ANALISIS KARAKTERISTIK MAHASISWA PPG DALAM MEMIMPIN KELOMPOK PADA MATAKULIAH TEKNOLOGI BARU DALAM PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1628Kata Kunci:
Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru, Kepemimpinan Kelompok, Karakteristik Mahasiswa, Teknologi Baru dalam PengajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik kepemimpinan mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam konteks mata kuliah Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian berupa mahasiswa PPG prajabatan program studi Pendidikan Matematika. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan penyebaran angket untuk mengevaluasi tiga indikator utama yang mempengaruhi efektivitas kepemimpinan, yaitu: kompetensi sosial, keterampilan komunikasi, dan karakteristik psikologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi merupakan aspek yang paling dominan dengan skor tertinggi, sementara dua indikator lainnya menunjukkan performa yang masih berada pada tingkat menengah. Selain itu, penguasaan teknologi berperan penting dalam mendukung efektivitas kepemimpinan kelompok dalam proses kolaboratif. Berdasarkan temuan ini, disarankan adanya pengembangan program pelatihan kepemimpinan berbasis teknologi yang lebih menyeluruh, guna meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memimpin kelompok, khususnya dalam pengajaran berbasis teknologi di era digital.
Unduhan
Referensi
Al-Jarf, Reima. 2022. “Interaction Analysis in Online Learning Communities: The Student Leader.” Journal of Learning and Development Studies 2(2):22–38. doi: 10.32996/jlds.2022.2.2.4.
Amalia, Maura Dwi, Tuti Iriani, and R. Eka Murtinugraha. 2023. “Analisis Kemampuan Komunikasi (Communication Skill) Mahasiswa Dalam Praktik Mengajar Peer Teaching.” Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan 2(2):230–37. doi: 10.55606/jurripen.v2i2.1669.
Creswell, John W., and Cheryl N. Poth. 2018. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Approaches (4th Ed.). SAGE Publications.
Folastri, S., and I. B. Rangka. 2016. Prosedur Layanan Bimbingan Dan Konseling.
Getenet, Seyum, and Kim Beswick. 2020. “Teacher Education and Professional Development for Technology Integrated Teaching.” Pp. 1623–31 in Encyclopedia of Education and Information Technologies. Cham: Springer International Publishing.
Halvorsen, Kjell Atle. 2017. “Leadership for Learning in Technology-Rich Uppersecondary School Classrooms.” Nordic Journal of Digital Literacy 12(3):52–66. doi: 10.18261/issn.1891-943x-2017-03-02.
Indriyani, Theresia Vina. 2024. “Group Work for Enhancing Students’ Understanding in Simple Past Materials and Developing Social Skills.” SAGA: Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics 5(1):35–44. doi: 10.21460/saga.2024.51.159.
Kurniawan, Asep. 2014. “Leaders and Effective Leadership (Literature Review).” Pp. 791-1=802 in Proseding Seminar Bisnis & Teknologi.
Kuryani, Tutus, and M. Khalid Nurdin Patmawijaya. 2024. Mata Kuliah Teknologi Baru Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran. Direktorat Pendidikan Profesi Guru Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Merriam, Sharan B., and Elizabeth J. Tisdell. 2016. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. San Francisco: CA: Jossey Bass.
Mohd Salleh, Nurul Afifah Adila, Maslida Yusof, and Ammar Redza Ahmad Rizal. 2022. “The Role of Leaders in Small Group Communication: An Analysis of Directives Speech Acts Strategies.” Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication 38(2):164–81. doi: 10.17576/JKMJC-2022-3802-10.
Northouse, Peter G. 2021. Leadership: Theory and Practice. Sage publications.
Shportun, Oksana, Tetiana Branitska, Vasyl Kaplinsky, Olena Zharovska, Natalia Baiurko, and Eduard Petrovich Siryk. 2020. “Peculiarities of Leadership Manifestation in the Youth Social Group.” Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala 12(1Sup1):304–29. doi: 10.18662/rrem/12.1sup1/237.
Subasman, Iman, Dian Widiantari, and Rusi Rusmiati Aliyyah. 2024. “Peran Umpan Balik Pembimbing Dalam Keberhasilan Tesis Mahasiswa Pascasarja.” Journal of Education Research 5(1):17–25.
Surapto, Deni, Usep Suhud, and Christian Wiradendi Wolor. 2024. “The Effect of Inclusive Leadership on Student Participation and Retention in Distance Higher Education Programs.” Asian Journal of Engineering, Social and Health 3(8):1849–58. doi: 10.46799/ajesh.v3i8.413.
Susyanto, Hendro. 2019. “Pengaruh Kepemimpinan, Keterlibatan Karyawan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kesiapan Untuk Berubah Dalam Menghadapi Perubahan Organisasi.” Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi 21(1):1156–67. doi: 10.32424/jeba.v21i1.1287.
Syafi’i, Muhammad Zakki, and Anis Masruri. 2023. “Empati Dan Pendengaran Aktif Dalam Layanan Informasi Di Perpustakaan.” Educaniora: Journal of Education and Humanities 1(3):161–71. doi: 10.59687/educaniora.v1i3.80.
Wahyuni, Erlisda, Hambali, and Mirza Hardian. 2023. “Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Karakter Peduli Sosial Siswa Di SMAN 1Pangean.” Jurnal on Teacher Education 4(3):443–45.
Zhou, Jiaxi, Xinyin Chen, Dan Li, Junsheng Liu, and Liying Cui. 2024. “Leaders of Peer Groups in Chinese Early Adolescents: The Roles of Social, Academic, and Psychological Characteristics in Group Leadership.” Journal of Youth and Adolescence 53(9):2151–64. doi: 10.1007/s10964-024-02003-9.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten