UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA TEKS BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII 1 SMP NEGERI 3 KOTO BARU

Penulis

  • Erita Erita SMPN 3 Koto Baru

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.655

Kata Kunci:

Aktivitas Belajar, Kemampuan Pemahaman Membaca, Teks Bahasa Inggris, Discovery Learning

Abstrak

Mengingat ilmu pengetahuan berkembang saat ini sangat pesat, maka perlu upaya meningkatkan kemampuan memahami membaca peserta didik terutama pada bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemahaman membaca teks Bahasa Inggris pada peserta didik yang tingkat aktivitas belajar dan tingkat pemahaman teks membacanya masih rendah di SMPN 3 Koto Baru melalui model discovery learning dengan menggunakan tahapan dan siklus penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang mencakup kegiatan perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), refleksi (reflection) atau evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan setiap siklus tiga kali pertemuan. Sebagai alat pengumpul data adalah hasil observasi aktivitas belajar peserta didik serta penilaian harian pada teks pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Penelitian menunjukkan efek positif, yaitu meningkatnya aktivitas belajar peserta didik. Nilai rata-rata persentase aktivitas belajar peserta didik pada kondisi awal 29% dan 48.75 % pada siklus I menjadi 76.67 % pada siklus II, dan total nilai hasil belajar peserta didik pada kondisi awal 46,5 dan 51,73 pada siklus I menjadi 74.3 pada siklus II. Jadi model ini dapat dijadikan sebagai pembelajaran alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan berimbas kepada pemahaman membaca teks.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abduh. (2021). Penerapan Metode Discovery dalam Meningkatkan Hasil belajar IPA siswa kelas VIII UPT SMPN 9 Lembang Kabupaten Pinrang. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Cahyo, A. N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Diva Press.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. 32(1), 69–77.

Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006. Departemen Pendidikan Nasional.

Fathihah, A. (2016). Pengaruh Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus Patimura Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Unpublished Thesis.

Haryatmo. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Teks Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di SMP. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 6(2), 4–8.

Ilahi, M. T. (2012). Pembelajaran Discovery Startegi dan Mental Vocational Skill. Diva Press.

Natawijaya, R. (2005). Belajar Aktif. Depdiknas.

Rahayu, S. H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menagkap Makna Teks Eksposisi Analitis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Budaya Literasi pada Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 11 Jakarta Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. 02(April), 25–35.

Rosalia. (2005). Indikator Aktivitas. Depdiknas.

Saputra, R. (2020). Improving Students’ Reading Comprehension by Using Multipass Strategy on Narraritive Text at the Tenth Grade of SMK Start UP Dara Jingga. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 220–231.

Suja’i. (2018). Inovasi Pembelajaran. Walisongo Press.

Susilo, H., & Laksono, K. (2005). Penelitian Tindakan Kelas – Prosedur Analisis dan Interpretasi Data Penelitian. https://ptkguru.wordpress.com/%0A2008/05/11/penelitian-tindakan-kelas—prosedur-analisis-dan%02interpretasi-data-penelitian/

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Sebuah Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2).

Widiadyana. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan SIkap Ilmiah Siswa SMP. E-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(2).

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Erita, E. (2022). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA TEKS BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII 1 SMP NEGERI 3 KOTO BARU. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 145–159. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.655

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.