SEJARAH STATISTIKA: MANFAAT PEMBELAJARAN SEJARAH STATISTIKA DI ERA MODERN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.545Kata Kunci:
Sejarah Statistika, Pembelajaran, ManfaatAbstrak
Sejarah matematika adalah serangkaian peristiwa yang berkaitan dengan perkembangan matematika di masa lampau. Statistika sebagai salah satu pokok bahasan dalam pembelajaran matematika juga dapat disajikan melalui sejarah statistika. Berbagai penelitian menyatakan jika sejarah statistika dapat berperan positif dalam pembelajaran. Dalam hal ini, diperlukan adanya pembahasan akan manfaat pembelajaran sejarah statistika di era modern saat ini. Adapun tujuan penulisan artikel ini, yaitu untuk mengetahui pentingnya penerapan sejarah statistika dalam pembelajaran dan untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran sejarah statistika di era modern. Desain yang digunakan adalah mix methods study dan kualitatif study. Metode yang digunakan untuk menulis artikel ini adalah studi kepustakaan. Hasil studi pustaka menyatakan bahwa penerapan sejarah statistika dalam pembelajaran matematika dapat memotivasi siswa mengikuti pembelajaran matematika. Hal itu dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Sejarah statistika juga dapat menjadi media dalam proses belajar yang memberikan pengalaman baru serta membuat pembelajaran matematika lebih bermakna karena dihubungkan dengan penemuan-penemuan dan kehidupan sehari – hari. Oleh karena itu, penerapan sejarah statistika dalam pembelajaran matematika sangatlah diperlukan di era modern saat ini untuk menunjang kemampuan matematika siswa dan guru sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna.
Unduhan
Referensi
Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Gen Z Terhadap Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 116–126.
Fachrudin, A. D. (2020). Inovasi Pembelajaran Matematika dari Sejarah Matematika : Belajar Pythagoras dari Problem Solving Ancient China Persamaan kuadrat Babilonia kuno (Issue February).
Fauvel, J., & Vann Maanen, J. (Eds). (2000). History in Mathematics Education. Dordrecht, the Netherlands: Kluwer Academic Publishers.
Hidayat, K. N., & Fiantika, F. R. (2017). Analisis Proses Berfikir Spasial Siswa Pada Materi Geometri Ditinjau dari Gaya Belajar. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 1(1), 385–394.
Keung, S. M. (2000). The ABCD of Using History of Mathematics in the (Undergraduate) Clasroom. In Katz, V. (Ed), Using history to teach mathematics: an international perspective (pp. 69-75). USA: The Mathematical Association of America.
Panasuk, R. M., & Horton, L. B. (2012). Integrating History of Mathematics into Curriculum: What are the Chances and Constraints? IEJME: International Electronic Journal of Mathematics Education, 7(1), 3–20.
Pangestu, S. A., & Wahyuni, P. (2020). Al Khawarizmi : Sejarah dan Pengaruh dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2721).
Puspa, D., & Dwi, A. (2018). Integrasi Sejarah Matematika untuk Meningkatkan Atensi Siswa. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 59–65.
Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. Jurnal VARIABEL, 2(1), 16–23.
Saraswati, R. R., Nurizzah, N., & Pitnawati, P. (2020). Integrasi Sejarah Matematika dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Phytagoras. Risenologi (Jurnal Sains, Teknologi, Sosial, Pendidikan, Dan Bahasa), 5(1), 9–13.
Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.
Setiawan, A. (2016). Hubungan Kausal Penalaran Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 91–100.
Spiegel, Murray .R. 1961. Theory and Problem of Statistics. Mc Graw-Hill. New York
Sudjana. 2005. METODA STATISTIKA. Bandung: PT.TARSITO BANDUNG.
Sunaryo, S., Setiawan, Djuraidah, A., & Saefuddin, A. (2005). Sejarah Perkembangan Statistika dan Aplikasinya. 3.
Tzanakis, C & Archavi, A. (2000). Integrating history of mathematics in the classroom: an analytic survey. In Fauvel, J. & Maanen, J. V. (Eds), History in mathematics education: the ICMI study (pp. 201-240). New York: Kluwer Academic Publishers.Apresiasi pada matematika sebagai budaya manusia,
Ulfa, M. (2019). Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada Pemahaman Konsep Matematika. MATHEMA JOURNAL, 1(1), 48–55.
Wahyu, K. (2016). Changing Mathematics Classroom Setting : Looking into Students ’ Responses OME-04 Changing Mathematics Classroom Setting : Looking into Students ’ Responses and Perfor mance in Learning. Paper Presented At International Conference on Mathematics, Sciences and Education, University of Mataram, Indonesia.
Wahyu, K., & Mahfudy, S. (2016). Sejarah matematika : Alternatif strategi pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 89–110.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten