ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1623Kata Kunci:
Kebijakan Pendidikan, Tenaga Kependidikan, Systematic Literature Review, Evaluasi Kebijakan, Pendidikan IndonesiaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mensintesis berbagai literatur terkait kebijakan pendidikan dan tenaga kependidikan di Indonesia melalui pendekatan systematic literature review. Fokus kajian mencakup tiga aspek utama: (1) implementasi kebijakan pendidikan nasional, (2) pengembangan kompetensi tenaga kependidikan, dan (3) efektivitas kebijakan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Metode penelitian menggunakan systematic literature review dengan menganalisis artikel ilmiah, dokumen kebijakan, dan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam rentang waktu 2018-2023. Pencarian literatur dilakukan melalui buku, database Google Scholar, SINTA, dan Portal Garuda dengan menggunakan kata kunci yang relevan. Dari total 100 artikel yang diidentifikasi, 50 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dianalisis secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan penting: Pertama, terdapat kesenjangan antara formulasi dan implementasi kebijakan pendidikan di lapangan. Kedua, pengembangan kompetensi tenaga kependidikan masih menghadapi berbagai tantangan struktural dan teknis. Ketiga, efektivitas kebijakan pendidikan sangat dipengaruhi oleh faktor kepemimpinan, budaya organisasi, dan dukungan pemangku kepentingan. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk perbaikan kebijakan pendidikan dan pengembangan tenaga kependidikan di Indonesia.
Unduhan
Referensi
Ardhi, S., & Hadlun. (2022). Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Guru Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v1i2.14
Aristi, N., & Hafiar, H. (2014). ANALISIS BEBAN KERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI FAKULTAS Y UNIVERSITAS X. Jurnal Kajian Komunikasi. https://doi.org/10.24198/jkk.vol2n1.5
Asrin. (2021). Tantangan Manajemen Pendidikan di Era Global-Digital ( Investasi Karakter dan Teknologi ). Prosiding Simposium Nasional APMAPI, ISMAPI, FIP UM 2021 Tantangan.
Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120
Fauzi, H., & Syafar, D. (2017). Studi Tentang Kebijakan Guru Honorer Sekolah. TADBIR Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.
Firmansyah, F., Amin, M., Wadud, A. A., & Alwi, A. H. I. (2024). Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningatkan Mutu Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3798
Gontor, D. (2020). KEWAJIBAN MENUNTUT ILMU: DALIL DARI AL QUR’AN DAN HADIST. 19 0ctober.
Gustina, M. (2023). Membuka Cakrawala Pendidikan dan Mengatasi Tantangan Global Melalui Wawasan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.176
Hasan, S. H. (2021). Implementasi Kurikulum dan Guru. Inovasi Kurikulum. https://doi.org/10.17509/jik.v1i1.35593
Kalikulla, S. (2017). Pengaruh Kesejahteraan Guru, Motivasi Kerja dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMK di Kabupaten Sumba Barat. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n2.p79-90
Karopak, J., Yunus, M., & Hamid, S. (2022). Pengaruh Linieritas Pendidikan dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SD di Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Bosowa Journal of Education. https://doi.org/10.35965/bje.v3i1.1889
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516
Mansir, F. (2020). KESEJAHTERAAN DAN KUALITAS GURU SEBAGAI UJUNG TOMBAK PENDIDIKAN NASIONAL ERA DIGITAL. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.829
Muliadi, E., & Nasri, U. (2023). Future-Oriented Education: The Contribution of Educational Philosophy in Facing Global Challenges. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1807
Nadhirah, U. (2023). Analisis Beban Kerja Mental dengan National Aeronautics and Space Administration - Task Load Index. Consilium Sanitatis: Journal of Health Science and Policy. https://doi.org/10.56855/jhsp.v1i2.265
Nugroho, A. S., Suryanti, S., & Wiryanto, W. (2022). Peningkatan Kualitas Guru, Sebanding dengan Peningkatan Pendidikan? Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3354
Radiansyah, R., Putra, A. B., Azizah, N., & Simanjuntak, S. K. (2023). Manfaat Pendidikan Islam . Jurnal Dirosah Islamiyah. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i2.3237
Safri, S., Hapzi Ali, & Kemas Imron Rosadi. (2022). LITERATUR REVIEW KEBERHASILAN PENDIDIKAN: BERFIKIR SISTEM, POTENSI EKSTERNAL DAN KURIKULUM. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i5.985
Subehan, S., Syamsir, S., & Rahman, H. (2022). Pengaruh Masa Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Profesionalisme Guru. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v2i2.943
Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). PENDIDIKAN FORMAL, PENDIDIKAN NON FORMAL DAN PENDIDIKAN INFORMAL. PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT). https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298
Syarief Hidayatulloh, F. (2023). Hubungan Beban Kerja, Perencanaan SDM, dan Kinerja Guru. Journal of Education and Teaching (JET). https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.231
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten