PENINGKATAN ASPEK MOTORIK KASAR MELALUI KONTEN VIRAL (FYP) APLIKASI TIK TOK UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI 42 GAYAMSARI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.1688Kata Kunci:
Anak Usia Dini, Motorik Kasar, Tik TokAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui konten viral (FYP) aplikasi Tik Tok untuk anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 42 Gayamsari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan prosedur 2 siklus dengan 2 kali pertemuan dalam 1 siklusnya. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti diantaranya, observasi dan dokumentasi dengan subjek kelompok B berjumlah 23 anak. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa penggunaan konten viral (FYP) aplikasi Tik Tok dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun dengan kondisi awal mencapai angka 43% dengan keterangan Mulai Berkembang (MB) pada pra siklus, mencapai angka 62% pada siklus I dengan keterangan Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan meningkat mencapai 84% di siklus II dengan keterangan Berkembang Sangat Baik (BSB). Jadi melalui penelitian ini, pemanfaatan konten viral (FYP) aplikasi Tik Tok dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 42 Gayamsari karena dapat menarik perhatian anak dan antusias dalam melakukan gerak.
Unduhan
Referensi
Batinah, Meiranny, A., & Arisanti, A. Z. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 9(1), 31–39.
Fitriana, A. A., Azizah, E. N., & Tanto, O. D. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Journal of Childhood Education), 5(1), 147–158. https://doi.org/10.xxxxx
Iqbal M. (2023, April 28). Tiktok Revenue and Usage Statistics (2023). https://www.businessofapps.com/data/tik-tok-statistics/
Laely K. (2020). Ilmu Pendidikan Anak (Arif Wiyat Purnanto, Ed.; 1st ed.). Unimma Press.
Mujtahidah, Handayani, S. S. D., & Budiartati, E. (2022). Pengaruh Gerak Dan Lagu Melalui Media Aplikasi Tik Tok Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Smart Paud, 82–90. https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.21
Munasti, K., Purnama, S., Winarti, W., Mutmainnah, M., Nessa, R., Fitriani, D., Abd Aziz, U. Bin, Saptiani, S., Rosmiati, R., & Rahmi, R. (2022). Aplikasi TikTok sebagai Alternatif Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7153–7162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2981
Purnama, S., Rohmadheny, P. S., & Pratiwi, H. (2020). Penelitian Tindakan Kelas untuk Pendidikan Anak Usia Dini. PT Remaja Rosdakarya Offset. www.rosda.co.id
Rifani, H., Rachmayani, I., & Astini, B. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri 2 Peteluan Indah Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2119–2124. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.918
Salaudin, O., & Harbelubun, B. (2021). Teknologi, Meningkatkan atau Memenjarakan Kreativitas Anak. Alineaku Publisher.
Sukamti, E. R. (2018). Perkembangan Motorik. UNY Press.
Sukiman, S. (2016). Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak di Era Digital (cetakan pertama). kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wahyuni, A., & Safitri, B. N. (2021). Permainan Musik Feeling Band Sebagai Strategi Peningkatan Sikap Sabar Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi :Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1439–1448. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1778
Xu, L., Yan, X., & Zhang, Z. (2019). Research on the Causes of the “Tik Tok” App Becoming Popular and the Existing Problems. Journal of Advanced Management Science, 7, 59–63. https://doi.org/10.18178/joams.7.2.59-63
Ulfa, St, Maria., Junaedah. (2019). Buku Saku Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Sulawesi Selatan. Aksara Timur
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten