PENGEMBANGAN BAHAN AJAR APRESIASI PROSA BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENGGUNAKAN MOBILE LEARNING PADA MAHASISWA

Authors

  • Monalisa Frince S Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Martua Reynhat Sitanggang Gusar Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Nadia Hutagalung Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.1210

Keywords:

Pengembangan, Apresiasi Prosa, Mobile Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: penyusunan pengembangan bahan ajar apresiasi prosa berbasis kearifan lokal menggunakan mobile learning, dan kelayakan bahan ajar pada mahasiswa. Aplikasi yang digunakan adalah Flip PDF Professional. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, dosen pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, mahasiswa pendidikan bahasa Indonesia. Data tentang kualitas produk ini dikumpulkan melalui angket dan tes esai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) validasi materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 95,31% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 97,11% pada kriteria sangat baik, kelayakan bahasa dengan rata-rata 94,23% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 90,00% pada kriteria sangat baik, (3) uji coba perorangan dengan rata-rata 84,16% dengan kriteria sangat baik, (4) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 91,11% dengan kriteria sangat baik, dan (5) uji kelompok lapangan terbatas dengan rata-rata 94,02% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, bahan ajar apresiasi prosa berbasis kearifan lokal batak toba menggunakan mobile learning yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Monalisa Frince S, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Martua Reynhat Sitanggang Gusar, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Nadia Hutagalung, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Citraningrum, D. M., Masturoh, E., & Hima, R. (2022). Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal Jember. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 137–148.

Darmawan, D. (2020). Pengaruh Teknik Three-Step Interview Terhadap Kemampan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII MTS Miftahul Falah. Universitas Negeri Jakarta.

Handayani, T., Satinem, S., & Murti, S. (2020). Pengembangan LKS pada Materi Mendemonstrasikan Naskah Drama Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Unggulan Lubuklinggau. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(1), 110–123. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i1.921

Haslinda, A., Pd, S., & Pd, M. (2019). Kajian apresiasi prosa fiksi berbasis kearifan lokal makassar. Makassar: LPP Unismuh Makassar.

Himang, V. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Berbasis Pengalaman Siswa Kelas XI SMK. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 93–102. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i2.21

Jalinus, N., & Risfendra, R. (2020). Analisis kemampuan pedagogi guru smk yang sedang mengambil pendidikan profesi guru dengan metode deskriptif kuantitatif dan metode kualitatif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 37–44.

Kirom, S. (2018). Penguatan Karakter Diri Melalui Pembelajaran Drama Berbasis Kearifan Lokal Pada Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(1), 40–52. https://doi.org/10.21067/jip.v8i1.2243

Komariah, Y. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat Kuningan Terintegrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMP. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 100. https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.910

MUHAMMAD, M. (2018). Pengaruh Metode Three Step Interview Terhadap Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas V SD Inpres Pannampu Ii Kota Makassar. Universitas Bosowa.

Muttaqin, A., Yoesoef, A., & Abdullah, T. (2018). Pengaruh model pembelajaran kolaboratif dengan teknik three step interview terhadap prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas xi SMA negeri 1 sigli tahun ajaran 2017/2018. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 3(2).

Novriany, S., Nurhayati, N., & Purnomo, M. E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Apresiasi Novel Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri Sumsel Palembang. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(1), 58. https://doi.org/10.20961/basastra.v7i1.35523

Putra, N. S. (2019). Kebebasan Bereskpresi Di Media Sosial Ditinjau Dari Right Of Integrity Dalam Hak Moral Pencipta (Studi Komparasi Perancis, Amerika, Jerman). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Rahmayantis, M. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Menemukan Hal-Hal Menarik Tentang Tokoh Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Kediri. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 2(2), 32–49. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jbsp.v2i2.12747

Saidah, K., & Damariswara, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Jawa Timur Bagi Siswa Kelas 3 Sd. Premiere Educandum, 9(1), 73–81.

Sugianto, E. (2020). Kajian Pragmatik Terhadap Kesantunan Berbahasa Berbasis Kearifan Lokal Dalam Harian Umum Palembang Pos Sebagai Upaya Penyusunan Bahan Ajar Menganalisis Isi Struktur Teks Negosiasi Bahasa Indonesia Kelas X dI SMK. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1), 1–11.

Thaba, A., Mahmut, A. K., & Amrul, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Kajian Prosa Fiksi untuk Perguruan Tinggi Berbasis Mobile Learning. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 6(2), 89–94. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v6i2.2331

Turama, A. R., Ansori, A., & Mul, S. R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Prosa Fiksi. Logat: Jurnal Bahasa Indonesia Dan Pembelajaran, 8(1), 78–85. https://doi.org/10.36706/logat.v8i1.51

Usmadi, U., Hasanah, H., & Ergusni, E. (2020). The impact of the implementation three-step Interview cooperative learning model in mathematics learning toward the learners’ activities and outcomes. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning, 3(1), 8–12.

Zain, M. Y., Rafli, Z., & Setiadi, S. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Teori Dan Apresiasi Sastra Bagi Mahasiswa PGSD Berlandaskan Literasi Budaya. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(1), 67. https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8127

Published

2023-12-13

How to Cite

Frince S, M. ., Gusar, M. R. S. ., & Hutagalung, N. . (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR APRESIASI PROSA BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENGGUNAKAN MOBILE LEARNING PADA MAHASISWA . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 12–19. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.1210

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.