Faktor yang Menghambat Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Semarang

Penulis

  • Nurul Alimah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.260

Kata Kunci:

Pembelajaran Daring

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 yang memunculkan berbagai permasalahan khususnya perekonomian di Indonesia menjadi merosot dan berakibat pula pada sistem pendidikan maka untuk memutuskan penyebaran covid-19 diberlakukannya pembelajaran jarak jauh sehingga mahasiswa diharuskan melaksanakan pembelajaran secara daring. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran bagaimana faktor penghambat pembelajaran daring pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Semarang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah faktor penghambat pembelajaran daring pada mahasiswa selama melaksanakan pembelajaran daring apakah mampu memunculkan perilaku yang positif atau bahkan memunculkan perilaku yang negatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa bimbingan dan konseling sebanyak 3 mahasiswa dan 3 dosen. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa faktor penghambat pembelajaran daring mahasiswa dengan mahasiswa lainnya berbeda-beda, secara keseluruhan dalam faktor penghambat pembelajaran daring yang paling tinggi presentasenya adalah kemampuan diri, fasilitas, dan lingkungan. Subjek yang mampu mengelola faktor penghambat pembelajaran daring dengan baik akan mampu menunjukan perubahan-perubahan perilaku yang positif dalam proses belajar sedangkan subjek yang belum mampu mengelola pengahambat pembelajaran daring menunjukan perubahan perilaku dalam proses belajar yang negatif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dewi, L. (2017). Rancangan program pembelajaran daring di perguruan tinggi: studi kasus pada mata kuliah kurikulum pem-belajaran di universitas pendidikan indonesia. Edutech, 16(2), 205–221.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.

Hariyanti, D., Mun’im, A. H., & Hidayat, N. (2020). Identifikasi Hambatan Mahasiswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 11–21.

Kosasi, S. (2015). Perancangan E-Learning untuk meningkatkan motivasi belajar guru dan siswa. Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 1–7.

Misran, M., & Yunus, U. I. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 125–136.

Rumengan, I. M., Lumenta, A. S. M., & Paturusi, S. D. E. (2019). Pembelajaran Daring Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Sipil Negara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Papua Barat. Jurnal Teknik Informatika, 14(3), 303–312.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214–224.

Saifuddin, M. F. (2018). E-learning dalam persepsi mahasiswa. Jurnal Varidika, 29(2), 102–109.

Sudarsana, I. K., Lestari, N. G. A. M. Y., Wijaya, I. K. W. B., Krisdayanthi, A., Andayani, K. Y., Trisnadewi, K., Muliani, N. M., Dewi, N. P. S., Suparya, I. K., & Gunawan, I. G. D. (2020). Covid-19: Perspektif Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian; Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta. K E N C A N A.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-03

Cara Mengutip

Alimah, N. (2021). Faktor yang Menghambat Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Semarang. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 194–200. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.260

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.