IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASESSMENT PADA PENDIDIKAN VOKASI TEKNIK INFORMATIKA
IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASESSMENT PADA PENDIDIKAN VOKASI TEKNIK INFORMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.147Kata Kunci:
Authentic Asesssement, Pembelajaran Abad 21, ImplementasiAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi masih minimnya kompetensi yang dimiliki pendidik dalam menerapkan penilaian yang efektif dan bermakna serta sesuai dengan kurikulum pendidikan tinggi berbasis kompetensi di abad 21. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman dosen tentang authentic asessmen, Implementasi dan kesesuaian authentic asessment dalam pembelajaran jaringan komputer, Persepsi dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan authentic asessmen, dan kendala dosen dalam mengimplementasikan penilaian autentik dalam pembelajaran jaringan komputer di program studi teknik informatika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi subjek 6 orang dosen prodi teknik informatika dan 34 mahasiswa yang mengambil mata kuliah jaringan komputer. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan telaah dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa; Pengetahuan dan kompetensi dosen cukup memadai untuk membuat penilaian otentik sesuai dengan standar penilaian otentik. Dosen sudah mampu menyusun perangkat penilaian otentik, dan mampu menngunakan media penilaian otentik berbasis web. Persepsi dosen dan mahasiswa terhadap authentic asessment dalam hal perencanaan, implementasi teknik dan instrumen dalam menilai ketiga aspek pembelajran masuk dalam kategori baik. Keterbatasan waktu, jumlah komponen/kriteria, kurangnya motivasi mahasiswa dalam pembelajaran yang inovatif masih menjadi kendala dalam pelaksanaan penilaian. Secara keseluruhan penilaian authentic telah diterapkan dengan baik sebagai sebuah inovasi penilaian di pendidikan abad 21.
Unduhan
Referensi
Association, N. E. (2010). Preparing 21st Century Students for a Global Society: An Educator’s Guide to the “Four Cs. 38.
Bialik, M., & Fadel, C. (2015). Skills for the 21st centuty: What should studenst learn? Center for Curriculum Redesign, (May), 1–18.
Efendi, R., Jama, J., & Yulastri, A. (2019). Development of Competency Based Learning Model in Learning Computer Networks. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012109
Eko Risdianto. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0.
Friadi, J., Ganefri, Ridwan, & Efendi, R. (2020). Development of product based learning-teaching factory in the disruption era. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(6), 1887–1898.
Majid, A. (2015). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. PT. Remaja Rosdakarya.
Mueller, J. (2005). The Authentic Assessment Toolbox : Enhancing Student Learning through Online Faculty Development. Merlot Journal of Online Learning & Teaching, 1(1), 7.
Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2007). Educational Assessment of Students. Pearson Merrill Prentice Hall.
Peppler, K. (2017). 21st-Century Skills. The SAGE Encyclopedia of Out-of-School Learning. https://doi.org/10.4135/9781483385198.n301
RISTEKDIKTI. (2018). Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. RISTEKDIKTI. Retrieved from http://www.kopertis6.or.id/component/content/article/49/4107-pengembangan-iptek-dan-pendidikan-tinggi-di-era-revolusi-industri-40.html
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial, Teknik. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2010). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryana, F., Jalinus, N., Rahmad, R., & Efendi, R. (2020). Cooperative Project Based Learning Models in Programming Languages : A Proposed. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(06), 1876–1886.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Retrieved from www.josseybass.com%0ANo
Villarroel, V., Bloxham, S., Bruna, D., Bruna, C., & Herrera-Seda, C. (2018). Authentic assessment: creating a blueprint for course design. Assessment and Evaluation in Higher Education, 43(5), 840–854. https://doi.org/10.1080/02602938.2017.1412396
Wangid, M. N., Mustadi, A., Senen, A., & Herianingtyas, N. L. R. (2017). The evaluation of authentic assessment implementation of Curriculum 2013 in Elementary School. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 104. https://doi.org/10.21831/pep.v21i1.15779
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten