ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Penulis

  • Elvarisna Elvarisna Universitas Islam Mahmud Yunus Batusangkar, Sumatera Barat, Indonesia
  • Rahmi Sari Universitas Islam Mahmud Yunus Batusangkar, Sumatera Barat, Indonesia
  • Sri Zahara Universitas Islam Mahmud Yunus Batusangkar, Sumatera Barat, Indonesia
  • Miftahul Marsena Universitas Islam Mahmud Yunus Batusangkar, Sumatera Barat, Indonesia
  • Sri Rahmi Universitas Islam Mahmud Yunus Batusangkar, Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1623

Kata Kunci:

Kebijakan Pendidikan, Tenaga Kependidikan, Systematic Literature Review, Evaluasi Kebijakan, Pendidikan Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mensintesis berbagai literatur terkait kebijakan pendidikan dan tenaga kependidikan di Indonesia melalui pendekatan systematic literature review. Fokus kajian mencakup tiga aspek utama: (1) implementasi kebijakan pendidikan nasional, (2) pengembangan kompetensi tenaga kependidikan, dan (3) efektivitas kebijakan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Metode penelitian menggunakan systematic literature review dengan menganalisis artikel ilmiah, dokumen kebijakan, dan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam rentang waktu 2018-2023. Pencarian literatur dilakukan melalui buku, database Google Scholar, SINTA, dan Portal Garuda dengan menggunakan kata kunci yang relevan. Dari total 100 artikel yang diidentifikasi, 50 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dianalisis secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan penting: Pertama, terdapat kesenjangan antara formulasi dan implementasi kebijakan pendidikan di lapangan. Kedua, pengembangan kompetensi tenaga kependidikan masih menghadapi berbagai tantangan struktural dan teknis. Ketiga, efektivitas kebijakan pendidikan sangat dipengaruhi oleh faktor kepemimpinan, budaya organisasi, dan dukungan pemangku kepentingan. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk perbaikan kebijakan pendidikan dan pengembangan tenaga kependidikan di Indonesia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardhi, S., & Hadlun. (2022). Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Guru Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v1i2.14

Aristi, N., & Hafiar, H. (2014). ANALISIS BEBAN KERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI FAKULTAS Y UNIVERSITAS X. Jurnal Kajian Komunikasi. https://doi.org/10.24198/jkk.vol2n1.5

Asrin. (2021). Tantangan Manajemen Pendidikan di Era Global-Digital ( Investasi Karakter dan Teknologi ). Prosiding Simposium Nasional APMAPI, ISMAPI, FIP UM 2021 Tantangan.

Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120

Fauzi, H., & Syafar, D. (2017). Studi Tentang Kebijakan Guru Honorer Sekolah. TADBIR Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Firmansyah, F., Amin, M., Wadud, A. A., & Alwi, A. H. I. (2024). Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningatkan Mutu Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3798

Gontor, D. (2020). KEWAJIBAN MENUNTUT ILMU: DALIL DARI AL QUR’AN DAN HADIST. 19 0ctober.

Gustina, M. (2023). Membuka Cakrawala Pendidikan dan Mengatasi Tantangan Global Melalui Wawasan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.176

Hasan, S. H. (2021). Implementasi Kurikulum dan Guru. Inovasi Kurikulum. https://doi.org/10.17509/jik.v1i1.35593

Kalikulla, S. (2017). Pengaruh Kesejahteraan Guru, Motivasi Kerja dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMK di Kabupaten Sumba Barat. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n2.p79-90

Karopak, J., Yunus, M., & Hamid, S. (2022). Pengaruh Linieritas Pendidikan dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SD di Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Bosowa Journal of Education. https://doi.org/10.35965/bje.v3i1.1889

Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516

Mansir, F. (2020). KESEJAHTERAAN DAN KUALITAS GURU SEBAGAI UJUNG TOMBAK PENDIDIKAN NASIONAL ERA DIGITAL. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.829

Muliadi, E., & Nasri, U. (2023). Future-Oriented Education: The Contribution of Educational Philosophy in Facing Global Challenges. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1807

Nadhirah, U. (2023). Analisis Beban Kerja Mental dengan National Aeronautics and Space Administration - Task Load Index. Consilium Sanitatis: Journal of Health Science and Policy. https://doi.org/10.56855/jhsp.v1i2.265

Nugroho, A. S., Suryanti, S., & Wiryanto, W. (2022). Peningkatan Kualitas Guru, Sebanding dengan Peningkatan Pendidikan? Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3354

Radiansyah, R., Putra, A. B., Azizah, N., & Simanjuntak, S. K. (2023). Manfaat Pendidikan Islam . Jurnal Dirosah Islamiyah. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i2.3237

Safri, S., Hapzi Ali, & Kemas Imron Rosadi. (2022). LITERATUR REVIEW KEBERHASILAN PENDIDIKAN: BERFIKIR SISTEM, POTENSI EKSTERNAL DAN KURIKULUM. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i5.985

Subehan, S., Syamsir, S., & Rahman, H. (2022). Pengaruh Masa Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Profesionalisme Guru. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v2i2.943

Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). PENDIDIKAN FORMAL, PENDIDIKAN NON FORMAL DAN PENDIDIKAN INFORMAL. PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT). https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298

Syarief Hidayatulloh, F. (2023). Hubungan Beban Kerja, Perencanaan SDM, dan Kinerja Guru. Journal of Education and Teaching (JET). https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.231

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

Elvarisna, E., Sari, R., Zahara, S. ., Marsena, M. ., & Rahmi, S. (2025). ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 1174–1182. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1623

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.