PERSEPSI TENTANG SEKSUALITAS SESUAI JENIS KELAMIN PADA SISWA SMK LPI SEMARANG
Persepsi Tentang Seksualitas Sesuai Jenis Kelamin
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.215Kata Kunci:
Persepsi Seksualitas, Pendidikan Seksualitas, Jenis KelaminAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi maraknya kasus seks bebas pada remaja terutama siswa SMA maupun SMK. Remaja laki-laki dan perempuan dalam menanggapi seksualitas respon mereka berbeda-beda. Perbedaan siswa dalam menanggapi seksualitas inilah yang mendorong mereka untuk diberikan pendidikan seksualitas di sekolah. Masalah pokok yang dikaji adalah apakah ada perbedaan persepsi seksualitas sesuai jenis kelamin pada siswa SMK LPI Semarang?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan persepsi seksualitas sesuai jenis kelamin pada siswa SMK LPI Semarang yang nantinya akan menjadi bahan evaluasi untuk guru BK agar bisa memberikan pendidikan seksualitas pada siswa SMK LPI Semarang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK LPI Semarang yang terdiri dari kelas X, XI, dan XII yang berjumlah 142 siswa. Sampel yang digunakan terdiri dari 41 siswa kelompok laki-laki dan 51 siswa perempuan. Teknik yang digunakan yaitu Proportional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan skala psikologi persepsi seksualitas. Hasil menunjukkan adanya perbedaan hitungan persepsi pada kelompok laki-laki dengan kelompok perempuan.
Unduhan
Referensi
Buaton, A., Sinaga, A. S., & Sitorus, M. A. (2019). Pengetahuan Remaja dan Keterpaparan Informasi Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi. Scientific Periodical Journal Of Public Health and Coastal Health, 2(2), 97–107.
Halijah. (2017). Kualitas Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional Mata Pelajaran Matematika Tingkat SMA Berdasarkan Teori Tes Klasik dan Teori Respon Butir. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan.
Hartono, I. Y. (2017). Tingkat Pemahaman Seksualitas Siswa SMP (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas VIII di SMP Aloysius Turi dan Implikasinya Terhadap Usulan-Usulan Topik Pendidikan Seksualitas Pada Siswa SMP Tahun Ajaran 2017/2018). Universitas Sanata Dharma.
Mahlan, M. (2020). Hubungan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja Dengan Persepsi Siswa Tentang Seksualitas Remaja Pada Kelas XI SMA Negeri 1 Jejangkit Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala. Journal of Midwifery and Reproduction. https://doi.org/10.35747/jmr.v3i2.468
Marwoko C A, G. (2019). Psikologi perkembangan masa remaja. Jurnal Tabbiyah Syari’ah Islam.
Nurfadhillah, & Ariasih. (2019). Abstinensi dan Pendidikan Seks Remaja Survei Cepat di Jakarta dan Sekitarnya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 1(20), 17–27.
Rinta, L. (2015). Pendidikan Seksual Dalam Membentuk Perilaku Seksual Positif Pada Remaja Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Psikologi Remaja. Jurnal Ketahanan Nasional, 21(3), 163. https://doi.org/10.22146/jkn.15587
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur Peelitian Suatu Penekatan Praktik. Rineka Cipta.
Tumilisar, B. J. H., Fitri, S., & Wirasti, R. A. M. K. (2019). Pengembangan Program Pendidikan Seksual Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Memanfaatkan Media Sosial. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 43. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.891
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten