fauziah, R. N., & Giri, R. S. (2017). Pengalaman Remaja Berusia Di Bawah 18 Tahun Dalam Bermain Grand Theft Auto Game. Jurnal Psikologi Undip, 16(1), 54. https://doi.org/10.14710/jpu.16.1.54-63
Ayuningtiyas, C., Fitriana, S., & Dian, M. P. (2020). Regulasi Emosi Siswa Dalam pembelajaran Daring. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 107–113. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.
Fitriani, D., Putri, W. S., & Khoiriyah, Z. H. (2020). Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Mutu Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 29–43. https://doi.org/10.30868/im.v3i01.649
Gumilang Galang Surya. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).
Kamalia, W., Suyati, T., & Maulia, D. (2020). Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Daring Selama Masa Pandemik Covid 19. Dharmas Education Journal, 1(2), 96–106. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/125
Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184
Rachmawati, T. (2016). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian. 25 Febuari, 1, 1–3.
Rahmawati, A. N. (2018). Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 114. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.14227
Saleh, A. M. (2020). Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 2(2), 24–24.
Susilana, R. (2015). Modul Populasi dan Sampel. Modul Praktikum, 3–4.
Yunus, A. (2012). Model Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Beroreintasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(2), 164–178. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.1301.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten