UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TEMA 9 SUBTEMA 1 PADA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.247Kata Kunci:
Model, Talking Stick, Hasil BelajarAbstrak
Permasalahan pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah pada pembelajaran tema 9 benda-benda disekitar kita subtema 1 benda tunggal dan campuran dibuktikan dengan hasil ulangan harian siswa yang tuntas KKM berjumlah 11 siswa dan yang tidak tuntas KKM berjumlah 15 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki hasil belajar siswa yang rendah dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa, 9 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini peneliti melakukan 2 siklus, pada setiap siklusnya ada 3 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi guru, lembar siswa, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi.Hasil penelitian, Akivitas guru siklus 1 pada pertemuan I kategori baik, pertemuan II baik, dan pertemuan III baik. Akivitas guru siklus 2 pada pertemuan I kategori baik, pertemuan II sangat baik, dan pertemuan III sangat baik. Akivitas siswa siklus 1 pada pertemuan I kategori cukup baik, pertemuan II baik, dan pertemuan III baik. Pada akivitas siswa siklus 2 pada pertemuan I kategori baik, pertemuan II baik dan pertemuan III baik. Hasil belajar siswa siklus I meningkat menjadi 58% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan, model pembelajaran Talking stick pada pembelajaran tema 9 benda-benda disekitar kita subtema 1 benda tunggal dan benda campuran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Unduhan
Referensi
Aries, Erna Febru, and Ari Dwi Haryono. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Aditya Media.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedure Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati, and Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Kurniasih, Imas, and Berlina Sani. 2015. Ragam Pemgembangan Model Pembelajaran: Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Persada, Yuris Indria, Ery Tri Djatmika, and I Nyoman Sudana Degeng. 2020. “Pelaksanaan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Tematik.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.
Ricky, Zuhar. 2020. “Peningkatan Hasil Pembelajaran Bola Basket Melalui Pendekatan Bermain Siswa Sman 1 Pulau Punjung Dharmasraya.” Journal Of Dehasen Educational Review 1(2): 86–92.
Saputra, Riyadi. 2020. “Improving Students’ Reading Comprehension by Using Multipass Strategy on Narraritive Text at the Tenth Grade of SMK Start UP Dara Jingga.” DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) 1(2): 220–31.
Shabir, M U. 2015. “Kedudukan Guru Sebagai Pendidik (Tugas Dan Tanggung Jawab, Dan Kompetensi Guru).” Jurnal Auladuna 2(2).
Sukron, Muhammad, and Zuhar Ricky. 2020. “Peningkatan Karakter Peserta Didik (Religius, Jujur, Dan (Disiplin) Melalui Pencak Silat.” DE_JOURNAL 1(1): 1–9. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/31.
Sumaryanti, Lilis. 2017. “Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Model Talking Stik With Music Di Sd Negeri Janti Slahung Ponorogo.” AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education.
Widyaningrum, Retno. 2012. “Model Pembelajaran Tematik Di MI/SD.” Cendekia 10(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten