EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PELUANG DI KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.107Keywords:
Efektivitas, Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemahaman Konsep, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa pada materi peluang kelas X SMA Negeri 14 Medan 2024/2025. Efektivitas dalam konteks pendidikan mengacu pada sejauh mana suatu proses pembelajaran dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara optimal. Proses pembelajaran dimulai dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang menekankan keterlibatan aktif siswa dalam memecahkan masalah kontekstual. Melalui model ini, siswa diarahkan untuk memahami konsep secara mendalam dan mengaitkannya dengan situasi nyata, sehingga meningkatkan pemahaman konsep. Di sisi lain, keterlibatan dalam pembelajaran bermakna juga berdampak pada peningkatan motivasi belajar siswa, baik secara intrinsik maupun ekstrinsik. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas X, dan sampel penelitian yang terdiri dari 64 siswa kelas X. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes, angket dan lembar observasi. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t dan uji deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan memenuhi seluruh indikator efektivitas yang ditetapkan, (2) berdasarkan pencapaian indikator efektivitas, pembelajaran berbasis masalah terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, (3) pembelajaran berbasis masalah berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 81,9%.
Downloads
References
Aini, H., Sutrio, S., & Doyan, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Perolehan Konsep Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas Xi Mia Man 1 Mataram. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 188. Https://Doi.Org/10.31764/Orbita.V6i1.1629
Amanda, S., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Ahied, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Yang Berbasis Sets. Natural Science Education Research, 1(1), 57–64. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21107/Nser.V1i1.4199
Aprilia, L. A., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Kurikulum 2013. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 85. Https://Doi.Org/10.30738/Wa.V2i1.2530
Deswita, H. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 129–137.
Grahito Wicaksono, A. (2020). Penyelenggaraan Pembelajaran Ipa Berbasis Pendekatan Stem Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan Ipa, 10(1), 54–62. Https://Doi.Org/10.24929/Lensa.V10i1.98
Gultom, S. P. (2019). Inovasi Model Pembelajaran Based Learning Berbasis Komputer Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Kuliah Kalkulus. Jurnal Stindo Profesional, V, 44–52.
Hasan, Y., & Andayani, Y. (2025). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnosains Alat Transportasi Cidomo Dengan Model Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (Geoscienceed Journal), 6(2), 1033–1044. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29303/Goescienceed.V6i2.994
Kurniawati, R. P., & Hadi, F. R. (2021). Pelatihan Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Hots Untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 267–276. Https://Doi.Org/10.25008/Altifani.V1i4.182
Masruroh, M., Zaenuri, Z., Walid, W., & Waluya, S. B. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1751–1760. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V6i2.1056
Mutiah, R. A. (2019). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Umkm Berbasis Sak Emkm. International Journal Of Social Science And Business, 3(3), 223. Https://Doi.Org/10.23887/Ijssb.V3i3.21000
Muwahiddah, U., Asikin, M., & Mariani, S. (2019). Project Based Learning Berbasis Etnomatematika Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 6. Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Jptpp.V7i5.15238
Nurhasanah, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Flashcard Huruf Hijaiyah Terhadap Hasil Belajar Iqro Pada Santri The Gold Generation. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (Jiepp), 1(2), 60–68. Https://Doi.Org/10.54371/Jiepp.V1i2.106
Santoso, B. P., & Wulandari, F. E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dipadu Dengan Metode Pemecahan Masalah Pada Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Journal Of Banua Science Education, 1(1), 1–6. Https://Doi.Org/10.20527/Jbse.V1i1.3
Silaban, E. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Vektor Di Kelas X Mia-1 Sma Negeri 18 Medan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5, 307–311.
Sinabang, E., Simanjuntak, S. D., & Imelda. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berbasismasalah Untuk Meningkatkan Kemampuanliterasi Numerasi Matematis Siswasmp Negeri 30 Medan. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 55.
Sitepu, I. D., Nasution, M. F. A., & Ibrahim, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Senam Dasar Model Hybrid Learning Berbasis Kkni. Jurnal Prestasi, 3(5), 56. Https://Doi.Org/10.24114/Jp.V3i5.13450
Suhandri, S., & Sari, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal Of Mathematics Education, 5(2), 131. Https://Doi.Org/10.24014/Sjme.V5i2.8255
Ulfa, M., Oktaviana, E., & Hasanah, N. (2024). Penerapan Model Radec Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatan Keterampilan Literasi. Pusaka: Journal Of Educational Review, 1(2), 16–27. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.56773/Pjer.V1i2.15
Utami, D. P., & Dafit, F. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis High Order Thingking Skills (Hots) Pada Pembelajaran Tematik. Mimbar Ilmu, 26(3), 381. Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V26i3.41138
Wabdaron, D. Y., & Reba, Y. A. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Sekolah Dasar Manokwari Papua Barat. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 29. Https://Doi.Org/10.36232/Jurnalpendidikandasar.V2i1.412
Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445. Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V1i3.P445-452
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten