PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MEDIA FLIPBOOK DI SMAN 112 JAKARTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Penulis

  • TUTIK KHOIRUNISA Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia
  • Akhmad Sodiq Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia
  • Maswani Maswani Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.970

Kata Kunci:

Media Flipbook, Media Pembelajaran, Modul Pendidikan Agama Islam.

Abstrak

Penelitian ini secara umum bertujuan memperoleh modul pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis  media flipbook di SMAN 112 Jakarta. Sedangkan secara khusus untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran dengan modul berbasis flipbook serta menganalisis efektivitas modul berbasis flipbook. Studi ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Sumber data penelitian terdiri dari penelitian kualitatif berupa hasil wawancara mendalam dengan pendidik Pendidikan Agama Islam dan peserta didik SMAN 112 Jakarta. Sementara data kuantitatif  diperoleh dari hasil kuesioner (angket) dari pakar, pendidik, dan peserta didik yang dianalisis menggunakan skala likert dan uji-t. Temuan penelitian menunjukkan bahwa modul Pendidikan Agama Islam berbasis flipbook layak digunakan dan meningkatkan prestasi siswa di kelas X SMAN 112 Jakarta dan dapat digunakan dengan mudah.       Implikasi hasil penelitian ini secara teoritis berkontribusi bagi pengembang media pembelajaran dan bagi peserta didik karena modul disusun berdasarkan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Sedangkan implikasi praktis menunjukkan bahwa setelah mempelajari modul berbasis flipbook hasil belajar peserta didik meningkatkan signifikan, hasil belajar rata-rata di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah Ayyub. (2019). Pentingnya Penggunaan Teknologi untuk Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Kompasiana.Com.

Anud, A. (2019). Pengembangan Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai) Berbasis Literasi Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri 1 Gandusari Kabupaten Blitar. IAIN Tulungagung Repository.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Elendiana, M. (2020). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK). https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572

Firmansyah, A., & Jiwandono, N. R. (2022). Kecenderungan Guru dalam Menerapkan Pendekatan Student Centre Learning dan Teacher Centre Learning dalam Pembelajaran. Jurnal Guru Indonesia.

Hakim, L. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS AUGMENTED REALITY. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6

Hasanah, U., & Warjana. (2019). Pengembangan Pembelajaran Literasi Membaca untuk Meningkatkan Daya Baca Siswa. Mediia Pustakawan.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). MODEL ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION AND EVALUATION) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI). https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Himmah, E. F. (2019). Pengembangan e-modul menggunakan flip pdf professional pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan IPA Veteran (JIPV).

Huda, M. (2016). Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Multimedia Pembelajaran.

Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Audit Investigatif. Auditing: A Journal of Practice & Theory.

Manaf, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Modul. KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya Dan Terapan. https://doi.org/10.58218/kasta.v2i3.376

Muhammad, M., Nurjumiati, N., Yulianci, S., & Asriyadin, A. (2020). Pengembangan Nilai-Nilai Qur’ani Pada Anak Melalui Pembentukan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Di Desa Naru. Abdi Masyarakat. https://doi.org/10.58258/abdi.v2i1.1334

Pratama, Y. A. (2019). INTEGRASI PENDIDIKAN MADRASAH DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (Studi kebijakan Pendidikan Madrasah di Indonesia). Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3838

Pulungan, S. (2017). Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran PAI. Query.

Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI SUMBER BELAJAR MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DASAR. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36

Rulviana, V. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model Addie Dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 87–102.

Sartika, F., Desriwita, E., & Ritonga, M. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI di sekolah dan madrasah. Humanika. https://doi.org/10.21831/hum.v20i2.32598

Sugiarto, A. (2020). DAMPAK POSITIF PEMBELAJARAN ONLINE DALAM SISTEM PENDIDIKAN KEPERAWATAN PASCA PANDEMI COVID 19. Jurnal Perawat Indonesia. https://doi.org/10.32584/jpi.v4i3.555

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif.

Sulistyawati, A., Wardono, & Kartono. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran Matematika. Prisma.

Suryadi, A. (2007). Pemanfaatan Ict Dalam Pembelajaran. Jurnal PendidikanTerbuka Jarak Jauh.

Syaparuddin, S. (2020). Peranan Pendidikan Nonformal Dan Sarana Pendidikan Moral. Jurnal Edukasi Nonformal.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16.

Wulandari, S., Octaria, D., & Mulbasari, A. S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Flip Pdf Builder Berbasis Contextual Teaching and Learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4628

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-08

Cara Mengutip

KHOIRUNISA, T. ., Sodiq, A., & Maswani, M. (2024). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MEDIA FLIPBOOK DI SMAN 112 JAKARTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 261–271. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.970

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.