CHATBOT SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK BAB KIMIA UNSUR: TINJAUAN LITERATUR DAN REKOMENDASI PENGEMBANGAN DENGAN ADDIE
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.900Kata Kunci:
Kimia Unsur; Chatbot ; ADDIE; Konstruktivisme ; Belajar MandiriAbstrak
Kimia unsur adalah salah satu bab yang memiliki hubungan erat dalam kehidupan dan diujikan di UN. Bab ini memiliki capaian kompetensi inti yang harus dicapai berdasarkan Permendikbud RI Nomor 37 tahun 2018. Capaian kompetensi tersebut ialah menganalisis (C4) untuk domain kognitif Bloom dan menyajikan data (K.5) domain psikomotorik Dyer. Berbagai data menunjukkan peserta didik sulit mencapai kompetensi ini. Hal tersebut dikarenakan cakupan materi yang luas, kompleks dan tingkat kompetensi yang tinggi. Penelitian ini merekomendasi media pembelajaran chatbot yang dirancang dengan desain pengembangan ADDIE. Metode penelitian yang digunakan pada jurnal ini ialah studi literatur. Penelitian ini menjabarkan bagaimana mencapai kompetensi dengan mengkonstruksi pengetahuan dengan tahapan asimilasi dan akomodasi yang didapat di sekolah dengan belajar mandiri menggunakan chatbot. Belajar mandiri dengan media chatbot yang dikembangkan dengan ADDIE dapat menjadi solusi untuk mencapai tahapan kompetensi bab kimia unsur. Belajar mandiri dengan chatbot dapat dilakukan kapan dan dimana saja sesuai dengan kebutuhan. Pengetahuan yang dikonstruksi dan ditata ulang dengan pengalaman belajar mandiri melengkapi kebutuhan yang sesuai kebutuhan tiap individu dan menambahkan makna belajar. Rekomendasi pada penelitian ini ialah diperlukan penelitian media chatbot lebih lanjut dalam meningkatkan hasil belajar pada bab kimia unsur secara khusus dan keterampilan belajar mandiri pada proses pembelajaran secara umum
Unduhan
Referensi
Adamopoulou, E., & Moussiades, L. (2020). Chatbots: History, technology, and applications. Machine Learning with Applications, 2(July), 100006. https://doi.org/10.1016/j.mlwa.2020.100006
Arsyad, M. (2021). Teori Belajar dan Peran Guru pada Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Lambung Mangkurat University Press.
Bansal, H., & Khan, R. (2018). A Review Paper on Human Computer Interaction. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, 8(4), 53. https://doi.org/10.23956/ijarcsse.v8i4.630
BPSDMPK. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Kemendikbud.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. Springer.
Cambridge. (2023). Chatbot | definition of chatbot in english by Cambridge Dictionary. Cambridge University Press & Assessment. https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/chatbot
Chang, R., & Goldsby, K. (2016). Chemistry. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Dedy, Ridho Arief Budiman, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biodiversitas Berbasis Android. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 1(2).
Dhamantara, Y. (2022). Pengembangan Aplikasi Chatbot Whatsapp Materi Pesawat Sederhana Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd, Volume 10, 111–120.
Elvira, S., & Fitriza, Z. (2023). Analysis of the Structure and Content of the Independent Curriculum on Basic Law of Chemistry. Journal of Educational Sciences, 7(2), 358–368. https://jes.ejournal.unri.ac.id/index.php/JES%0AP-ISSN
Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2017). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif. E-Journal.Unipma, 7(1), 1–8. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE
Hakim, M. A., & Nurhayati, S. (2019). Pembangunan Aplikasi Chatbot Midwify sebagai Media Pendukung Pembelajaran Ilmu Kebidanan Berbasis Android di Stikes Bhakti Kencana Bandung. Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 8(1), 45–52. https://doi.org/10.34010/komputika.v8i1.1630
Imanduddin Saitya. (2022). PEMANFAATAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI. INFONTIKA : Jurnal Pendidikan Informatika, 01(April), 1–5. https://doi.org/https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Info
Justiana S, & M. (2009). Kimia 3. Yudistira.
Kasmayanti, N. U., Setyaningrum, V., & Atmaja, D. S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Chatbot Berbasis Artifical Intelligence pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 294–307.
Kemdikbud. (2019). Persentase Siswa Yang Menjawab Benar Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Pusat Penilaian Pendidikan : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://hasilun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/#2019!sma!daya_serap!
