MENGEMBANGKAN LITERASI HUMANISTIK SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN IPA

Penulis

  • Putu Ayu Septiari Dewi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Provinsi Bali, Indonesia
  • I Komang Wisnu Budi Wijaya Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Provinsi Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.930

Kata Kunci:

Literasi humanistik, Siswa, Sekolah dasar, IPA

Abstrak

Abad ke-21 dicirikan sebagai abad informasi dimana informasi merupakan sebuah kebutuhan. Derasnya arus informasi membutuhkan kemampuan literasi yang baik untuk mengelola informasi yang beredar. Salah satu literasi yang dibutuhkan adalah literasi humanistik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis cara untuk mengembangkan literasi humanistik siswa sekolah dasar melalui pembelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian studi pustaka. Sumber data berupa buku, jurnal, makalah dan sumber lain yang berkaitan dengan literasi humanistik dan pembelajaran IPA. Data dianalisis dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyatakan bahwa literasi humanistik dapat dikembangkan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran IPA dengan cara mengembangkan pembelajaran kelompok, pembelajaran berpusat siswa dan pembuatan produk kreatif dan bernilai jual. Peran guru dalam pengembangan literasi humanistik adalah sebagai pengembang pembelajaran, fasilitator, motivator dan evaluator.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alsaleh, N. . (2020). Teaching Critical Thinking Skills: Literature Review. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 19(1), 21–39.

Anggrestas, V. (2019). LITERASI MANUSIA UNTUK MENYIAPKAN MAHASISWA YANG KOMPETITIF DI ERA INDUSTRI 4,0. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 217–222.

Aoun, J. . (2017). Robot-proof: Higher education in the age of artificial intelligence. London: Massachusets Institute of Technology.

Ardani, N, K., Dantes, I. ., & Marhaeni, A. A. I. . (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI HUMANISTIK DAN HASIL BELAJAR IPA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS SIKLUS AIR DAN DAMPAKNYA PADA PERISTIWA DI BUMI DAN KELANGSUNGAN MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS V SD. Pendasi : Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 112–121.

Haryanti, Y. D., & Febriyanto, B. (2017). MODEL PROBLEM BASED LEARNING MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63.

Marlina, L. (2013). TIPE-TIPE KEPEMIMPINAN DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN. TA’DIB, XVIII(2), 215–227.

Monika, K. A. L., Suastika, I. N., Sanjaya, D. B., & Sariyasa. (2023). PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRI HITA KARANA MENINGKATKAN SIKAP GOTONG ROYONG. Dharmas Education Journal, 4(1), 7–15. https://doi.org/https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.890

Munandar. (1992). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nikensari, S. I., Suparno, & Putri, Y. E. (2022). PEMETAAN LITERASI DATA, LITERASI TEKNOLOGI, DAN LITERASI MANUSIA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI KOPERASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Universitas Negeri Jakarta.

Sani, R. A. (2018). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart.

Siburian, J., Corebima, A. D., Ibrohim, & Saptasari, M. (2019). The Correlation Between Critical and Creative Thinking Skills on Cognitive Learning Results. Eurasian Journal of Educational Research, 81(99–114).

Supadmini, N. K., Wisnu Budi Wijaya, I. K., & Larashanti, I. A. D. (2020). Implementasi Model Pendidikan Lingkungan UNESCO Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 77–83. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.416

Sutarsih, Ismoyoputro, R. ., Maemunah, E., Utami, R. E., & Rosita, E. (2022). HUMANISTIC LITERACY LEARNING DESIGN IN WRITING COMMENTS IN SOCIAL MEDIA: A PRELIMINARY STUDY. Prosiding Internasional Seminar Bahasa Sastra Dan Daerah II, 123–134. Palangkaraya: Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wijaya, I. K. W. B. (2020). Pengembangan Kompetensi 4C dan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Catur Pramana. Guna Widya : Jurnal Pendidikan Hindu, 7(1), 70–76.

Wijaya, I. K. W. B., Darmayanti, N. W. S., & Muliani, N. M. (2020). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN HIDUP DAN KARIR SISWA DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU LULUSAN SEKOLAH DASAR. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(2), 171–181.

Wijaya, I. K. Wi. B. (2018). MENGEMBANGKAN KECERDASAN MAJEMUK SISWA SEKOLAH DASAR (SD) MELALUI PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MUTU LULUSAN SEKOLAH DASAR. Jurnal Penjaminan Mutu, 4, 147–154.

Yulfrida. (2022). PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKSSISWA KELAS VI SD. Dharmas Education Journal, 3(2), 248–257. https://doi.org/https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.776

Zubaidah, S. (2018). MENGENAL 4C: LEARNING AND INNOVATION SKILLS UNTUK MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Seminar “2nd Science Education National Conference.”

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-08

Cara Mengutip

Septiari Dewi, P. A., & Budi Wijaya, I. K. W. . (2024). MENGEMBANGKAN LITERASI HUMANISTIK SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN IPA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 119–126. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.930

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.