Khanna, A., Pandey, B., Vashishta, K., Kalia, K., Pradeepkumar, B., & Das, T. (2015). A Study of Today’s A.I. through Chatbots and Rediscovery of Machine Intelligence. International Journal of U- and e-Service, Science and Technology, 8(7), 277–284. https://doi.org/10.14257/ijunesst.2015.8.7.28
Kuhail, M. A., Alturki, N., Alramlawi, S., & Alhejori, K. (2023). Interacting with educational chatbots: A systematic review. In Education and Information Technologies (Vol. 28, Issue 1). Springer US. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11177-3
Lailatur Rokhmah, Fakhili Gulӧ, R. E. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Untuk Pembelajaran Konsep Mol Di Kelas X SMA. STEM Untuk Pembelajaran SAINS Abad 21, 338–347.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Novia, T. R., & Kusumo, E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Berbantuan Concept Map Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(Jun), 1993–1102. www.bpkpenabur.or.id
Partana, C. F. & A. W. (2009). Mari Belajar Kimia untuk SMA-MA Kelas XII IPA. Departemen Pendidikan Nasional.
Partnership for 21 st Century Skills. (2015). Partnership for 21St Century Skills-Core Content Integration. Ohio Department of Education, 1–70. www.P21.org.
Pebriantara, E. W. and P. (2018). Rancangan Bangun Aplikasi Pembelajaran dengan Memanfaatkan Chatbot API Dialogflow dan Moodle Berbasis Android Pada SMA IT ALIA Tangerang. @is Best [Accounting Inf. Syst. Inf. Technol. Bus. Enterp., 3(2), 328–335.
Permendikbud. (2016). Salinan Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016.
Permendikbud. (2018). Permendikbud RI Nomor 37 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. In Kemendikbud.
Praditama, A. G., Suhardi, S., & Hartono, H. (2022). Kelebihan dan Hambatan Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Pertama pada Masa Pandemi COVID-19. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 137–151. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3923
Rachman, T. (2018). Telaah SKL Ki KD Merancang Program Tahunan Dan Program Semester. In Cendikia Kemenag.
Ryan, L., & Norris, R. (2014). Cambridge International AS and A Level Chemistry Coursebook with CD-ROM. https://books.google.com/books?id=bX3sAwAAQBAJ&pgis=1
Sankar, E., & Benjamin, A. E. W. (2022). Role Of Self - Learning Modules In Chemistry At The Secondary Level. IJRT, 10(6), 238–243.
Seery, M. K., & O’Connor, C. (2015). E-Learning and Blended Learning in Chemistry Education. In J. García-Martínez & E. Serrano-Torregrosa). (Eds.), E-Learning and Blended Learning in Chemistry Education (1st ed.).
Selvina, O., Vidya Setyaningrum, D. S. A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Chatbot Berbasis Artificial Intelligence Pada Materi Sistem Pernapasan Makhluk Hidup Di Sekolah Dasar. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidayah, 8(2), 88–99. https://doi.org/10.31602/
Setyani. (2020). Pengembangan Game Edukasi Crossword Puzzle (Crozzle) Chemistry Berbasis Android Materi Kimia Unsur Kelas Xii SMA/MA. In Progress in Retinal and Eye Research.
Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274
Suparlan. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika : Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 79–88. https://journal.uny.ac.id/index.php/humanika/article/vie%0Aw/29274
Suwarno, W. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Ar-Ruzz Media.
T.L., & M.Q. (2022). The Benefits and Drawbacks of Implementing Chatbots in Higher Education Title: The benefits and drawbacks of implementing chatbots in higher education: A case study for international students at Jönköping University. Education and Information Technologies, 8(2), 973–1018. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11177-3
Utami, I. G. A. L. P. (2016). Teori Konstruktivisme dan Teori Sosiokultural: Aplikasi dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Prasi, 11(01), 4–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PRASI/
Vanichvasin, P. (2021). Chatbot Development as a Digital Learning Tool to Increase Students’ Research Knowledge. International Education Studies, 14(2), 44. https://doi.org/10.5539/ies.v14n2p44
Wijaya, M. H., Sarosa, M., & Tolle, H. (2018). Rancang Bangun Chatbot Pembelajaran Java pada Google Classroom dan Facebook Messenger. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 287. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853837
Zulkarnain, M. A., Raharjo, M. F., & Olivya, M. (2020). Perancangan Aplikasi Chatbot Sebagai Media E-Learning Bagi Siswa. Elektron : Jurnal Ilmiah, 12(2), 88–95. https://doi.org/10.30630/
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten